Panduan

Yuk Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Membeli Apartemen Full Furnished Yang Mungkin Anda Belum Tahu



Apakah Anda berniat untuk memiliki sebuah apartemen? Salah satu keputusan yang harus Anda ambil sebelum mengambilnya adalah, apakah Anda akan mengambil apartemen unfurnished atau apartemen full furnished? Untuk Anda yang belum tahu, apartemen unfurnished berarti apartemen tersebut tanpa dilengkapi furnitur dan perabot, sedangkan sebaliknya, apartemen full furnished berarti sebuah apartemen yang sudah dilengkapi dengan furnitur dan perabot.

Apa saja dampak yang diberikan dua jenis apartemen tersebut, selain harga jual apartemen yang berbeda, juga memberikan dampak lainnya, misalnya dalam proses desain interior dan bagaimana cara Anda menempati apartemen. Ini dikarenakan setiap apartemen memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sahabat Renovasik, biasanya, apartemen yang baru dibangun atau akan segera dibangun sangat jarang ada yang memberikan fasilitas full furnished bagi para pembelinya. Namun seiring berjalannya waktu, mulai ada beberapa pengembang (developer) yang memberikan fasilitas tersebut sebagai bagian dari strategi marketing penjualan apartemennya. Tentu saja, apartemen-apartemen berfasilitas full furnished pada umumnya memiliki tampilan mewah dan memiliki harga yang lebih tinggi.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan apartemen full furnished, mari kita simak ulasan Renovasik kali ini, semoga artikel ini dapat membantu Anda yang berniat memiliki sebuah apartemen.

Kelebihan Apartemen Full Furnished

1. Praktis dan Bisa Langsung Anda Tempati

Salah satu situasi yang sangat menguntungkan bagi pembeli apartemen full furnished adalah Anda bisa langsung menempati apartemen tersebut untuk segera Anda tinggali.

Setelah administrasi selesai dan aktifitas serah-terima kunci sudah dilakukan, Anda tidak perlu repot untuk menyewa jasa desainer interior profesional untuk mengisi apartemen Anda dengan furnitur dan perabot lainnya. Anda hanya tinggal membawa barang-barang pribadi, merapikannya dan langsung tinggal di apartemen tersebut. Sangat ideal bagi Anda yang membutuhkan tempat tinggal dalam waktu relatif singkat.

2. Lebih Hemat Biaya Pengeluaran

Saat Anda akan membeli apartemen full furnished, Anda pasti akan melihat bahwa harganya pasti lebih tinggi jika dibandingkan dengan apartemen unfurnished. Meskipun demikian, jika Anda bersedia untuk menelusuri lebih dalam, membeli apartemen yang sudah memiliki furnitur dan perabot didalamnya bisa membuat Anda lebih berhemat dalam biaya pengeluaran. Apa alasannya? Sederhana saja, sekarang coba Anda bayangkan saat Anda memilih apartemen unfurnished, maka Anda perlu mengisinya dengan furnitur dan perbaot lagi, setidaknya, apabila Anda memutuskan untuk tidak menyewa jasa desainer interior yang profesional, Anda pun perlu menyewa tenaga untuk memasang furnitur dan perabot yang telah Anda beli.

Nah, apabila Anda menggunakan jasa desainer interior profesional, biayanya pun bisa bertambah lebih banyak lagi. Seringkali, jika dibandingkan, justru lebih murah membeli apartemen full furnished  daripada membeli apartemen unfurnished.

Lalu Apa Kekurangan Apartemen Full Furnished:

1. Anda Tidak Bisa Lagi Membawa Furnitur Lama Anda

Ucapkan selamat tinggal pada furnitur dan perabot lama Anda, karena di apartemen baru Anda, hampir tidak ada ruang untuk menempatkannya lagi karena sudah terisi penuh dengan furnitur dan perabotan baru.

Lalu, bagaimana dengan furnitur dan perabot lama Anda? Anda bisa menjual semuanya, salah satu caranya melalui garage sale. Alternatif lainnya adalah dengan menyumbangkannya ke orang-orang yang lebih membutuhkan.

2. Peluang Berkreasi Menjadi Lebih Terbatas

Benar. Furnitur dan dekorasi yang sudah jadi dan terpasang pada apartemen baru membuat peluang Anda untuk berkreasi menjadi lebih terbatas.

Untuk Anda yang memiliki minat terhadap desain interior, membeli apartemen full furnished sangat tidak cocok bagi Anda, ruang gerak Anda menjadi terbatas, bahkan untuk menentukan sendiri apa motif wallpaper dinding, warna cat, pemilihan sofa atau bingkai tempat tidur sekalipun, Anda tidak dapat melakukannya.

Sahabat Renovasik, setelah mengenali semua kelebihan dan kekurangannya, kini saatnya Anda untuk memastikan apakah memiliki apartemen full furnished adalah hal yang paling tepat atau tidak. Apabila Anda terlalu sibuk, apartemen full furnished bisa menjadi pilihan terbaik. Namun bila Anda suka mengeksplorasi desain interior dan ingin terlibat langsung dalam mengisi apartemen, apartemen unfurnished lah yang lebih tepat untuk Anda.

Kontak Kami