Yuk, Buat Ruang Dapur Island Semakin Menawan Dengan 8 Tips Desain Ala Renovasik Ini!



Ruang dapur kerapkali dijadikan alternatif pilihan untuk menjadi tempat berkumpul dan bercengkerama dengan anggota keluarga lainnya disaat berada dirumah. Salah satu faktor utama yang mengantarkan hal tersebut adalah karena konsep rumah rumah hunian modern pada saat ini, umumnya menyatukan antara ruang makan dan ruang dapur.

Nah, dengan dijadikannya ruang dapur menjadi tempat “nongkrong” bagi seluruh anggota keluarga, sangatlah tepat bila saat ini, Anda mengaplikasikan desain ruang dapur island yang menjadikannya semakin menawan dan terlihat ber-aura modern.

Wait, apa itu ruang dapur Island?

Untuk Anda yang baru pertama kali mendengar atau membaca tentang dapur island, Renovasik akan menjelaskannya terlebih dahulu. Dapur Island adalah desain dapur dengan tambahan kabinet dan meja yang dipasang persis ditengah-tengah ruang dapur. Pernah melihatnya? Pastinya yaah, karena ruang dapur seperti ini sudah umum digunakan pada rumah bergaya modern.

Lalu, inspirasi seperti yang bagaimanakah yang dapat menarik perhatian pada ruang dapur island? Salah satu gagasan desain yang pernah Renovasik rekomendasikan adalah dengan mengkombinasikan antara warna putih dan hitam, yang efeknya, tidak hanya membuat ruang dapur Anda terlihat lebih modern, namun juga lebih cantik dan menawan.

Apakah Anda penasaran dan ingin tahu gagasan-gagasan desain lainnya untuk membuat ruang dapur island di rumah Anda terlihat semakin menawan? Yuk, simak deretan gagasan tips desain ruang dapur island ala Renovasik di bawah ini.

1. Gunakan Warna Cerah Pada Layout Dapur

Pada rumah hunian, baik yang memiliki ruang dapur yang luas atau terbatas, Anda tetap dapat menggunakan layout ruang yang meletakkan semua kabinet dan peralatan dapur pada satu sisi dinding.

Untuk melengkapi layout ini, Anda juga dapat mengkombinasikan tempat makan, menyiapkan makanan dan membersihkan didalam satu tempat. Pada permukaan countertop, Anda dapat memberikan sentuhan warna abu-abu muda bertekstur velvet, kesan modern dari kesemuanya akan semakin tegas saat Anda mengaplikasikan warna putih sebagai latarnya.

2. Mengaplikasikan Dua Warna Kontras

Pengaplikasian warna hitam pada seluruh kabinet pada satu sisi dinding dapur akan menciptakan kesan yang jantan, atau kesan yang maskulin. Hal ini akan memberikan kontras yang ciamik pada dinding berwarna putih yang mengiringinya.

Aura jantan atau maskulin ini akan menjadi semakin terlihat jauh lebih menawan saat Anda menggunakan permukaan hitam bertekstur serat yang menyerupai bebatuan pada kabinet ruang dapur.

3. Gunakan Warna Sebagai Pembagi Fungsi Area

Seperti yang sudah diungkap pada awal artikel, Anda dapat membuat tampilan ruang dapur menjadi lebih inovatif dengan mengaplikasikan warna hitam dan putih pada dapur island.

Aplikasikan warna hitam pada bagian kabinet dan padupadankan dengan permukaan meja makan yang berwarna putih. Perbedaan warna ini akan menciptakan pembagian secara semu akan fungsi pada dapur island.

4. Kamuflase Dengan Aksen Warna Gelap

Untuk ruang dapur yang memiliki luas dan pencahayaan alami yang terbatas, Anda dapat menggunakan warna putih sebagai warna utama, namun untuk aksennya, Anda dapat menggunakan warna-warna gelap.

Kedua warna ini, selain menciptakan kontras warna, ia dapat mengkamuflasekan permukaan saat ia terkena noda yang kerapkali terjadi pada ruang dapur, misalnya pada saat menyiapkan makanan.

5. Semakin Estetis Dengan Motif Guratan

Salah satu trik untuk mengangkat suasana dapur yang penuh dengan permukaan berwarna gelap adalah dengan mengaplikasikan permukaan countertop hitam yang memiliki guratan-guratan berwarna putih. Guratan-guratan inilah yang akan membuat ruang dapur island Anda semakin estetis.

6. Gunakan Countertop Dengan Permukaan Yang Berkilau (Glossy)

Nuansa modern akan semakin terlihat saat Anda menggunakan countertop dengan permukaan yang berkilau atau glossy. Tidak hanya menjadikannya semakin bercahaya, lapisan seperti ini akan membuat permukaan meja dapur menjadi lebih tahan air. Tepat sekali untuk diaplikasikan pada dapur island yang dilengkapi dengan area basah seperti wastafel.

7. Engineered Stone sebagai Permukaan Meja Dapur

Sangat berbeda dengan granit, material ini akan memudahkan Anda saat menggunakannya sebagai pelapis meja pada ruang dapur. Hal ini karena motif pada tiap slab dari engineered stone  lebih mudah dipasang dan membuat permukaan terlihat lebih lembut.

8. Hadirkan Dapur Island Dua Lapis

Yang terakhir, dengan membagi ruang dapur island menjadi dua lapis, akan membantu pembagian area ruang makan dan tempat mempersiapkan makanan secara lebih tegas. Selain itu, Anda pun dapat menambahnya dengan permukaan meja yang berwarna putih yang dapat memantulkan cahaya untuk membantu lebih mencerahkan suasana ruang dapur island.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.