Ubah Tempat Tinggal Jadi Bersistem Rumah Pintar (Smart Home)? Begini Caranya!



Era digital dan teknologi semakin berkembang, banyak orang telah mendapatkan berbagai kemudahan dari kecanggihan-kecanggihan perangkat yang semakin memudahkan dalam segala bidang, salah satunya termasuk tempat tinggal.

Yes, pada saat ini, banyak tempat tinggal yang sudah mulai mengaplikasikan sistem rumah pintar (smart home) untuk semakin mempermudah dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi setiap penghuninya. Salah satu karakter yang paling menonjol dari tempat tinggal dengan sistem smart home ini adalah penggunaan peralatan rumah berbasis internet atau Internet of Things (IoT).

Apa itu Smart Home?

Sahabat Renovasik, Smart home merupakan rumah yang mengaplikasikan teknologi elektronik dan komputerisasi ter-update untuk mengotomatiskan berbagai aspek didalam tempat tinggal. Dengan kata lain, rumah dengan sistem rumah pintar mengacu pada sisi pengaturan rumah, di mana peralatan dan perangkat dapat dikendalikan secara otomatis dari jarak jauh dengan menggunakan perangkat seluler atau perangkat jaringan lainnya lewat koneksi internet.

Benar sekali, Anda pasti sudah dapat menebaknya, peralatan maupun perangkat rumah seperti kunci pagar atau pintu, lampu, pengatur suhu ruangan, televisi, monitor rumah dan bahkan sampai mesin cuci dapat dikontrol melalui satu sistem otomatisasi yang terhubung dan dapat diakses melalui smartphone, tablet maupun komputer Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Mengaplikasikan Sistem Smart Home Pada Tempat Tinggal

Kelebihan Smart Home

Meng-install sistem teknologi rumah pintar tentunya akan memberi banyak kemudahan dan kenyamanan bagi para penghuni rumah. Bagaimana tidak, penghuni rumah sekarang dapat mengontrol semua peralatan dan perangkat rumah hanya dengan menggunakan satu perangkat, smartphone atau tablet yang mereka miliki.

Dan karena seluruh perangkat rumah terkoneksi dengan smartphone atau tablet pemilik rumah, mereka bisa segera mendapatkan notifikasi saat terjadi sesuatu dirumah. Contohnya, bel pintu pintar (smart doorbell) akan memungkinkan penghuni rumah untuk melihat dan berkomunikasi dengan orang-orang yang datang berkunjung, meski sang penghuni saat itu tidak berada di rumah. Selain itu, pemilik rumah juga bisa mengontrol suhu ruangan, pencahayaan dan peralatan rumah lainnya.

Kekurangan Smart Home

Kekurangannya hanyalah resiko keamanan (peretasan) dan bug yang sangat mungkin dialami oleh pemilik rumah bersistem smart home. Hal ini tentu saja bisa merugikan dan menggangu para pemilik rumah. Karenanya, sangat penting untuk melindungi peralatan dan perangkat pintar dengan kata sandi (password) yang kuat, gunakan enkripsi jika tersedia, dan yang terakhir, hubungkan perangkat pintar hanya ke satu jaringan.

Selain yang sudah disebutkan diatas, biaya pemasangan sistem rumah pintar pun terbilang cukup mahal. Tidak hanya biaya pemasangannya, biaya pemeliharaan dan perbaikannya pun juga terbilang tidak sedikit.

Memiliki tempat tinggal dengan sistem rumah pintar sama artinya Anda juga harus mempelajari bagaimana cara menggunakan teknologi di rumah Anda. Untuk yang paham teknologi, tentunya akan segera mendapatkan berbagai kemudahan, lalu bagaimana dengan yang tidak? Mereka membutuhkan ketekunan yang tinggi untuk belajar kembali.

Nah, jika ada Sahabat Renovasik yang sudah mulai tertarik untuk mengaplikasikan sistem rumah pintar, Anda tidak harus membangun tempat tinggal baru, karena Anda bisa mengubah rumah lama Anda menjadi sebuah smart home yang keren.

Untuk mengubah rumah lama Anda menjadi smart home yang keren, Anda hanya perlu mengganti beberapa perangkat lama rumah menjadi perangkat rumah berbasis teknologi internet. Apa saja perangkat tersebut? Mari kita mulai dari yang pertama.

Pintu dan Bel Pintar (Smart Door & Smart Doorbell)

Untuk menciptakan tempat tinggal dengan sistem rumah pintar, hal yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah mengganti engsel pintu rumah lama Anda dengan engsel pintu dengan kunci berbasis fingerprint atau PIN. Anda pun dapat memasang bel pintar (smart doorbell) untuk dapat mengetahui siapa tamu yang datang berkunjung. Dengan teknologi ini, pintu akan lebih sulit dibuka oleh orang-orang yang tidak Anda kenal.

Meskipun demikian, Anda tetap harus waspada, karena pada saat sistem rusak, hal ini justru akan membahayakan dan merugikan Anda sebagai penghuni rumah. Untuk itu, gunakan pintu pintar (smart door) yang tidak hanya berbasis fingerprint atau PIN, namun juga disertai dengan kunci manual.

Televisi Berbasis Internet (Smart TV)

Menggunakan Smart TV bisa mendukung pengaplikasian sistem rumah pintar pada tempat tinggal. Pada umumnya, dengan internet Smart TV bisa mengakses situs-situs video sharing seperti Youtube maupun melakukan streaming.

Lampu Pintar (Smart Lighting)

Lampu pintar atau Smart lighting merupakan salah satu perangkat pintar wajib yang pantas ada didalam tempat tinggal dengan sistem rumah pintar. Smart lighting adalah sistem pencahayaan yang bisa Anda atur dengan mudah, baik menyalakan dan mematikan lampu bisa Anda lakukan hanya melalui smartphone atau tablet saja. Bahkan, dengan sistem smart lighting ini Anda dapat mengatur jadwal kapan Anda ingin menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis.

Keamanan Pintar (Smart Security)

Sistem keamanan tidak boleh terlewatkan dalam sistem rumah pintar. Anda bisa menggunakan CCTV yang terkoneksi langsung ke smartphone Anda. Dengan demikian, Anda bisa selalu memeriksa keadaan rumah kapan pun dan dimana pun juga.

Alat Pembersih Pintar (Smart Cleaning)

Menjaga kebersihan tempat tinggal adalah sebuah keharusan. Untuk rumah bersistem rumah pintar, Anda bisa menggunakan peralatan pembersih berbasis teknologi seperti vacuum robot, dimana Anda hanya tinggal menekan tombol ON atau POWER, lalu vacuum robot akan bekerja secara otomatis, baik menyapu maupun menghisap debu di lantai. Anda dapat menjaga tempat tinggal tetap bersih sambil mengerjakan pekerjaan lain yang jauh lebih penting.

Mesin Cuci Pintar (Smart Washing Machine)

Mesin cuci pintar (Smart washing machine) dapat membantu menyederhanakan pekerjaan rumah seperti mencuci baju. Sama seperti perangkat teknologi lainnya, smart washing machine ini bisa diakses melalui smartphone yang terkoneksi dengan internet. Biasanya, mesin cuci pintar memiliki fitur laundry planner, dengan ini Anda bisa mengatur jadwal kapan mesin cuci akan bekerja mencuci pakaian. Jadi, meski Anda tidak berada di rumah, pekerjaan mencuci tetap dapat diselesaikan.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.