Panduan

Trik Cepat Cara Membersihkan Sofa, 15 Menit Kembali Bersih!



Apakah Sahabat Renovasik tahu, apabila membicarakan tentang keindahan hal itu tidak akan terlepas dari yang namanya kebersihan . Salah satunya kebersihan ruang tamu. Membersihkan sofa di ruang tamu contohnya. Jadi, tidak ada salahnya apabila Anda menyediakan waktu setidaknya sekali dalam beberapa bulan untuk membersihkan sofa di rumah Anda.

Nah, bagi Anda yang sedang membaca artikel Renovasik kali ini, Anda sungguh sangat beruntung karena dalam artikel kali ini Renovasik akan memberikan solusi dan rasa tenang bagi Sahabat Renovasik yang memiliki banyak kesibukan sehingga tidak punya banyak waktu untuk membersihkan sofa. Karena apa, karena dengan mengaplikasikan cara di bawah ini Anda hanya membutuhkan waktu selama 15 menit saja untuk membersihkan sofa di ruang tamu Anda dari debu dan noda supaya kembali menjadi wangi dan bersih.

Bagaimana caranya? Sahabat Renovasik dapat mulai mengaplikasikan langkah-langkah sederhana dibawah ini untuk membersihkan Sofa di ruang tamu Anda.

OK, langkah awal ini tergolong hal yang paling mudah dan sederhana. Anda hanya membutuhkan dan menggunakan alat penyedot debu. Caranya, yang pertama harus Anda lakukan adalah menggunakan penyedot debu dengan "kepala" yang khusus difungsikan untuk membersihkan kain sofa. Lakukan vakum atau sedotlah debu di permukaan sofa dalam satu arah, misalnya dari kanan ke kiri, Anda dapat mulai dari bagian atas sofa hingga ke bagian bawah atau kakinya. Namun sebelumnya, pastikan Anda menyetel penyedot debu dalam level atau tingkat kekuatan yang ringan, khususnya saat mengaplikasikannya untuk sofa berbahan linen atau seprai dan sutra.

Teknik vakum atau menyedot debu dalam satu arah, dari kanan ke kiri (atau sebaliknya) ini sangat penting, terutamanya untuk sofa berbahan material seperti beludru, chenille dan korduroi. Seperti yang pernah dilansir oleh Real Simple dalam salah satu artikelnya, bahan-bahan diatas mudah mengundang dan membuat debu untuk betah berlama-lama di Sofa Anda, ingat untuk melakukan vakum atau sedot debu di bawah bantal dan di sepanjang jahitan sofa juga.

Cara yang kedua memiliki sedikit perbedaan dengan cara yang pertama, disini Anda memerlukan tambahan produk pembersih. Dengan menggunakan produk pembersih Anda dapat membersihkan noda di permukaan sofa, khususnya sofa yang terbuat dari bahan kain katun, seprai, jacquard maupun kain campuran akrilik-poliester. Anda dapat menggunakan bahan pencuci-pengering karpet (dry cleaner) ataupun produk Capture Carpet untuk membuat noda menjadi tidak terlihat lagi. Lalu kemudian, sikatlah dengan lembut bubuk pembersih tersebut dengan kain yang bersih. Yang terakhir, gunakanlah alat penyedot debu Anda untuk membersihkan serpihan-serpihannya. Anda juga sebaiknya menggunakan produk yang berbeda untuk membersihkan sofa berbahan kulit maupun vinyl. Semprotkanlah Pledge pada kain yang bersih dan seka/usaplah area sofa yang bernoda dengan lembut. Hindarilah cairan pembersih yang mengandung silikon karena zat tersebut dapat menutup pori-pori vinyl maupun kulit. Efek lainnya, permukaan sofa bisa kaku dan pecah-pecah.

Cara ketiga, Sahabat Renovasik pun dapat mencuci sofa dengan air sabun. Namun yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu adalah melihat sofa Anda dengan lebih seksama. Pastikan sofa atau pelapis sofa di ruang tamu Anda memiliki label dengan keterangan kode W atau S/W tertera diatasnya. 

Apa arti kode tersebut? Kode "W" mengindikasikan bahwa sofa milik Anda aman saat dicuci dengan menggunakan air. Sementara lainnya, kode "S/W" mengindikasikan bahwa Anda dapat menggunakan kombinasi pembersih kering dan air pada sofa di ruang tamu Anda.

Namun, apabila Anda sudah benar-benar yakin, inilah saatnya untuk mulai membersihkan sofa. Masukkanlah sikat lembut ke air sabun, disini Anda tidak perlu merendamnya, Anda hanya perlu mengenakan sikat ke permukaan air sabun. Lalu kemudian, Anda dapat mulai mengggunakan sikat yang lembut untuk membersihkan sofa. Lakukan dengan tenang, jangan sampai sofa Anda menjadi basah kuyup. Anda hanya perlu menyikat permukaan sofa dengan tenang dan lembut. Setelah sudah menutupi semua bagian noda, bersihkanlah sofa dengan kain yang bersih dan lembab. Terakhir dan tidak kalah penting, pastikan sofa kering dengan sempurna.

Nah Sahabat Renovasik, selamat, sekarang Anda dapat membersihkan sofa di ruang tamu dengan cepat. Semoga bermanfaat. 

Kontak Kami