Panduan

Tolong, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Fatal Ini Saat Menata Furnitur Didalam Rumah!



Apakah Sahabat Renovasik tahu, menata perabotan atau furnitur rumah tangga dapat menjadi pekerjaan yang tidak mudah untuk dilakukan? Terutama bila Anda mendambakan untuk memiliki tatanan rumah hunian yang nyaman dan enak dipandang oleh kedua mata.

Di lain pihak, saat Anda menata furnitur selayaknya juga harus sesuai dengan situasi dan kondisi setiap ruangan didalam rumah, yang sudah pasti, tentunya memiliki ukuran dan fungsi yang berbeda. Betul kan?

Nah, agar furnitur bisa cocok dan sesuai dengan kondisi rumah hunian, maka Anda boleh mengaplikasikan tips dari Renovasik kali ini, yaitu dengan menghindari kesalahan-kesalahan fatal dalam menatanya. Dengan rendah hati, kami minta, tolong, jangan lakukan lima kesalahan fatal ini saat menata furnitur didalam rumah.

Apa saja kesalahan-kesalahan fatal tersebut? Mari kita telaah satu persatu mulai dari yang pertama.

1. Menempelkan Furnitur Pada Dinding

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan ruang untuk bernafas, furnitur juga membutuhkannya. Jadi, berikan furnitur Anda ruang untuk bernafas. Jangan sekali-kali memaksa dan mendorongnya hingga menempel pada dinding rumah.

Apa pasal? Menurut Tim kami, sedikit jarak antara furnitur dengan dinding, justru akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas dan lebih besar.

2. Menempatkan Furnitur Saling Berjauhan Satu Sama Lain

Kadangkala ada pemilik rumah yang menempatkan furnitur saling berjauhan satu sama lain. Apakah itu salah? Tentu tidak. Asal berada pada situasi yang tepat. Misalnya, bila ukuran rumah hunian Anda tidak terlalu besar, tentu tidak akan menjadi masalah.

Namun, bila Anda memiliki rumah yang berukuran besar, maka penempatan tersebut akan mengganggu saat Anda bersosialisasi. Misalnya, furniture membuat orang menjadi duduk berjauhan, akibatnya, masing-masing, harus mengeluarkan suara ekstra agar setiap perbincangan dapat didengar oleh semua orang.

Solusinya, letakkanlah kursi atau sofa saling berdekatan satu sama lain, agar Anda dan seluruh penghuni, ataupun tamu Anda, tidak saling adu otot tenggorokan dalam berbincang-bincang.

3. Terlalu Banyak Furnitur Didalam Satu Ruangan

Apakah Anda tahu apa akibatnya bila Anda mempunyai terlalu banyak furnitur didalam satu ruangan? Yes, hal ini dapat membuat tatanan ruangan menjadi terlihat sempit dan ramai. Solusinya sudah jelas, yaitu menggunakan furnitur dalam jumlah sedikit, hal ini akan membuat ruangan menjadi terasa lebih lega.

Misalnya dalam ruang kamar tidur, alih-alih memiliki meja rias berukuran lebar, cobalah untuk menempatkan lemari rias yang tinggi, lemari ini akan memberikan fasilitas ruang penyimpanan yang sama, namun bedanya, lebih sedikit memakan ruang.

4. Tidak Ada Ruang Untuk Berjalan

Kesalahan fatal keempat yang perlu Anda hindari adalah, gara-gara furnitur, Anda tidak menyediakan ruang untuk berjalan.

Kok bisa? Bisa saja terjadi. Misalnya, hal ini bisa disebabkan dengan banyaknya furnitur berukuran besar yang ditempatkan dalam ruangan, akibatnya menghalangi jalan bagi seluruh pengguna rumah dari satu ruangan ke ruangan yang lainnya.

Oleh karena itu, pertimbangkanlah selalu untuk menyediakan ruang bagi pengguna jalan, terutama saat Anda sedang menata ulang furnitur dirumah Anda. Pastikan setiap orang dapat berjalan melintasi ruangan tanpa tersandung oleh barang atau orang lain.

5. Furnitur Menutupi Jendela

Ada kalanya, ketika orang ingin memasukkan semua furnitur ke dalam rumah tidak menyadari hal ini. Yaitu tentang keberadaan furnitur yang justru malah menghalangi dan menutup akses jendela. Akibatnya, baik udara segar maupun pencahayaan alami juga tidak dapat masuk dengan baik. Namun, bila Anda berniat untuk memiliki ruangan yang sehat, maka Anda harus memastikan bahwa yang terjadi adalah sebaliknya.

Karena itu, jangan sekali-kali Anda menutupi jendela dengan furnitur, meskipun itu untuk alasan bahwa furnitur harus mendapatkan tempat didalam ruangan. Memblokir jendela dalam ruangan justru akan membuat ruangan terlihat sempit dan kecil.

Kontak Kami