Panduan

Tips Sederhana Untuk Membuat Balkon Minimalis Tampil Memikat



“Balkon minimalis yang pada umumnya ada di bagian atas rumah hunian dapat memberikan suasana dan tampilan yang lebih memikat pada tempat tinggal Anda”

Sungguh tepat, Renovasik  pun setuju dengan kalimat kutipan diatas, terlebih lagi apabila balkon tersebut begitu serasi dan harmonis dengan model tempat tinggal atau hunian Anda. Selain itu, kehadiran balkon minimalis juga dapat memberikan perbedaan antara rumah Anda dengan rumah-rumah tetangga disekitar lingkungan tempat Anda tinggal.

Untuk mendesain balkon minimalis, Anda sebagai Sahabat Renovasik, alangkah lebih baiknya menggunakan jasa desainer interior atau arsitektur profesional agar tampilan balkon yang Anda dambakan bisa tampil lebih maksimal. Benar sekali, untuk menciptakan tampilan menarik, balkon yang dibangun sudah selayaknya dan sepantasnya didesain secara matang dan profesional.

Pada awalnya, balkon hanya dimanfaatkan sebagai ruang atas dari space yang tersisa. Namun sekarang konsep balkon telah lebih maju dan berkembang, yaitu menjadi satu kesatuan yang utuh dengan bangunan, yang dapat difungsikan untuk mempermudah masuknya cahaya ke dalam ruang atas dan tentu saja untuk memberikan kesan indah pada rumah hunian.

Tentu saja, sebagai elemen tambahan untuk memberikan kesan cantik pada bangunan, pembuatan balkon minimalis dapat disatukan dengan penggunaan railing yang sesuai dengan desain arsitektur dari bangunan.

Untuk desain arsitektur rumah, terutama untuk rumah minimalis, material bahan dan railing yang digunakan harus simpel atau sesederhana mungkin dengan balkon berbentuk persegi dan garis railing yang berbentuk vertikal atau horizontal.

Sementara sebaliknya, untuk rumah bertipe modern, sangat tepat untuk menggunakan profil railing berupa besi atau motif yang lebih berat serta memiliki banyak aksen dengan bentuk ujung balkon semi lengkung. Sedangkan, rumah yang memiliki konsep bergaya country, balkon minimalis yang bernuansa lebih gelap dengan penggunaan bahan material dari kayu ataupun gipsum yang mengeksresikan kilatan, akan membuat estetika rumah hunian tipe ini semakin meningkat.

Namun yang layak untuk Sahabat Renovasik ingat, apabila Anda akan menggunakan pagar railing dengan bahan material besi, Renovasik akan menyarankan agar pagar besi di balkon harus lebih pendek dari pagar muka di rumah hunian, yaitu berkisar antara satu meter.

Renovasik pun juga akan menambahkan bahwa untuk menjaga keharmonisan bangunan, model rumah hunian sudah selayaknya disesuaikan dengan pagar muka rumah maupun dengan desain arsitektur dari bangunan tersebut.

Pada umumnya, balkon minimalis yang digunakan untuk memberikan kesan cantik pada bangunan ukurannya lebih kecil dan tidak menghadirkan interior di balkon tersebut.

Balkon minimalis yang berfungsi untuk mempercantik rumah hunian pada umumnya diletakkan di bawah kamar tidur di lantai atas ataupun searah dengan ruang keluarga yang terletak di lantai atas. Lalu untuk mengenai arah mana yang terbaik, balkon tidaklah perlu menghadap kearah depan atau belakang karena alangkah lebih baiknya Anda sendiri yang menyesuaikan dengan posisi lahan dan bangunan di rumah Anda.

Balkon minimalis juga tergantung dengan lahan, apakah lahan di rumah hunian Anda hoek ataukah tidak. Hal sederhana inilah yang akan menentukan keputusan Anda untuk menempatkan posisi balkon, baik di kamar atas dengan peletakan di bawah jendela kamar ataupun juga bisa searah dengan ruang tengah untuk memberikan space bagi para penghuni untuk melihat pemandangan dari dalam ke luar.

Lain hal, peletakan interior sudah pasti wajib hukumnya untuk balkon minimalis­ yang digunakan sebagai teras atas ataupun kombinasi untuk membuat suasana ruangan menjadi lebih cantik, supaya ruang balkon dapat digunakan untuk bersantai dengan nyaman seperti halnya fungsi teras pada umumnya.

Peletakan interior diatas pun alangkah lebih baiknya apabila juga disesuaikan dengan desain arsitektur bangunan dan selera dari si pemilik rumah. Selain hal itu, untuk menambah suasana tampilan yang cantik dari balkon dan membuatnya menjadi lebih teduh, Anda dapat menghiasi balkon dengan tanaman.

Kehadiran tanaman secara alami akan memberikan kelembutan pada balkon yang memiliki elemen keras. Sebelumnya, ada baiknya Sahabat Renovasik membuat konsep terlebih dahulu tentang tanaman-tanaman yang akan Anda pilih, tentu saja tanaman yang dapat menunjang suasana dan tampilan bangunan.

Kendati balkon serta interior yang memenuhinya berfungsi menambah tampilan bangunan menjadi semakin cantik, ada satu yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dari sebuah bangunan balkon, yaitu panas matahari yang menyengat ke arah balkon saat waktu siang hari tiba.

Efek panas inilah yang pada umumnya dapat menyebabkan sang pemilik rumah beserta penghuni rumah lainnya merasa enggan berada di balkon saat matahari bersinar dengan terik. Solusi terbaiknya, Anda dapat menggunakan kerai dari bahan kain atau anyaman bambu, kanopi, ataupun memanfaatkan payung pantai.

Meskipun demikian, Renovasik tidak akan menyarankan penggunaan kerai pada balkon, karena menurut sudut pandang kami, kerai justru akan memberikan tampilan yang kurang menarik pada rumah hunian.

Renovasik menyarankan alangkah lebih baik untuk menggunakan payung pantai atau kanopi, hal ini selain dapat memberikan view yang indah bagi orang luar yang melihatnya, tentu saja juga bagi sang pemilik rumah.

Kontak Kami