Panduan

Tips Jitu Untuk Memelihara Lantai Rumah Hunian, Dari Keramik Sampai Karpet



Rumah hunian yang bersih dan nyaman tidak hanya terlihat dari cara penataan ruangannya saja, namun juga dari bagaimana kondisi lantainya. Kondisi lantai yang terpelihara akan memastikan, baik Anda dan keluarga, maupun tamu yang datang merasa nyaman saat menginjakkan kakinya dan beraktifitas di rumah Anda.

Namun sayangnya, ketidaktahuan banyak orang tentang bagaimana cara memelihara lantai rumah hunian malah justru dapat merusaknya, karena apa? Karena mereka tidak mengetahui bahwa beda material lantai, beda pula cara pemeliharaannya.

Tampilan lantai dapat rusak apabila dirawat dengan cara yang salah. Dan bila hal ini terus berlanjut, akan membuat Anda rugi karena mengeluarkan uang banyak untuk merenovasinya, yakni dengan mengganti material lantai yang rusak dengan yang baru. Anda tidak mau hal ini terjadi pada Anda, kan? Tentu saja, karena itulah Anda harus mengetahui bagaimana cara pemeliharaan lantai rumah hunian yang tepat, yang sesuai dengan apa jenis materialnya. Dan, berikut ini adalah tips-tips praktisnya yang telah Renovasik rangkum dari berbagai sumber.

Ubin Keramik

Ubin keramik adalah salah satu material lantai rumah hunian yang cara pemeliharaannya sangatlah praktis. Apabila anda menggunakan ubin keramik untuk lantai rumah hunian, menyapu dan mengepelnya setiap hari akan membuatnya selalu terlihat mengkilap. Jadi, tidaklah heran apabila ubin keramik menjadi pilihan yang paling disuka oleh banyak orang.

Parket Kayu

Lantai yang menggunakan material parket kayu memang memberikan kesan yang hangat pada ruangan, namun Anda juga harus memperhatikan beberapa hal untuk pemeliharaan lantai jenis ini. Setelah menyapunya dengan bersih, pel-lah lantai dengan pembersih khusus untuk lantai kayu. Jagalah kain pel agar tidak terlalu basah, jikalau Anda terlalu sering mengepel lantai parket kayu dengan kain yang terlalu basah, seiring berjalannya waktu akan membuat lantai parket kayu menjadi rapuh.

Selain itu, lantai parket kayu juga rentan terhadap permukaan yang tajam. Jadi, saran dari Renovasik, janganlah memindahkan furnitur dan perabot Anda dengan cara menggesernya, sebab hal tersebut dapat meninggalkan lecet dan goresan pada lantai. Jika Anda terpaksa harus memindahkan furnitur seperti meja besar dan lemari, sebaiknya Anda lakukan dengan cara mengangkatnya secara bersama-sama, atau apabila Anda terpaksa harus menggesernya, berikan alas pelindung di permukaan bawah furnitur atau perabot.

Marmer dan Granit

Penggunaan material marmer ataupun granit akan selalu memberikan kesan mewah dan elegan pada lantai rumah hunian. Dan agar kedua kesan itu tetap terjaga, Anda harus melakukan pemeliharaan ekstra. Saat mengepel, hindari penggunaan kain pel yang terlalu basah, usahakan kain pel selalu dalam keadaan lembap, bila terjadi tumpahan air, segera keringkan dengan cara mengelapnya.

Ingatlah selalu untuk memberikan coating pada lantai bermaterial marmer dan granit sebagai perlindungan tambahan, bila perlu, lakukan coating secara berulang.

Karpet

Lantai karpet sangat mudah terkena bakteri dan jamur, maka dari itu, pastikan karpet selalu dalam keadaan kering. Rajin-rajinlah membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner, lakukanlah secara berkala. Selain itu, hindarilah untuk menginjak lantai karpet dengan sepatu atau sendal yang kotor, sebab kuman mudah datang dan berpindah pada lantai karpet.

Sahabat Renovasik, memelihara lantai rumah hunian adalah hal yang tidak dapat Anda remehkan, karena apa? Karena nuansa rumah hunian yang bersih dan nyaman, diawali dari keuletan Anda dalam memeliharanya.

Kontak Kami