Panduan

Tak Perlu Khawatir, Inilah 5 Cara Mudah dan Praktis Untuk Membersihkan Rumah



Banyak orang pastinya sudah tahu bahwa membersihkan rumah dan perabotan secara berkala adalah hal yang wajib mereka lakukan untuk menjaga hunian tetap bersih dan bebas dari kuman. Kami yakin, Anda juga pasti melakukannya, terutama Anda yang wanita, lihat rumah kotor sedikit saja, langsung deh beres-beres dan membersihkannya. Iya kan, udah deh ngaku aja….

Namun terkadang, kesibukan dan jadwal yang padat membuat penghuni rumah sering tidak memiliki waktu untuk membersihkan dan merapikan rumah. Namun meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menciptakan rumah yang bersih dan sehat untuk keluarga Anda.

Tidak perlu khawatir, kali ini Renovasik akan memberikan 5 cara mudah dan  praktis untuk membersihkan rumah.

1. Bersihkan Wastafel Dengan Air dan Pemutih

Secara rutin Anda harus membersihkan wastafel-wastafel di rumah Anda, terutama wastafel dapur, karena apa? Karena tempat tersebut adalah salah satu tempat terkotor yang ada disetiap rumah.

Bagaimana caranya? Caranya cukup sederhana, siramlah wastafel dengan air dan sedikit pemutih, biarkan kedua hal tersebut meresap. Selama proses peresapan, Anda juga bisa kok meninggalkannya untuk melakukan hal-hal yang lain. Baru kemudian, Anda bisa menguras wastafel dapur dan mengeringkannya.

2. Untuk Oven, Gunakan Pasta Soda

Untuk menangani permukaan alat-alat dapur yang sangat kotor, cara terbaiknya adalah dengan membiarkan larutan pembersih kotoran meresap sebelum Anda, akhirnya menggosoknya secara manual untuk membersihkan peralatan dapur Anda.

Anda juga bisa mempraktekkannya pada oven Anda, yaitu dengan cara menggunakan pasta soda kue dan membiarkannya meresap ke dalam oven dalam kondisi sedang memanggang, tunggulah selama beberapa jam, baru kemudian gosok dan lap-lah secara perlahan untuk menghilangkan kotoran yang melekat.

3. Bersihkan Perabotan Dengan Mesin Pencuci Piring

Bila Anda mempunyai mesin pencuci piring, masukkanlah semua perabotan seperti sendok, garpu, gelas, piring dan lainnya kedalam mesin pencuci piring, kemudian nyalakanlah mesin tersebut.

Meskipun suara mesin akan sedikit mengganggu, namun pada akhirnya, Anda akan tetap merasa puas dengan hasil kerjanya.

4. Pecahan Sabun Kapur di Kamar Mandi

Kamar mandi adalah tempat lain di mana Anda dan keluarga menghabiskan waktu, baik untuk mandi maupun mencuci pakaian. Namun, apakah Anda tahu, disinilah tempat yang juga berpotensi untuk terdapat banyak kuman?

Kali ini, Anda harus mempersiapkan beberapa jurus untuk membersihkan kamar mandi agar seluruh bagian kamar mandi dapat dibersihkan.

Gunakan dan biarkan larutan pemutih dan soda kue menembus ruangan kamar mandi yang berjamur. Hal ini agar memungkinkan pembersih sabun kapur dapat membersihkan kotoran pada perlengkapan dan sela-sela pintu kamar mandi.

Lalu ingatlah juga untuk membersihkan keran kamar mandi, Anda bisa menggunakan rendaman sabun kapur dengan kantong cuka agar dapat membersihkannya dengan mudah.

5. Cuci dan Keringkan Pakaian

Aktifitas ini membutuhkan waktu beberapa menit untuk persiapannya, seperti mengumpulkan dan memilah cucian, namun begitu Anda memiliki semua pakaian kotor, segeralah untuk mencuci dan mengeringkannya. Hal ini bisa dilakukan secara bertahap, di sela-sela waktu luang, Anda juga bisa sambil mengerjakan kegiatan lainnya.

Bila Anda tidak ingin mencucinya sendiri, segera kumpulkan seluruh pakaian kotor dan bawa ke tempat laundry. Hal ini dilakukan untuk menghindari rumah dari tumpukan pakaian kotor. 

Bagaimana Sahabat Renovasik, cukup mudah untuk melakukannya kan …

Kontak Kami