Panduan

Tahun Baru, Ingin Menambah Ruang Perpustakaan Didalam Rumah? Ini 5 Tipsnya!



Apakah Anda tahu, bagi banyak orang yang memiliki kegemaran dalam membaca, perpustakaan pastilah menjadi tempat favorit mereka untuk menghabiskan waktu, baik itu untuk menemukan informasi yang dibutuhkan atau tuk sekedar bersantai setelah seharian beraktifitas. Dan, karena alasan sederhana inilah mereka terkadang suka berangan-angan untuk dapat memiliki ruang perpustakaan pribadi sendiri dirumah.

Apakah angan-angan tersebut dapat diwujudkan? Tentu saja bisa dan sangat mungkin sekali. Apakah Anda juga memiliki angan-angan yang sama tuk memiliki ruang perpustakaan di tempat tinggal Anda? Yuk, simak 5 tips ala Renovasik untuk membangun perpustakaan di rumah sendiri.

1. Temukan Tempat Yang Tenang

Pertama-tama, sebelum Anda mulai merencanakan untuk mendirikan ruang perpustakaan, sangat penting bagi Anda untuk menemukan tempat yang tenang untuk ruang perpustakaan Anda. Anda dapat memilih ruang di sudut rumah yang jarang dilewati oleh banyak orang.

Alasannya juga cukup sederhana, sama halnya dengan ruang perpustakaan pada umumnya, ketenangan akan menciptakan rasa nyaman dan damai bagi Anda yang gemar membaca.

2. Lakukan Pendataan

Setelah menemukan tempat yang tepat untuk mendirikan perpustakaan, Anda juga mendata seberapa banyak buku yang Anda miliki saat ini. Hal ini perlu Anda lakukan agar Anda mengetahui seberapa besar ruang perpustakaan yang harus Anda bangun, tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar ruang perpustakaan pribadi Anda dapat menampung seluruh buku yang Anda miliki. 

Apabila nantinya ruang perpustakaan yang Anda miliki tidak cukup untuk menampung seluruh buku yang Anda miliki, pilahlah buku penting apa saja yang ingin Anda letakkan di ruang perpustakaan pribadi Anda.

3. Ukurlah Luas Ruangan

Untuk dapat menampung seluruh koleksi buku, cobalah untuk melihat dan mengecek kembali apakah ruang yang akan Anda jadikan perpustakaan pribadi memiliki ukuran luas yang cukup untuk seluruh buku Anda atau tidak, dengan hal ini Anda dapat mengelola seluruh buku Anda agar tertata dengan baik. Untuk itu, ukurlah ruangan yang akan Anda gunakan sebagai perpustakaan dengan tepat.

4. Memilih Rak Buku Yang Sesuai

Setelah selesai mengukur luas ruangan, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membeli rak buku yang sesuai dengan jumlah buku yang Anda miliki.

Apabila Anda memiliki buku yang banyak, pilihlah rak buku yang besar dan juga tinggi. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan buku yang justru akan membuat ruangan perpustakaan menjadi berantakan. Namun, jika buku Anda tidak terlalu banyak namun berukuran tebal, Anda dapat memilih untuk membeli rak buku yang lebih kecil dan pendek. Atau Anda dapat mengkombinasikan kedua jenis rak buku dalam ruang perpustakaan Anda.

5. Model Rak Buku Yang Mempercantik Interior

Tidak hanya memilih rak buku yang sesuai untuk ruang perpustakaan pribadi, Anda juga boleh memilih warna dan model rak buku seperti apa yang ingin Anda letakkan disana. Anda bisa memilih model yang tepat sehingga rak tersebut dapat lebih mempercantik dekorasi dan desain interior ruangan.

Selain memiliki perpustakaan pribadi, pastinya Anda juga ingin memajang koleksi buku Anda di Rak buku yang keren kan…

Kontak Kami