Panduan

Sedang Mencari Tempat Penjual Mebel Jepara Terbaik? Inilah Ciri-Cirinya!



Sahabat Renovasik, kebutuhan akan perabotan rumah atau kantor yang memiliki keindahan nilai artistik namun juga tahan lama saat ini menjadi semakin tinggi. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya orang yang mencari tempat penjual mebel, salah satunya penjual mebel jepara terbaik, dimana pada umumnya tidak setiap toko atau penjual mebel memiliki perabotan seperti yang Anda dambakan untuk menghiasi rumah hunian atau kantor Anda.

Sampai saat ini mebel Jepara maupun kerajinan khas Jepara lainnya memang selalu menarik minat para pelanggan mebel berkualitas, karena apa? Karena memang keunggulan dalam hal eksklusifitasnya sangatlah terjaga dari waktu dulu hingga sekarang. Sangat jarang ada yang meragukan keindahan dan kekuatan hasil dari karya para pengrajin di salah satu kota di Jawa Tengah ini, bahkan banyak orang luar negeri pun yang pernah menggunakan produknya juga ikut mengakuinya. Jadi tidaklah heran, hasil kerajinan kayu dari Jepara menjadi komoditas ekspor terbesar untuk bangsa Indonesia.

Baik, sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan memiliki mebel ukiran dari kota Jepara, alangkah lebih baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui bagaimana ciri dari hasil karya para pengrajin kota tersebut. Hal ini, tentu saja dimaksudkan apabila Anda hendak membeli produk kerajinan atau perabot kayu Jepara, Anda tidak akan mudah tertipu dari omongan penjual barang kw/palsu namun sering meyakinkan kepada para calon pembeli bahwa produk yang mereka jual itu asli. Bagaimana cara untuk membedakannya? Anda dapat melihatnya dari ciri-ciri dibawah ini:

  • Penggunaan bahan material yang berkualitas selalu menjadi pilihan bagi para pengrajin dari Jepara. Jenis kayu yang sering menjadi pilihan mereka adalah kayu jati. Sudah dapat dipastikan jenis kayu ini memiliki kekuatan dan daya tahan yang mampu tetap terjaga hingga 21 tahun lamanya atau bahkan lebih.
  • Desain mebel yang artistik dan berkelas. Desain pengrajin asal kota Jepara merupakan warisan yang sudah dimiliki secara turun temurun. Banyak orang yang berupaya untuk meniru dan menjiplak perabot atau kerajinan dari kota Jepara ini, namun hingga saat ini belum ada yang mampu mengungguli gaya desainnya.
  • Ukiran yang memiliki ciri khas, adalah hal terpenting yang paling dapat Anda lihat. Hasil pekerjaan yang sangat halus serta ukiran yang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi merupakan salah satu ciri yang tidak mudah untuk ditiru maupun disaingi oleh pengrajin di kota-kota lainnya di Indonesia.

Sahabat Renovasik, apabila Anda sudah pernah atau sering pergi ke kota Jepara dan melihat hasil kerajinan mebel disana, Anda akan menyadari bahwa bentuk dari ukiran yang sering Anda lihat di tempat penjual mebel Jepara memang cukup beragam, namun ada satu motif yang hampir selalu seragam, motif utama ukiran tersebut adalah sebuah bentuk daun yang digambarkan dengan luwes lewat lengkungan-lengkungan yang indah. Menurut cerita yang beredar, daun tersebut merupakan salah satu bagian dari tanaman wuni yang banyak tumbuh dan terdapat di daerah Jepara. Dan pada bagian tengah daun, pada umumnya terdapat ukiran buah-buah kecil dari tanaman tersebut, seringkali pula disandingkan dengan ukiran-ukiran berbentuk burung.

Adapun bentuk kerajinan atau perabotan yang seringkali dibuat oleh para Pengrajin asal Jepara biasanya juga sangat beragam. Bahkan, di setiap tempat penjual mebel jepara, Anda dapat menemukan berbagai jenis perabot sesuai dengan yang Anda dambakan untuk semakin mempercantik rumah atau kantor Anda, antara lain yaitu:

  • Tempat duduk atau kursi, pada umumnya terdapat ukiran pada bagian sandaran maupun pada bagian pegangan tangan.
  • Meja, pada umumnya terdapat ukiran pada bagian kaki-kakinya maupun pada bagian atas permukaan meja.
  • Lemari, untuk ukirannya seringkali bisa Anda lihat pada bagian daun pintu ataupun bagian atas daun pintu lemari.

Selain 3 produk hasil kerajinan diatas, Anda juga dapat menemukan tempat tidur yang dibuat oleh para pengrajin dari daerah ini. Beberapa toko penjual mebel jepara, menyediakan tempat tidur yang dibuat dengan ukuran yang cukup besar, yaitu 2 × 3 meter. Untuk ukirannya, pada umumnya terletak pada bagian sandaran kepala ataupun pada kaki-kaki tempat tidur. Disini, mereka menggambarkan bahwa selain sebagai tempat beristirahat yang nyaman, tempat tidur juga dapat menjadi tempat melepas lelah yang bernilai seni tinggi.

Yang terakhir dan tidak kalah penting, untuk Anda yang sedang mencari kerajinan dari daerah Jepara, Kerajinan dari kota Jepara hampir tersedia di setiap toko perabot di banyak daerah di Indonesia. Bahkan saat ini Anda dapat membelinya secara online. Saran dari Renovasik, untuk dapat mengetahui keasliannya maka Anda dapat mengajak orang yang sudah mengerti tentang bahan-bahan mebel serta ukiran kerajinan, sehingga Anda akan dengan mudah mendapatkan mebel Jepara terbaik.

Bagaimana Sahabat Renovasik, sudah terpikat untuk mengisi kantor atau rumah Anda dengan mebel artistik dari kota Jepara? ^_^

Kontak Kami