Panduan

Rumah Minimalis Modern, Hunian Simpel & Praktis Bagi Generasi Masa Kini & Masa Depan



Saat ini, model rumah semakin beragam, mulai dari rumah bertipe sederhana hingga rumah mewah bak istana. Namun tidak hanya itu saja, diera digital seperti sekarang ini, ada tren tipe rumah yang sedang melambung tinggi, yaitu rumah minimalis modern. Mungkin Anda yang tinggal atau pernah berkunjung ke kota-kota besar seperti Jabodetabek sudah pernah melihatnya.

Lalu, apa sebenarnya rumah bergaya minimalis modern ini? Apa yang membuatnya memiliki daya tarik yang kuat bagi banyak orang? Hmmm... pastikan Anda menemukan jawabannya di artikel Renovasik kali ini yaa.

Rumah bergaya minimalis modern adalah jenis rumah yang pada umumnya berukuran tidak terlalu besar. Dan tentu saja, sesuai dengan namanya, rumah tersebut memiliki tampilan yang modern namun juga sederhana. Rumah yang bertipe seperti ini pun pada umumnya juga tidak dipenuhi dengan berbagai macam perabotan ataupun desain yang terlalu kompleks dan rumit. Sekali lagi, sederhana, elegan dan modern adalah kata kuncinya.

Ciri Rumah Minimalis Modern

Sahabat Renovasik, secara sederhana, rumah minimalis modern memiliki gaya dan karakter sebagai berikut:

•        Rumah ini memiliki desain yang sederhana. Hunian yang memang diperuntukan bagi Anda yang menyukai kesederhanaan dan keefisienan dalam berumahtangga, namun tetap mendambakan untuk memiliki tempat tinggal bergaya masa kini, yang selalu berubah dan up to date sesuai perkembangan jaman.

•        Pagar dan dinding yang simpel. Tidak banyak ornamen dan pola yang menghiasi pagar maupun dinding rumah. Baik dari sisi desain maupun finishing-nya. Semua tampak sederhana, rapi, dan bersih.

•        Ruang yang terang dan penuh cahaya. Pada umumnya, rumah bergaya minimalis modern memiliki warna dinding yang terang yang dapat memantulkan cahaya, sehingga banyak ruang di dalam rumah terkena cahaya alami, terutama pada siang hari.

•        Dekorasi yang minimal. Baik interior maupun eksterior rumah, sama-sama memiliki dekorasi yang minim. Semua ditujukan agar rumah hunian mendapatkan fungsi yang optimal. Apabila pun ada, hanya satu-dua dekorasi saja yang akan Anda temukan di rumah bertipe ini.

•        Campuran berbagai macam bahan dan tekstur. Benar, rumah minimalis modern cukup berani dalam mencampur dan mengkombinasikan bahan dan tekstur yang tidak biasa, misalnya seperti beton yang dikombinasikan dengan kaca dan kayu, hal ini dapat membuat tampilan rumah bergaya minimalis modern tampil lebih memikat dan enak dipandang mata.

Sekali lagi, kesederhanaan, itulah yang menjadi prinsip dari rumah minimalis modern. Bagi Anda, Sahabat Renovasik yang memang suka dengan segala sesuatu yang praktis, desain rumah seperti ini adalah rumah yang tepat dan ideal untuk Anda. Karena tidak banyak yang perlu Anda urus ataupun ubah. Hal ini akan sangat membantu Anda yang tinggal di kota dan sibuk dengan pekerjaan dll.
 

Kelebihan Rumah Minimalis Modern

Kelebihan dan keuntungan dari memiliki rumah dengan gaya minimalis modern adalah:

•        Ruangan yang lega

Walaupun ukurannya tidak terlalu besar, namun rumah bergaya minimalis modern pada umumnya memiliki ruang yang lega. Ini akan membuat Anda dan keluarga cenderung merasa tenang untuk beraktivitas didalamnya.

•        Terang

Kombinasi antara warna terang dan banyaknya ruang terbuka serta jendela, membuat rumah bergaya minimalis modern mudah mendapatkan pencahayaan. Jadi, Anda tidak perlu menyalakan lampu untuk penerangan pada waktu siang hari.

•        Hemat biaya

Karena tidak membutuhkan banyak hal, maka rumah bertipe ini juga cenderung memiliki harga yang tidak terlalu tinggi. Ini akan menjadi hal ideal bagi pasangan muda yang hendak memiliki rumah sendiri dan hidup terpisah dari orang tua.

•        Mudah dibersihkan

Seperti yang telah Renovasik ulas diatas, rumah dengan gaya minimalis modern juga mudah untuk dibersihkan, karena tidak banyak dekorasi yang kompleks ada di dalamnya.

Sahabat, tampilan rumah minimalis modern pada umumnya juga dapat disiasati dengan lebih kreatif dan inovatif. Ini dikarenakan gaya dan bentuknya yang agak tidak lazim bagi rumah biasa. Sesuatu yang dapat dikatakan aneh, mengingat tujuan utamanya adalah desain yang sederhana dan fungsional. Hal inilah yang membuatnya unik dan berbeda. Namun, Renovasik dengan cukup yakin, meramalkan, bahwa inilah jenis rumah yang akan banyak Anda temukan dalam jumlah yang besar di masa depan.

Kontak Kami