RUMAH ANDA BOCOR???



Setiap orang pastinya senang apabila punya rumah yang pencahayaan nya bagus, model tampak depan rumah sesuai impian (minimalis, classic, traditional, dll) , interior rumah cantik dan lucu. Tetapi tidak kalah penting dari itu adalah tidak ada bocoran pada atap dan dak nya ataupun instalasi plumbing dalam rumah.  

Ada 3 penyebab bocoran dalam rumah anda:

  1. Pemasangan atap/ genteng yg kurang pas atau retakan pada ampig dan nok atap
  2. Retakan pada dak beton atau dudukan torn
  3. Instalasi plumbing yaitu pipa air bersih dan pipa air kotor yg pecah

Cara mencari bocoran pada atap/ dak:

  1. Cek plafond yang menguning di semua ruangan atau bahkan terkelupas / lubang
  2. Apabila bocor nya parah, saat plafond di buka akan terlihat dak beton basah atau ada tetesan langsg dari genteng
  3. Lihat ke atas genteng dan telusuri sekitar tetesan atau plafond yg menguning apakah genteng ada yg bergeser, nok retak, ataupun dak retak
  4. Cek sudutan pertemuan dak dengan dinding parapet
  5. Cek saluran buangan air hujan (roofdrain) dan talang adakah sampah yang menyumbat atau posisi pipa yang tidak pas dengan lubang roofdrain nya.

 

Cara mencari bocoran pada instalasi plumbing baik air bersih dan air kotor:

  1. Matikan valve utama pada meteran air (bila jarum yang ada pada meteran air bergerak saat di matikan bearti ada bocor di instalasi pipa)
  2. Menggunakan alat deteksi kebocoran (Leak Listener)
  3. Cek floordrain kamar mandi dan semua instalasi pada saniter kamar mandi atau bak kamar mandi / baththube

Untuk penanganan nya membutuhkan treatment yang berbeda di setiap kasus masalah. Untuk bocoran dak membutuhkan waterproofing dan pelapisan membran pada sudutan apabila di perlukan. Sedangkan bocoran pada instalasi plumbing perlu adanya pembobokan dinding atau bongkar keramik dan kemudian perbaikan pipa yang bocor nya dengan memotong pipa tersebut dan memperbaiki sambungan nya dengan soket atau bahkan ganti pipa baru yang retak dan pecah terlalu parah.

Demikian tips dari kami, dan anda tidak perlu lagi menyiapkan ember untuk penampungan air di setiap ruang anda yang bocor.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.