Panduan

Punya Tanah Di Lokasi Strategis? Membangun Ruko Sebagai Tempat Usaha Adalah Hal Yang Tepat - Ini Dia Tips-Tipsnya!



Diluar sana, ada banyak cara yang dapat orang lakukan untuk berinvestasi dan berbisnis. Salah satu investasi dan bisnis yang paling populer di Indonesia adalah properti. Kenapa banyak orang memilih properti? Karena sukses di bisnis inilah yang dapat membuat mereka kaya “mendadak” dan menjadi jutawan baru. Hmmm, Mungkin Anda juga pernah membaca sukses mereka di media atau mendengarnya dari orang lain. Ya, bisnis properti memang memiliki daya tarik tersendiri.

Namun, ada yang harus Sahabat Renovasik ketahui, tidak sembarang properti memiliki nilai investasi yang tinggi. Rumah hunian pun tidak selalu menjadi aset yang dapat memberikan pendapatan (income), bahkan rumah hunian cenderung menjadi beban karena pembiayaan yang harus dikeluarkan untuk pemeliharaannya, seperti biaya listrik, air dll. Kecuali, Anda menjadikan rumah Anda sebagai sumber penghasilan, misalnya dengan menjadikannya rumah kontrakan atau kost-kostan.

Lalu, adakah solusi lainnya? Tentu saja ada. Apabila Anda saat ini memiliki tanah di lokasi yang strategis, Anda dapat membangun ruko disana. Berbeda dengan rumah hunian, ruko dapat menjadi tempat yang jauh lebih produktif, Anda dapat menghasilkan uang dengan lebih cepat dari sana, yaitu dengan cara menjual atau mengontrakkannya, karena tentu saja ruko akan menjadi investasi tempat usaha yang bakal diburu oleh para pengusaha di daerah Anda. Apakah Anda sudah mulai tertarik? Yuk lanjutkan membaca.

Nah, karena pada umumnya banyak orang membangun ruko dengan tujuan utama sebagai investasi tempat usaha, maka Anda tidak bisa selalu menerapkan wawasan Anda tentang jual beli properti disini. Seperti yang Anda tahu, biasanya beberapa ruko atau ruka toko biasanya dibangun oleh para pengembang perumahan sebagai fasilitas pendukung bagi para penghuni perumahan tersebut, untuk memudahkan mereka memenuhi kebutuhan.  Karena itu, Anda dapat mempertimbangkanlah hal-hal dibawah ini sebagai sebuah awal yang baik, yaitu:

  • Menyadari apa yang akan menjadi inti utama dari usaha Anda. Hal ini tentu akan sangat berdampak pada pembangunan ruko, contohnya lokasi dan fasilitas yang bisa Anda bangun, baik didalam maupun disekitarnya.
  • Apakah Ruko tersebut akan Anda gunakan untuk usaha Anda sendiri, atau Anda juga berniat untuk menyewakannya kepada orang lain nantinya? Jika ya, Anda akan membutuhkan ruko yang jauh lebih besar.
  • Apakah Anda sekaligus akan menempatkan ruang untuk tempat tinggal di ruko tersebut, misalnya dilantai 2? Jika ya, maka Anda juga perlu menambahkan elemen rumah hunian yang layak disana.

Dikarenakan fungsi utama ruko adalah sebagai tempat usaha, Anda sebagai Sahabat Renovasik harus benar-benar memperhatikan soal teknis dan lokasi dari ruko tersebut. Jadi Anda, janganlah sembarangan dalam melakukannya, karena hal ini akan menentukan bagaimana nasib ruko yang akan Anda bangun nantinya. Jadi sebelum membangun, perhatikanlah hal ini:

  • Perhatikan jenis usaha apa yang akan dilakukan disana, sesuaikanlah dengan lokasinya. Misalnya Anda mau membangun ruang perkantoran, Ruko tidak perlu berlokasi didekat jalan utama. Lain hal apabila Ruko digunakan sebagai usaha perdagangan atau retail, tentu saja Anda harus menempatkannya dekat dengan lokasi perumahan ataupun jalan raya.
  • Amati dan perhatikan lingkungan sekitar dari ruko yang akan Anda bangun tersebut. Perhatikan juga reputasinya. Apakah lokasi disana baik dan tepat untuk usaha yang akan Anda jalankan nantinya?
  • Lengkapi aspek legalitas dari ruko yang akan Anda bangun tersebut. Lengkapi semua surat-suratnya agar pembanguan dan usaha tetap berjalan dengan baik dikemudian hari.
  • Buatlah lahan atau area parkir yang cukup luas di ruko tersebut. Sebagai sebuah tempat usaha, sudah pasti Anda akan sangat memerlukannya.

Semua tips untuk membangun ruko di atas sudah pasti harus Anda perhatikan untuk mendapatkan ruko terbaik yang Anda dambakan. Tentu saja, karena Anda haruslah mendapatkan yang terbaik dari apa yang Anda investasikan.

Nah, saat Anda sudah berkeyakinan kuat dan memutuskan untuk membangun ruko dilokasi Anda tersebut, kini saatnya Anda untuk memikirkan tentang urusan keuangannya. Dan, inilah hal-hal yang harus Anda perhatikan:

  • Berapa budget yang Anda miliki untuk membangun ruko? Sudah cukup dan tersediakah untuk membangun ruko dilokasi.
  • Berapa banyak ruko yang akan Anda bangun ditempat tersebut? Pilihlah pengembang (developer) yang akan memberi Anda banyak keuntungan.
  • Lakukan juga furnishing untuk ruko yang sedang Anda bangun tersebut, mulai dari pengadaan listrik, air, perabotan, dan lain-lain. Anggarkan  budget yang untuk hal tersebut.
  • Hitung dan kalkulasikan berapa banyak pengeluaran biaya yang Anda perlukan untuk surat izin bangunan dan usaha, akte jual beli, pajak dll.

Hmm, ternyata banyak yaa yang harus Anda lakukan. Apakah Anda tidak ingin repot mengurus pembangunan Ruko Anda sendiri, serahkan semuanya pada kami, Renovasik akan memberikan yang terbaik untuk Anda.

Kontak Kami