Panduan

Perhatian - Inilah 6 Prinsip Desain Ruang Kamar Mandi Yang Harus Anda Ketahui!



Ruang kamar mandi tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan badan. Lebih dari itu, ruangan ini bisa menjadi tempat rileksasi setelah menjalankan segala aktivitas sibuk disepanjang hari.

Ruang kamar mandi juga menjadi cerminan dari kepribadian sang penghuni. Oleh karena itu, desain ruang kamar mandi pun cukup penting untuk diperhatikan.

Tidak harus mewah, elegan ataupun berukuran luas, ruang kamar mandi setidaknya harus terasa bersih dan nyaman saat Anda gunakan.

Dan langsung saja, berikut ini adalah 8 prinsip desain ruang kamar mandi ala Renovasik yang penting untuk Anda ketahui. Dan ketika Anda memahami semuanya, Anda bisa segera langsung mengaplikasikannya pada ruang kamar mandi dirumah Anda.

1. Mendapatkan Akses Cahaya Matahari Langsung

Pencahayaan pada ruang kamar mandi seringkali kerap diabaikan. Orang-orang, pada umumnya, kerapkali hanya memilih untuk memasang jendela berukuran kecil pada ruangan ini.

Namun yang harus Anda tahu, pencahayaan alami yang melimpah sangat dibutuhkan untuk ruangan ini, terlebih lagi jika ruangan ruang kamar mandi berukuran kecil.

Apa alasannya? Cukup simpel. Cahaya matahari akan membantu Anda lebih rileks dan menjaga ruangan supaya tidak terlalu lembap.

Ruang kamar mandi pun tentunya akan semakin bertambah nyaman dengan masuknya pencahayaan alami. Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan jendela berukuran besar, Anda dapat memasang skylight.

2. Penerangan Lampu Yang Cukup

Meski telah mendapatkan akses cahaya matahari secara langsung dan optimal, bukan berarti penerangan diruang kamar mandi bisa Anda abaikan.

Pemasangan lampu dengan penerangan yang cukup tetap Anda butuhkan untuk menerangi aktivitas pada ruang kamar mandi, terutama disaat sore maupun malam hari.

Pilihlah penerangan atau lampu yang tahan terhadap cipratan air maupun uap. Anda dapat menempatkan lampu pada area penting semisal area wastafel ataupun kloset.

3. Sediakan Rak & Kabinet Sebagai Tempat Penyimpanan

Anda pastinya sudah tahu bahwa, baik peralatan ataupun perlengkapan ruang kamar mandi jumlahnya cukup banyak. Mulai dari sabun, sikat dan pasta gigi, handuk, mantel mandi, pewangi ruangan, bahkan sampai mainan untuk bermain anak-anak Anda.

Untuk itu, tempat penyimpanan sangatlah dibutuhkan. Tanpa tempat penyimpanan yang memadai, peralatan dan perlengkapan akan membuat ruang kamar mandi Anda terlihat berantakan.

Tempat penyimpanan ini bisa berupa rak, kabinet mini berlaci ataupun hanya sekedar keranjang. Dengan benda-benda ini, peralatan dan perlengkapan ruang kamar mandi dapat tersimpan dengan rapi dan membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman.

4. Sesuaikan Peralatan Dengan Ruang Kamar Mandi

Tak semua rumah hunian memiliki ruang kamar mandi berukuran luas. Jika ruang kamar mandi berukuran mungil, sebaiknya Anda janganlah terlalu memaksakan diri untuk memasukkan banyak peralatan.

Sesuaikan peralatan dengan kebutuhan dan ukuran ruang kamar mandi. Alih-alih menggunakan bak mandi, Anda bisa menggunakan shower untuk menghemat ruangan kamar mandi.

Ingat, terlalu banyak peralatan akan membuat ruang kamar mandi menjadi terasa lebih sesak, sehingga ruangan menjadi tidak lagi nyaman sebagai tempat untuk rileksasi.

5. Ciptakan Sudut Menarik Pada Ruangan

Untuk menghilangkan rasa jenuh disaat berada diruang kamar mandi, alangkah lebih baiknya Anda menciptakan sudut menarik pada ruangan. Hal ini tentu akan mendukung kegiatan rileksasi yang ingin Anda lakukan.

Sudut ini tentunya harus dapat mencuri perhatian hati, unik dan cantik. Misalnya, dengan menempatkan tanaman berdaun lebar yang Anda sandingkan dengan bangku mungil bergaya vintage pada sudut ruangan.

Atau, Anda dapat menempatkan botol-botol sabun menarik serta bunga anggrek cantik didekat wastafel. Renovasik jamin, sudut yang menarik ini akan mengubah wajah ruang kamar mandi Anda.

6. Utamakan Fungsi Optimal Ruang Kamar Mandi

Selain sedap dipandang mata, alangkah lebih baiknya, Anda mengutamakan fungsi optimal dari ruang kamar mandi.

Yes, pastikan ruang kamar mandi berfungsi dengan baik, mudah untuk dibersihkan serta dapat digunakan oleh siapa saja, baik oleh anak-anak maupun para orang tua.

Pastikan ruang kamar mandi sudah sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Utamakan terlebih dahulu hal-hal yang penting seperti lokasi kloset, kran air hingga bak mandi.

Anda juga dapat mempertimbangkan bagaimana peletakkan peralatan mandi agar mudah Anda gunakan. Tipsnya, untuk mengetahui dimana lokasi terbaik, Anda dapat memvisualisasikan atau mempraktekkan secara langsung bagaimana peletakkannya saat Anda sedang beraktivitas didalamnya.

Sudah dapat ide? Silahkan berkreasi!

Kontak Kami