Panduan

Percaya Feng Shui? Inilah 5 Tips Untuk Menata Taman Menurut Ilmu Negeri Tirai Bambu



Feng shui adalah sebuah ilmu topografi kuno yang berasal dari negeri tirai bambu, Cina. Feng shui merupakan sebuah ilmu yang meyakini unsur-unsur alam, yang dimana, bila kita dapat mengelolanya dengan baik, kita dapat menciptakan keselarasan atau keharmonisan dalam kehidupan. Nah, kenapa Renovasik ingin membahasnya di artikel kali ini? Tidak lain dan tidak bukan, karena ilmu ini kerapkali diterapkan dalam menata atau mendirikan bangunan.

Apakah para Sahabat tahu, ilmu ini tidak hanya untuk diaplikasikan didalam ruangan saja? Benar, feng shui pun juga bisa diaplikasikankan saat Anda berniat untuk menata area diluar ruangan rumah, misalnya seperti taman. Penataan taman yang dilakukan menurut ilmu feng shui dipercaya dapat memberi energi yang baik dan positif bagi rumah hunian Anda.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan energi yang baik dan positif melalui taman di rumah Anda? Tidak perlu berpanjang lebar, dilansir dari laman Mind Body Green, inilah 5 cara untuk menata taman menurut ilmu negeri tirai bambu tersebut.

1. Mengoptimalkan Lima Unsur Feng Shui

Bagi Anda yang belum tahu, dalam ilmu feng shui dikenal lima unsur alam, apa saja kelima unsur tersebut? Unsur terebut dimulai dari unsur air, api, tanah, kayu dan logam. Dan, dengan memasukkan semua unsur ini ke dalam taman di rumah hunian Anda, rumah akan dapat menghasilkan dan menerima keseimbangan dan keharmonisannya dengan baik.

- Unsur Air

Anda bisa menambahkan lebih banyak unsur air ke dalam taman dengan cara membuat air mancur kecil atau air dalam hiasan mangkuk yang indah dan menempatkannya disana.

- Unsur Api

Pencahayaan sinar mentari yang baik adalah unsur api alami yang dapat Anda optimalkan untuk taman dirumah Anda. Namun, jika Anda ingin lebih mengoptimalkannya, Anda dapat menempatkan daun berbentuk segitiga atau tanaman yang memiliki aksen berwarna merah.

- Unsur Tanah

Anda bisa memasukkan lebih banyak unsur tanah dengan menggunakan dan menempatkan bebatuan di taman. Anda boleh menempatkan batu besar ataupun batu kecil seperti kerikil, bahkan, Anda dapat menempatkan pot keramik disana. Untuk warna, pada umumnya unsur tanah didominasi dengan warna kuning maupun cokelat.

- Unsur Kayu

Jika Anda telah menempatkan tanaman hijau atau pepohonan pada taman dirumah hunian Anda, kemungkinan besar Anda sudah menempatkan unsur kayu pada taman. Mudah sekali bukan?

- Unsur Logam

Warna dominan untuk unsur logam adalah warna putih. Inilah alasan baik untuk menanam tanaman atau semak-semak dengan bunga berwarna putih. Anda juga dapat mengkombinasikan logam dengan lebih harfiah, misalnya dengan menempatkan lonceng angin ditaman.

 

2. Mengaplikasikan Aturan Peta Bagua

Peta bagua adalah peta feng shui. Peta ini pada umumnya digunakan untuk area didalam rumah, namun, meskipun demikian, sembilan area peta bagua dapat diaplikasikan pula pada taman dirumah Anda.

Anda dapat memfokuskan diri pada salah satu area peta bagua, lalu menanam tanaman yang sesuai dengan warna yang ingin Anda tempatkan pada taman Anda. Misalnya, bila Anda berniat menumbuhkan energi cinta kasih untuk area taman dan rumah, Anda bisa menambahkan lebih banyak warna merah jambu, merah tua, kuning dan oranye ke area bagua.


3. Mempertahankan Aliran Mengalir Dalam Garis Yang Melengkung

Dari cerita rakyat legenda dari negeri Cina, diceritakan bahwa roh jahat hanya bisa berjalan dalam gerak garis lurus. Karena itulah, seringkali kita melihat, taman Cina memiliki jalan yang berkelok-kelok, hal ini, memang tidak lain dan tidak bukan, bertujuan untuk memberikan efek perlindungan pada anggota keluarga.

Yesss, menurut ilmu Feng Shui, jalur yang berkelok-kelok akan lebih membawa energi yang bebas dan positif.

 

4. Jangan Biarkan Cabang Pepohonan Menyentuh Rumah

Selain hal-hal yang harus Anda lakukan, menurut Feng Shui, Anda pun juga perlu memperhatikan hal-hal yang dilarang untuk dilakukan, misalnya, salah satunya adalah tentang keterkaitan cabang pohon yang menyentuh rumah.

Benar, jangan biarkan cabang pohon menyentuh rumah. Tidak apa-apa bila itu adalah tanaman hias, bunga maupun tanaman hijau lainnya, namun bila cabang pepohonan, Anda harus segera memangkasnya.

 

5. Jangan Mengelompokkan Sesuatu Dalam Bilangan Genap

Yang terakhir, selain cabang pohon, alangkah baiknya bila Anda juga tidak mengelompokkan sesuatu dalam bilangan genap. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengelompokan barang dalam angka selain tiga maupun lima.

Apa alasannya? Tiga dan lima diyakini memiliki chi yang lebih lembut dan dinamis.

Kontak Kami