Panduan

Panduan Menata Taman Rumah Dengan Suara Gemericik Air yang Mendamaikan Jiwa



Apakah Anda berniat menata taman dihalaman agar rumah yang Anda tinggali saat ini menjadi semakin indah? Bila YA, Anda bisa mencoba saran kami kali ini, yaitu dengan menambahkan fitur air yang dapat menambah suasana rumah menjadi semakin sejuk, dan sekaligus secara ilmu psikologi dapat mendamaikan jiwa, menenangkan batin setelah seharian sibuk bekerja.

Taman yang memiliki fitur air memang dapat mendamaikan jiwa bagi mereka yang melihat dan mendengarnya, seakan-akan air adalah salah satu unsur kehidupan yang memang memiliki daya magis yang powerful untuk menyihir suasana disekitar rumah menjadi lebih teduh dan tenang.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membangun fitur air di taman, Anda juga perlu mempertimbangkan apa sebenarnya tujuan yang ingin Anda hasilkan dari membangun fitur air tersebut. Apakah Anda menginginkan atmosfer taman yang tenang dan meditatif, atau hanya sekedar ingin membangun taman hijau alami layaknya taman eden?

Mengutip dari laman web Landscape and Garden, selain dapat memanjakan indra penglihatan dan pendengaran yang selalu memikat hati, air yang bergerak menyajikan background irama musik alam yang juga dapat mendamaikan hati dan jiwa. Itulah alasan sederhana kenapa Renovasik ingin membahasnya dipostingan kali ini.

Ngomong-ngomong, dari tadi kita membicarakan tentang fitur air ditaman, apa sih sebenarnya fitur air ditaman, apa saja contohnya? Menilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, fitur adalah karakteristik yang terdapat pada suatu hal. Sehingga yang dimaksud dengan fitur air disini adalah penambahan karakteristik air pada taman dihalaman rumah, misalnya dengan menambahkan fitur kolam air mancur, air terjun mini atupun hanya sekedar kolam ikan hias ditaman.

Dengan adanya penambahan fitur air ditaman halaman rumah, Anda bisa membayangkan betapa nyamannya saat Anda berjalan-jalan disana. Anda dapat melihat cahaya sinar mentari yang memantul dari permukaan air, mendengar suara gemericik sekaligus mencium aroma bunga teratai tropis yang tumbuh dipermukaan. Begitu meditatif, begitu menenangkan.

Lantas, kira-kira mahal tidak yaa biaya pembuatannya? Tentu saja semua tergantung dari besar jumlah uang yang Anda miliki. Budget Andalah yang akan menentukan jenis fitur air apa yang cocok untuk Anda bangun di taman. Semakin banyak dan semakin komplek fiturnya, tentu akan semakin banyak biaya yang harus Anda keluarkan, misalnya, fitur air yang kompleks seperti air terjun dan air mancur di halaman jelas akan jauh lebih mahal biaya pembuatannya bila dibandingkan dengan kolam taman alami plastik yang sederhana.

Ingat-ingat juga untuk memperhitungkan biaya-biaya tersembunyi seperti biaya pemakaian listrik dan air untuk menjaga agar pompa air tetap berjalan dan selalu mendapatkan pasokan air bersih. Jika Anda menggunakan pompa untuk menyalakan air mancur, air terjun ataupun filter, sangat direkomendasikan untuk menggunakan colokan rangkaian rumah tangga yang berada diluar sekaligus didekat kolam pada halaman.

Bagaimana dengan pemeliharaannya? Tentu saja, semua jenis taman kolam, berapapun ukurannya tetap membutuhkan pemeliharaan sepanjang waktu? Mulai dari pembersihan, pengisian air, perawatan tanaman dan lain-lain.

Selain sebagai hiasan, Anda pun dapat menambahkan ikan yang bermanfaat untuk membersihkan kotoran pada kolam. Kehadiran mereka juga dapat membantu mengendalikan pertumbuhan jentik nyamuk dan serangga lainnya. Dan bila Anda berniat menambahkan tanaman air pada kolam, pastikan tanaman tidak boleh menutupi lebih dari 50-60% dari permukaan air.

Atmosfer taman pun juga perlu untuk Anda pertimbangkan, apakah kolam taman mendapatkan pencahayaan alami secara penuh atau berada ditempat yang teduh? Karena apa? Karena sebagian besar tanaman air ada yang membutuhkan tempat dengan pencahayaan alami selama 5 hingga 8 jam, berbanding terbalik dengan tempat yang teduh dimana pilihan tanaman air yang bisa Anda pilih sangatlah terbatas.

Jadi, bila Anda menginginkan kolam Anda dihiasi bunga lili air, maka Anda membutuhkan pencahayaan alami penuh selama 6 jam. Begitupun juga jika Anda ingin memelihara ikan Koi.

Sahabat Renovasik, sekarang Anda sudah siap membangun fitur air di halaman rumah, cukup mudah dan praktis bukan? Bila Anda sudah mengikuti saran diatas, sekarang saatnya Anda untuk menikmati suasana tenang yang dapat mendamaikan jiwa setelah seharian bekerja dan beraktifitas. Teduh …

Kontak Kami