Panduan

Menurut Feng Shui Modern – Ini 5 Tips Desain Ruang Kantor Rumah Supaya Karier Makin Sukses!



Disaat bekerja dari rumah (Work From Home) digalakkan disaat pandemi ini, apakah Anda tahu hal apa saja yang suka mengganggu produktivitas Anda selama bekerja?

Benar, salah satu gangguannya adalah karena Anda tidak memiliki ruang khusus untuk bekerja dirumah Anda. Belum lagi ditambah dengan rasa penat, baik secara fisik maupun mental seusai melakukan online zoom meeting yang dilakukan secara terus menerus. Nah, demi mempertahankan kinerja dan produktivitas Anda agar selalu prima, inilah saat yang tepat untuk memperbarui sudut ruang kerja di rumah agar Anda semakin nyaman dalam bekerja. Sudah siap? Tentunya yaaa…

OK. Tips Renovasik kali ini akan mengupas tentang desain ruang kantor rumah yang berlatar dari 2 keilmuan, yaitu perpaduan antara ilmu desain interior dan Feng Shui Modern. Harapan besarnya, tentu saja dari kombinasi keduanya, selain mendukung produktivitas Anda dalam bekerja, hal ini juga akan membantu meningkatkan kualitas hidup Anda dan keluarga.

Lalu, apa saja tips desain menurut ilmu Feng Shui Modern yang dapat Anda aplikasikan untuk membuat suasana bekerja di rumah menjadi lebih terasa baru dan segar? Semakin penasaran? Yuk mari kita mulai membacanya.

1. Pilihlah Sudut Rumah Terbaik

Ruang kerja yang terletak disudut ruangan dan bernuansa hening adalah ruang kerja terbaik, alasannya pun cukup simpel, karena sudut ruangan ini minim akan gangguan. Selain memanfaatkan sudut ini, Anda pun dapat memanfaatkan ruang kamar tidur tamu yang semakin jarang digunakan selama masa pandemi ini sebagai ruang kantor baru Anda.

Posisi tempat duduk terbaik menurut Feng Shui adalah membelakangi dinding solid yang mewakili energi positif bagi karier dan pekerjaan. Bagi Anda yang tinggal dirumah dengan lahan berukuran terbatas, Anda dapat mensiasatinya dengan menciptakan batas semu dengan menggunakan partisi untuk meminimalisir gangguan selama Anda bekerja.

2. Pastikan Ruang Mendapatkan Pencahayaan Yang Cukup

Pencahayaan dengan terang yang cukup dan merata pada seluruh ruangan akan membuat mata Anda menjadi tidak mudah lelah letih disaat bekerja. Saran Renovasik, Anda dapat menggunakan lampu bertipe atau berwarna putih hangat (warm white - 3000 Kelvin). Supaya Anda semakin fokus dalam bekerja, Anda pun dapat menambahkan task light seperti lampu meja yang diletakkan diatas meja kerja Anda.

Lalu bagaimana dari sisi Feng Shui? Anda dapat membersihkan energi negatif pada ruang kerja yang gelap, dengan membuat ruangan mendapatkan pancaran cahaya alami atau matahari selama 3 bulan atau lebih… Bagaimana caranya? Simpel. Anda dapat memasang jendela atau skylight diatas ruang kerja Anda. Mudah sekali bukan?

3. Gunakan Perpaduan Warna-Warna Lembut

Untuk warna, tren warna pada ruang kerja yang sedang menanjak dimasa modern ini adalah warna-warna lembut. Contohnya seperti kombinasi dari warna-warna terang maupun warna-warna lembut. Pengaplikasiannya pun cukup mudah, misal dengan menggunakan perpaduan warna-warna netral seperti warna putih, abu-abu dan krem yang dipadukan dengan aksen warna cerah. Namun, jika Anda masih pemula atau newbie dalam hal ini, Anda dapat menghadirkan aksen melalui aksesori mini interior seperti karpet, cushion maupun lukisan diruang kerja Anda.

Bagaimana dari pandangan Feng Shui? Di tahun kerbau logam ini, palet warna dalam elemen kayu memiliki bentuk sinergi yang bagus dengan kehidupan dengan kondisi seperti disaat ini. Apa alasannya? Karena mampu memberikan suntikan hawa segar dan membawa keberuntungan didalam karier dan pekerjaan Anda.

4. Berantakan? Tambahkan Ruang Penyimpanan!

Ruang kerja dirumah terlihat berantakan jika Anda tidak memiliki lemari penyimpanan tersendiri. Anda tidak mau kan membuat meja kerja Anda terlihat berantakan karena penuh dengan barang-barang? Tentu saja tidak, karena hal itu justru akan menyebabkan Anda terganggu disaat bekerja. Jadi milikilah lemari penyimpanan seperti kabinet dll agar barang-barang Anda tersimpan dengan baik.

Ngomong-ngomong soal berantakan, Feng Shui pun tidak setuju terhadap hal ini. Apa pasalnya? Karena menumpuk barang-barang yang tidak berguna juga akan menumpuk energi negatif terkumpul diruang kerja Anda.

5. Tambahkan Tanaman Sebagai Peneman Kerja

Hadirnya tanaman hijau diruang kerja adalah penambah vitamin K(esegaran) bagi Anda, karena akan membuat Anda semakin segar disaat bekerja. Bentuk tanaman hijau ini dapat berupa tanaman yang Anda taruh dipot kecil yang diletakkan diatas meja kerja, dilantai atau digantungkan pada dinding.

Dari sisi Feng Shui, Anda dapat memilih tanaman aglonema. Warna aglonema yang indah dianggap menyimbolkan kehidupan karier yang juga indah. Selain aglonema, Anda dapat memilih kemuning atau wijaya kusuma sebagai pilihan alternatifnya. Namun ingat, tanaman seperti kaktus dan mawar dianggap tidak cocok ditempatkan pada ruang kerja, tanaman penuh duri ini kerapkali diartikan sebagai kehidupan yang penuh dengan intrik dan kurang menyenangkan.

Kontak Kami