Panduan

Mau Rumah Aman & Menyenangkan? Pilih Model Kamera CCTV Yang Tepat!



Hallo Sahabat Renovasik, seperti yang telah banyak orang sadari, keamanan tempat tinggal juga merupakan faktor penting untuk mendapatkan kenyamanan dalam beraktivitas dan beristirahat didalamnya. Salah satu cara untuk mendapatkan keamanan di era digital seperti sekarang ini adalah dengan menggunakan Kamera CCTV. Pemanfaatan kamera CCTV  (Closed Circuit Television) pada sistem keamanan tempat tinggal semakin banyak penggunaannya karena investasi yang harus dikeluarkan untuk mendapatkannya juga semakin terjangkau. Kamera CCTV biasanya dimanfaatkan untuk tujuan memonitoring serta mengawasi suatu area baik didalam maupun diluar rumah, contohnya untuk memonitoring aktivitas anak, perilaku pengasuh anak, bahkan hingga untuk melindungi barang-barang berharga dari para pelaku kriminalitas. Lalu, bagaimana cara untuk memilih kamera CCTV rumah yang baik? Untuk kali ini Renovasik akan mengupasnya secara detail.

Baiklah, langsung saja. Untuk memilih kamera CCTV yang pas dan tepat sesuai kebutuhan, Sahabat Renovasik (mungkin) akan cukup merasa bingung mengingat banyaknya jenis kamera CCTV yang saat ini tersedia di pasaran Indonesia. Dibawah ini ada beberapa hal penting yang bisa dan perlu Anda pertimbangkan dalam  memilih model kamera CCTV yang pas dan tepat untuk sistem keamanan di rumah Anda.

Kamera CCTV untuk di dalam ruangan ataupun di luar ruangan

Saat berniat untuk menempatkan kamera CCTV diluar ruangan, Anda perlu untuk mempertimbangkan untuk memiliki model kamera CCTV yang mempunyai kemampuan monitoring di saat malam hari (night vision). Pada umumnya kamera CCTV luar ruangan memang mempunyai fitur night vision ataupun infrared supaya tetap dapat memonitoring aktivitas rumah di saat malam hari. Begitu pun juga sebaliknya, jika Anda hanya menginginkan monitoring aktivitas di dalam ruangan, Pengunaan kamera CCTV indoor cukup tanpa membutuhkan fitur infrared. Namun yang perlu untuk Anda perhatikan, jika ruangan yang ingin dimonitoring keadaannya gelap, menggunakan CCTV indoor dengan fitur infrared mungkin saja perlu Anda pertimbangkan.

Kamera CCTV luar ruangan juga mebutuhkan kualitas material yang cukup baik supaya tetap dapat beroperasi dalam berbagai kondisi, baik panas maupun dingin, serta mampu beroperasi dalam segala cuaca apapun juga.

Kamera CCTV tersembunyi atau tidak tersembunyi

Kamera CCTV tersembunyi adalah pilihan yang paling Renovasik rekomendasikan jika Anda menginginkan keberadaan kamera yang tidak dapat diketahui oleh orang lain. Pada umumnya, ukuran kamera CCTV tersembunyi biasanya lebih kecil bila dibandingkan dengan kamera biasa. Namun, pemasangan kamera tersembunyi akan jauh lebih tidak mudah karena memerlukan pertimbangan untuk fitur dekoratif lainnya.

Kamera CCTV tersembunyi mungkin merupakan sistem CCTV yang paling baik untuk memonitoring aktivitas didalam rumah. Beberapa kasus tindakan kriminal didalam rumah berhasil diungkap oleh pihak kepolisian karena sang pelaku tidak menyadari bahwa tindak tanduk aksinya terekam oleh kamera sehingga jadi lebih sulit untuk menutupi bukti-bukti dari tindak kejahatannya. Selain hal itu, pelaku kriminalitas tidak akan mengetahui dimana titik tak terlihat (blank spot) pada kamera CCTV. Hal ini akan meningkatkan keefektifan dan keefisienan Kamera CCTV yang jumlahnya terbatas.

Kamera CCTV Nirkabel atau Kabel

Mungkin ada sebagian Sahabat Renovasik disini mengetahui bahwa ada dua jenis kamera, yaitu nirkabel ataupun kabel. Kamera CCTV kabel biasanya tidak mudah untuk Anda pasang karena Anda perlu memastikan bahwa semua kabel berada di tempat yang pas dan tepat serta tidak mengganggu dekorasi di rumah Anda. Kamera kabel memiliki kelebihan pada kualitas gambar yang lebih baik bila dibandingkan dengan kamera nirkabel. Sebaliknya kamera nirkabel lebih praktis dan efisien serta memiliki fleksibilitas yang tinggi dan mudah dipindahkan serta ditempatkan di mana saja. Kamera nirkabel pada umumnya memerlukan baterai yang perlu diganti setiap waktunya. Kelemahannya, kamera nirkabel juga cukup rentan terhadap problem jaringan, penggunaan perangkat lain dalam ruangan yang sama pun bisa mempengaruhi kinerja kamera CCTV.

Kamera CCTV Analog atau IP camera

Kamera CCTV pada umumnya terbagi menjadi dua, yaitu kamera analog/manual maupun kamera digital (IP Camera). Kamera digital relatif lebih mudah untuk pemasangannya karena Anda bisa langsung menghubungkannya ke perangkat komputer atau smartphone menggunakan akses internet. Kamera analog memerlukan penggunaan alat tambahan yang disebut Digital Video Recorder (DVR) yang bekerja untuk merekam video serta memberikan akses ke perangkat komputer atau smartphone Anda.

Walaupun harga satuan dari kamera analog bisa lebih terjangkau dibandingkan dengan kamera digital, harga perangkat DVR pada umumnya merupakan komponen termahal pada sistem kamera CCTV analog. Oleh sebab itu, adanya perangkat DVR membuat kamera CCTV analog hanya efisien untuk jumlah CCTV yang banyak (minimal lebih dari 4 buah kamera). Untuk penggunaan kamera CCTV sebanyak satu atau dua buah saja mungkin akan lebih efektif dan efisien bila menggunakan digital kamera karena dapat digunakan satuan serta memiliki fitur akses langsung ke komputer dan internet tanpa perangkat tambahan.

Kamera CCTV Offline atau Kamera Online

Saat Sahabat Renovasik mendambakan untuk dapat memonitoring kamera CCTV dari mana saja pada saat yang sama secara live dan real-time, pastikan untuk melakukan instalasi secara online dimana kamera CCTV terhubung dengan jaringan internet, baik koneksi secara langsung maupun melalui perantara PC atau komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet. Bahkan, dengan memanfaatkan aplikasi tertentu pada smartphone Anda, Anda tetap dapat memantau kamera CCTV dimanapun Anda berada.

Namun kekurangannya, kamera online dapat menimbulkan problema keamanan, bila ada orang lain yang tidak berhak untuk mengakses hasil rekaman kamera, justru dapat memonitoring keadaan rumah, yang kemudian dapat digunakan untuk tindak kriminalitas. Pemilihan merek kamera CCTV dan pengaturan (setting) password untuk keamanan juga sangat penting untuk menjamin privasi hasil rekaman CCTV Anda. Pilihlah password unik yang tidak mudah untuk ditebak oleh orang lain dan menggantinya secara berkala.

Pilihlah Kamera CCTV Yang Awet & Tahan Lama

Faktor yang lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah, apakah kamera CCTV yang Anda pilih awet dan tahan lama terhadap perubahan kondisi cuaca? Tentu saja ini adalah hal yang cukup penting, terutama jika Anda hendak menggunakannya di luar ruangan. Karena itu, kamera CCTV yang Anda gunakan juga harus tahan air dan cukup aman untuk bertahan dari efek angin, hujan ataupun faktor eksternal lainnya.

Demikian Sahabat Renovasik, semoga ulasan kali ini dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih model kamera CCTV yang Anda dambakan namun tetap efektif dan efisien dalam melindungi harta atau peristiwa di rumah maupun di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. Tetap bersama Renovasik untuk info-info bermanfaat tentang rumah dan lainnya yaa.

Kontak Kami