Panduan

Mau Membangun Rumah Minimalis Dengan 4 Ruang Kamar Tidur di Lahan 8x12m? Ini Tipsnya!



Memiliki lahan sempit, tidak harus menjadikan Anda tidak kreatif dalam membangun rumah hunian yang Anda idam-idamkan. Anda tetap bisa memiliki rumah impian Anda tersebut.

Yes, benar.
Bagi Anda, para Sahabat Renovasik yang saat ini memiliki niat untuk membangun rumah minimalis dilahan sempit, Anda sangat beruntung, karena Anda sudah datang untuk membaca artikel yang tepat…

Apakah Anda tahu, membangun rumah minimalis dengan empat ruang kamar tidur bukanlah hal yang tidak mungkin untuk diwujudkan? Benar, Anda dapat mewujudkannya cita-cita Anda tersebut. Hanya saja, untuk membuatnya terwujud, Anda memerlukan detail ruangan yang lebih mendalam sehingga semua ruangan yang Anda inginkan, dapat Anda bangun.

Apa saja ruangan yang dapat Anda bangun pada lahan 8x12m? Mulai area carport, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang kamar tidur utama yang dilengkapi dengan kamar mandi, tiga ruang kamar anak, kamar Asisten Rumah Tangga (ART), gudang, dapur, hingga ruangan untuk mencuci dan menjemur pakaian. Berapa dana yang dibutuhkan untuk mewujudkan semuanya? Anda perlu mempersiapkan budget sekitar 530-670jutaan.

Sudah siap? Renovasik lanjutin yaah….

Rumah minimalis dengan konsep empat ruang kamar keluarga plus ruang kamar untuk Asisten Rumah Tangga (ART) di lahan 8x12m memang membutuhkan pemikiran yang cukup detail, terutama dibagian desainnya. Apalagi bila lantai satu sudah terisi oleh berbagai macam ruangan, misalnya ruang tamu, ruang menonton TV, ruang makan, dapur, serta ruang kamar tidur untuk Asisten Rumah Tangga.

Lalu bagaimana solusinya?

Sederhana saja, bangun rumah bertingkat dua. Benar, supaya semuanya dapat berfungsi secara maksimal, Anda dapat menempatkan ruang keluarga berserta ruang-ruang kamar tidur lainnya dilantai ini. Ruang keluarga ini difokuskan untuk kegiatan seperti belajar atau bermain bersama.

Bagaimana dengan lantai satunya? Lantai satu hanya untuk menjadi area pusat keluarga berkumpul, makan dan menonton acara TV kesayangan.

Ruang Makan Berfungsi Ganda

Dalam rancangan desain Renovasik kali ini, Anda membutuhkan ruang makan dengan ukuran yang cukup besar. Ruangan ini akan memiliki fungsi ganda, selain sebagai ruang tempat makan, juga sebagai area bersantai bersama keluarga. Karena fungsi ganda tersebut, pilihan furnitur pun, seperti meja dan kursi, tidak harus hanya bersifat fungsional, namun juga memberikan kesan nyaman dan santai.

Taman Belakang Rumah

Untuk bagian belakang rumah, Anda dapat memaksimalkan fungsi taman sebagai sarana agar Anda dan keluarga tetap mendapatkan udara dan suasana yang segar. Selain itu Anda pun dapat menyisihkan sedikit ruang disini untuk menjemur pakaian.

Atap Model Segitiga Hunian Tropis

Untuk bagian atap rumah, Anda tetap dapat menggunakan atap model segitiga, yang tetap mencerminkan desain hunian tropis pada umumnya, terutama di Indonesia. Sebagian atap, terutama di bagian depan menggunakan beton cor. Sedangkan bagian belakangnya, Anda dapat menggunakan genteng flat pada atap. Meskipun demikian, Anda pun tetap boleh merancang atap secara berbeda dan modern.

Mau bangun rumah dengan sistem cicilan dan tanpa repot? Pilih Renovasik dong.

Kontak Kami