Panduan

Mau Melakukan Renovasi Rumah? Ikuti Tips Renovasik Agar Isi Rekening Tetap Asyik!



Melakukan renovasi rumah seringkali menjadi kendala bagi sebagian orang yang berniat melakukannya namun tersandung problema biaya. Salah satu hal yang harus mereka hadapi adalah kebutuhan budget yang cukup besar yang harus mereka sediakan... Tentunya sudah banyak orang yang juga menyadari hal ini.

Namun apakah Anda tahu, ada solusi praktis yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini? Solusinya tersedia dan mudah untuk Anda lakukan… Mudah? Yesss, benar sekali. Karena Anda hanya perlu menimbang-nimbang beberapa aspek penting untuk menekan biaya renovasi yang dibutuhkan rumah Anda.


Tips Praktis Supaya Budget Renovasi Rumah Sesuai Isi Rekening

Renovasi rumah adalah salah satu hal umum yang biasa dilakukan oleh pemilik rumah saat menyadari bahwa rumah telah rusak dan butuh perbaikan, atau karena sudah jenuh dengan desain interior dan eksterior rumah lamanya. Jelas sekali hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak dapat melakukannya secara sembarangan. Salah melakukan renovasi justru akan membuat rumah Anda menjadi tempat tinggal yang tidak nyaman untuk dihuni.

Karena hal ini juga, tidak jarang banyak orang yang rela menguras isi rekening untuk memiliki tempat tinggal impian mereka. Padahal, renovasi rumah tidak selalu harus identik dengan mengeluarkan uang berjumlah besar dan banyak. Benar, Anda juga dapat melakukannya meski hanya memiliki budget terbatas.

Mau tahu bagaimana caranya? Babat artikel Renovasik kali ini sampai habis…


Menciptakan Skala Prioritas

Cara paling awal yang harus Anda lakukan supaya budget renovasi tidak membengkak adalah dengan menciptakan skala prioritas. Disini, Anda layak untuk mematuhi dan bertanggungjawab penuh pada Renovasi yang telah Anda rencanakan sebelumnya.

Jangan ikuti saran dan arahan dari tukang, karena apa? Salah-salah bisa menyebabkan budget hilang tak berbekas ditelan bumi meski renovasi belum terpenuhi.

Dari sinilah Anda akan menyadari pentingnya menciptakan skala prioritas. Contohnya, bila sedari awal tujuan renovasi Anda adalah merenovasi ruang dapur, menambah ruang kamar tidur anak, atau meningkat rumah, maka lakukanlah sesuai dengan yang telah Anda rencanakan.

Abaikan semua godaan yang datang secara tiba-tiba dan muluk. Godaan kerapkali timbul saat Anda hendak menyelesaikan renovasi rumah, misalnya tiba-tiba Anda ingin menambah meja makan atau buffet, menambah meja belajar untuk anak, menghiasi dinding dengan wallpaper dll.

Jika Anda kurang fokus pada skala prioritas, budget yang akan dikeluarkan bisa-bisa meledak dari yang telah direncanakan.

 

Memanfaatkan Bahan Bangunan Lama Yang Masih Layak Guna

Cara kedua supaya budget renovasi rumah menjadi lebih terjangkau adalah dengan memanfaatkan bahan bangunan lama yang masih layak guna. Bahan bangunan lama? Benar, contohnya seperti pintu, jendela, genteng, peralatan sanitasi dan sejenisnya.

Pada umumnya, saat melakukan renovasi Anda akan masih memiliki beberapa bahan bangunan lama yang tidak terpakai. Anda bisa memanfaatkan bahan bangunan tersebut dengan menggunakannya kembali. Supaya terlihat baru, Anda bisa melakukan cat ulang atau memulasnya dengan politer atau vernis.

Jika Anda memiliki marmer bekas, jangan langsung Anda buang, pecahan marmer tersebut dapat lebih mempercantik bangunan ataupun desain interior rumah Anda.

Benar, tak ada salahnya jika Anda menggunakan bahan bangunan lama yang masih layak guna. Kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan selain biaya renovasi rumah yang lebih terjangkau, Anda juga menjadi bebas untuk menyalurkan kreativitas Anda.

 

Memilih Tukang Bangunan Berkualitas

Memilih tukang bangunan yang berkualitas dan berpengalaman tentu saja menjadi cara penting ketiga yang tidak boleh Anda lewatkan. Hal ini akan menjadi salah satu penentu kesuksesan dalam merenovasi rumah.

Meskipun memiliki budget seadanya, jika Anda dapat memilih tukang bangunan yang berkualitas, tentunya akan membuat Anda memiliki banyak keuntungan. Tukang bangunan semacam inilah yang dinilai lebih baik dibandingkan dengan kontraktor yang menawarkan harga yang murah, namun bisa jadi kurang dalam pengalaman.

Itulah alasan kenapa Renovasik selalu memilih mandor dan tukang bangunan berkualitas dan memiliki skill yang baik.

 

Menghitung Rencana Budget Renovasi

Menghitung rencana budget merupakan cara keempat yang bisa Anda lakukan untuk tetap dapat menyelesaikan proses renovasi rumah dengan baik. Anda dapat membuat membuat perhitungan rencana budget renovasi sendiri. Namun, bila Anda belum dapat melakukan semuanya secara mandiri, lagi-lagi Anda dapat menggunakan jasa kami.

Benar sekali, Anda dapat melakukannya bersama Renovasik agar perhitungan budget Renovasi semakin matang. Seperti layaknya berkonsultasi dengan Sahabat secara tatap muka, Anda juga dapat berkonsultasi dengan Renovasik secara online di beberapa media yang tersedia, seperti zoom dll.

Disini, kami akan membantu Anda membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang sesuai dengan jenis material serta komponen pekerjaan dari rumah yang Anda impikan. Bila dana yang Anda miliki masih belum cukup, Anda bisa mengajukan sistem mengangsur untuk memenuhi segala kebutuhan renovasi rumah Anda.


Mulai sekarang, kalo mau Renovasi, ingat Renovasik. Renovasi dan Isi Rekening tetap asyik. Sip.
 

Kontak Kami