Panduan

Mau Beli Atau Sekedar Sewa Apartemen? 4 Tips Praktis Ini Layak Untuk Anda Ingat!



Apakah Anda tahu, membeli atau menyewa apartemen ditengah kota-kota besar, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan kota-kota lainnya di Indonesia, dianggap mempunyai nilai lebih atau nilai plus tersendiri.... Jika YA jawabannya, apa Anda tahu alasannya? Ternyata jawabannya simpel saja, karena tempat tinggal seperti apartemen sangat dekat dengan fasilitas yang dibutuhkan bagi mereka yang disibukkan dengan pekerjaan dengan mobilitas tinggi.

Dan setelah dilakukan jajak pendapat atau survey, diketahui bahwa sudah banyak diantara generasi muda saat ini yang lebih memilih untuk membeli atau sekedar menyewa apartemen sebagai tempat tinggal sementara mereka dikota-kota besar.

Hal ini tentu saja didasarkan oleh pertimbangan pasti bahwa menempati apartemen ditengah kota dianggap memiliki nilai lebih, benar, salah satunya adalah karena dekat dengan aktivitas sehari-hari mereka. Alasan lainnya, mereka bisa mendapatkan beragam penawaran harga serta fasilitas didalam lingkungan apartemen.

Untuk mereka yang sekedar memilih apartemen sebagai tempat tinggal sementara, harga sewa apartemen yang jauh lebih terjangkau serta kemudahan dalam perawatan juga menjadi pertimbangan bagi mereka yang ingin dan berniat tinggal dihunian berjenis vertikal ini.

Jika Anda sudah mantab untuk menempati apartemen idaman Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika Anda berniat untuk membeli atau sekedar menyewanya... Apa saja hal tersebut? Mari simak 4 tips praktis dari Renovasik berikut ini sebelum Anda membeli atau menyewanya...

1. Tanyakan Tentang Fasilitas Pendukung

Salah satu alasan kenapa Anda layak tinggal diapartemen adalah karena kemudahannya dalam mendapatkan fasilitas yang mendukung kenyamanan Anda sebagai penghuni.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum membayar, tanyakan terlebih dahulu tentang fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan disaat membeli atau menyewa unit apartemen yang Anda inginkan.

Cobalah untuk mencari informasi tentang apakah ada tidaknya tambahan biaya untuk fasilitas-fasilitas yang digunakan dilingkungan apartemen, misalnya untuk penggunaan kolam renang, gym & fitness centre dan yang lainnya.

2. Cari Informasi Tentang Izin Renovasi

Terkadang, merenovasi apartemen adalah hal yang perlu Anda lakukan. Misalnya ketika Anda berniat mengganti warna cat dinding supaya apartemen mendapatkan tampilan yang terasa lebih baru dan fresh.

Namun, layak untuk diingat, sebagian besar apartemen dikota-kota besar menerapkan peraturan yang ketat tentang izin dalam melakukan renovasi.

Nah, oleh karena itu, saat Anda ingin tinggal diapartemen tersebut, Anda dapat menanyakan terlebih dahulu tentang boleh atau tidaknya melakukan renovasi serta bagaimana proses dan prosedur perijinannya.

Jika Anda sudah mendapatkan ijin. Ingat ini… Renovasi? ingat Renovasik yaah….

3. Tanyakan Tentang Tata Cara Pengelolaan Sampah

Hal ketiga yang perlu Anda tanyakan jika Anda berniat tinggal diapartemen adalah tentang tata cara pengelolaan sampah dilingkungan apartemen. Pada umumnya, operator apartemen telah menyediakan tempat sampah umum bagi para pemilik unit apartemen.

Namun, beberapa apartemen di kota-kota besar seperti Jabodetabek sudah mengeluarkan aturan khusus agar penghuni memisahkan antara jenis sampah organik dan anorganik yang mereka hasilkan diapartemen mereka.

4. Ingatlah Untuk Menanyakan Tentang Lahan Parkir

Pada dasarnya, hampir setiap apartemen sudah menyediakan fasilitas tempat parkir untuk kendaraan bermotor, namun umumnya terbatas hanya bagi para penghuni saja.

Jadi, yang terakhir dan tidak kalah penting, Renovasik sangat menyarankan agar Anda mencari tahu tentang jatah lahan parkir yang bisa Anda dapatkan dilingkungan apartemen yang ingin Anda tempati.

Kontak Kami