Panduan

Lantai Keramik Motif Kayu, Pemasangan dan Panduan Praktis Perawatannya



Halo Sahabat Renovasik, setelah di artikel yang lalu kita banyak membahas tentang Lantai Keramik Motif Kayu, Jenis & Tips Pemilihannya, kali ini kita akan lanjut membahas tentang cara pemasangan dan panduan praktis untuk perawatan Lantai Keramik Motif Kayu.

Jadi, tanpa perlu banyak basa-basi, Anda dapat langsung membaca postingan artikel kali ini dan mengaplikasikannya di rumah Anda.

Tutorial Memasang Lantai Keramik Motif Kayu

Cara memasang lantai keramik motif kayu cukup berbeda dengan cara memasang lantai keramik pada umumnya. Ya tentu saja, karena ada motif-motif khusus pada setiap keping lantai yang dapat Anda susun supaya tampilan lantai terlihat lebih rapi dan teratur serta dapat membantu menghadirkan tampilan visual tertentu didalam ruangan Anda.


Mari kita mulai, 

1. Untuk pertama-tama, keluarkan seluruh keping lantai dari kemasannya dan susunlah supaya Anda mengetahui bentuk pola seperti apa yang akan terwujud setelah pemasangan lantai keramik selesai. 

2. Untuk pemasangan, alangkah lebih baiknya Anda lakukan dengan jarak 1/4 atau 1/5 panjang bentangnya supaya hasil yang Anda dapatkan terlihat lebih sempurna. 

3. Minimal jarak nat untuk pemasangan lantai adalah 2 hingga 3 mm. Jarak ini Anda butuhkan untuk pengisian grout yang sekaligus berfungsi sebagai waterproofing

4. Setelah semua lantai terpasang dalam ruangan, biarkan selama 4 jam hingga seluruh lapisan perekatnya telah mengering. 

Biaya Untuk Pengerjaan Pemasangan Lantai

Benar sekali, mengingat pemasangan lantai keramik motif kayu adalah sebuah proses yang membutuhkan kejelian dan ketelitian dari pemasangnya, maka pemilik rumah hunian akan membutuhkan bantuan dari profesional untuk pemasangannya. Sekarang ini, tersedia dua jenis bahan perekat untuk lantai keramik yang pada umumnya digunakan di pasaran, yaitu perekat mortar instan dan perekat konvensional. Apa kelebihan dan kekurangan dari 2 perekat ini? Dari segi kualitas, perekat mortar instan jauh lebih unggul, namun ia memiliki kekurangan, perekat lantai keramik jenis ini harganya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan perekat konvensional semen dan pasir. Untuk Anda yang berniat menggunakan perekat mortar instan, pastikan perbandingan antara adukan semen plus pasirnya adalah 1berbanding 4 (1:4).

Inilah contoh estimasi rincian biaya material yang dapat Anda jadikan patokan apabila lantai keramik yang akan Anda pasang berukuran 20 x 20 cm: 

 

  • Harga lantai keramik motif kayu 20 x 20cm persegi, Rp. 106.000
  • Harga pasir pasang per meter persegi, Rp. 210.000 
  • Harga pengisi nat keramik per kg, Rp. 11.000
  • Harga screed perata lantai per sak 40 kg, Rp. 55.000
  • Harga semen 50 kg per sak, Rp. 65.000
  • Harga perekat keramik lantai per sak 25 kg, Rp. 116.000. 

Sedangkan untuk rincian upah bagi pekerja adalah: 

  • Upah mandor per hari, Rp. 150.000
  • Upah kepala tukang perhari, Rp. 120.000 
  • Upah tukang batu perhari, Rp. 100.000
  • Upah pekerja perhari, Rp. 70.000 

Tutorial Membersihkan Lantai Keramik Motif Kayu Kusam

Cara membersihkan  maupun merawat lantai keramik motif kayu sama seperti cara merawat lantai keramik pada umumnya, cukup mudah untuk Anda lakukan. Anda cukup membersihkan debu lantai keramik dengan cara disapu ataupun dipel setiap harinya. Namun, sebaiknya Anda hati-hati dalam memilih cairan pembersih lantai, jangan menggunakan cairan pembersih lantai yang mengandung wax karena cairan ini tidaklah tepat untuk membersihkan lantai keramik. Kandungan wax di dalam cairan pembersih justru akan membuat lantai keramik terlihat kusam dan dapat membuat motif cantik kayu pada lantai akan memudar. 

Bila hal ini sudah terlanjur terjadi, maka yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan lantai keramik kayu dengan bahan pembersih dibawah ini: 


Cuka

Cuka dapat Anda gunakan untuk membersihkan lantai dapur yang terlihat kusam akibat percikan minyak. Anda dapat menuangkan larutan cuka pada bagian lantai yang terlihat kusam, lalu biarkan kurang lebih selama seperempat jam. Lalu kemudian, gosoklah lantai tersebut dengan kain lembut yang kering. Setelah noda-noda hilang, bersihkanlah lantai dengan cairan pembersih lantai untuk menghilangkan aroma cuka.
 

Tepung 

Tepung dapat Anda gunakan apabila tumpahan minyak baru saja menodai lantai keramik motif kayu Anda. Taburkanlah tepung pada tumpahan minyak, lalu biarkan minyak terserap oleh tepung tersebut. Setelah hal itu, lantai dapat Anda pel dengan cairan pembersih lantai. 
 

Baking soda 

Apakah Anda tahu, baking soda selain dapat untuk digunakan untuk membuat roti atau kue, ternyata juga cukup ampuh melenyapkan noda membandel di lantai keramik. Campurlah baking soda dengan pasta gigi khusus untuk memutihkan gigi, kemudian oleskan pada lap yang basah. Dengan lap basah ini Anda dapat membersihkan lantai. Namun yang layak untuk Anda pertimbangkan, baking soda memiliki kekurangan, kandungan asamnya dapat mengikis lapisan keramik hingga lantai akan mudah menjadi keropos.
 

Lemon 

Lemon juga memiliki manfaat untuk membersihkan noda minyak di lantai dengan cepat dan mudah. Kelebihannya, kandungan asam pada lemon lebih ringan dibandingkan dengan baking soda, sehingga penggunaan lemon secara terus menerus pada lantai keramik tidak akan mengakibatkan lantai keropos ataupun rusak.
 

Sekarang, setelah Sahabat Renovasik tahu bahan-bahan yang dapat Anda gunakan untuk  membersihkan lantai keramik, inilah hal-hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk merawat lantai keramik motif kayu: 


Hindari menggunakan spons untuk mengepel lantai keramik

Terkadang ada area-area tertentu yang tidak dapat kita jangkau saat membersihkan lantai keramik. Jika Anda mengepel area ini dengan spons, acapkali spons tidak dapat menyerap debu diarea ini, melainkan hanya memindahkannya saja ke area yang lain. Dan akibatnya, ada suatu titik area ruangan di mana debu akan berkumpul dan bertambah banyak disana. Alangkah lebih baiknya Anda menggunakan alat pembersih lantai dari kain mikro fiber yang lebih tepat untuk menyerap debu. 

Hindari Menyeret Furnitur Diatas Lantai Keramik 

Ada beberapa jenis lantai keramik yang tidak kuat terhadap goresan, apa pun jenis motif dari lantai keramik tersebut. Lantai keramik dengan high gloss adalah jenis lantai keramik yang paling rentan terhadap goresan. Apabila permukaan lantai keramik telah tergores maka akan tidak mudah untuk menghilangkannya. Jika Anda terpaksa harus memindahkan furnitur dan furnitur tersebut terlalu berat untuk Anda angkat, maka ganjallah kaki-kaki furnitur tersebut dengan keset sebelum Anda dorong untuk dipindahkan. 

Keset Bermanfaat Untuk Kebersihan Lantai

Benar, selain bermanfaat untuk memindahkan barang, keset yang biasanya Anda gunakan untuk membersihkan kaki atau alas kaki ini dapat menjadi benda yang bermanfaat untuk kebersihan lantai keramik di rumah hunian Anda. Letakkanlah keset di pintu depan ataupun di area mana pun yang berbatasan dengan ruang berlantai keramik. Keset akan bermanfaat membantu untuk membersihkan kaki maupun alas kaki dari orang yang datang berkunjung, sehingga lantai keramik Anda akan lebih terlindungi dari debu maupun kotoran dari luar. 

Bagaimana Sahabat Renovasik, apakah Anda merasa artikel ini bermanfaat? Kami akan senang sekali mendapatkan feedback dari Anda.

Kontak Kami