Panduan

Lantai Keramik Motif Kayu, Jenis & Tips Pemilihannya



Apakah Sahabat Renovasik disini berniat untuk memiliki lantai kayu, namun tidak berani melakukannya karena menyadari bahwa perawatannya tidaklah mudah? Tenang, solusi dari Renovasik kali ini mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda.

Lantai kayu memanglah menimbulkan kesan eksotis serta dapat menciptakan kesan alami di dalam rumah hunian Anda. Namun kadangkala, ada berbagai problema yang menyebabkan banyak orang segan untuk memasang lantai kayu di hunian mereka. Selain karena perawatannya, hal lain yang mereka pertimbangkan adalah investasi yang relatif lebih mahal, serta pemasangannya yang tidak mudah.

Disini, agar Anda tetap dapat menghadirkan kehangatan nuansa kayu di rumah Anda, Anda dapat menggunakan lantai keramik motif kayu di ruang-ruang yang Anda inginkan. Lantai keramik motif kayu pun membutuhkan teknik dan cara perawatan istimewa agar tetap berkilau menghiasi rumah dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan dalam artikel kali ini, Renovasik akan membagi apa saja jenis lantai keramik motif kayu dan cara memilihnya. 

Berbagai Macam Tipe Lantai Keramik Motif Kayu

Sekarang ini, mereka yang segan untuk memilih lantai parket, memutuskan untuk mengalihkan pilihan ke lantai keramik motif kayu yang relatif sama tampilannya. Langsung saja, beberapa macam tipe desain lantai keramik motif kayu yang sekarang ada dan dijual di pasaran adalah sebagai berikut: 

- Desain Planked oak. Ciri khas dari planked oak ini yaitu terlihatnya serat kayu yang samar serta guratan-guratan istimewanya yang berwarna coklat. 

- Desain Natural beech. Untuk desain tipe ini, serat kayu terlihat begitu lembut serta hampir tidak terlihat oleh mata telanjang. 

- Desain Premiere beech. Dalam desain ini, gradasi warna serat kayu terlihat dari gelap ke terang atau sebaliknya, dari terang ke gelap. 

- Desain Natural maple. Tentu saja sesuai dengan namanya, desain natural maple serupa dengan penampakan tekstur kayu maple yang cenderung memiliki warna coklat yang cerah. 

- Desain kayu jati rajah. Desain tipe ini memiliki serat kayu terlihat samar yang terlihat cenderung memiliki warna coklat tua. 

Sebagian besar toko bahan bangunan, baik online maupun offline, menjual lantai keramik motif kayu dengan kisaran harga antara Rp 150 ribu hingga Rp 420 ribu permeternya. Naik turunnya harga pun, Anda dapat mengeceknya sendiri dipasaran. 

Tips memilih lantai keramik motif kayu

Ok, sebelum Anda memutuskan untuk memilih desain lantai keramik motif kayu mana yang terbaik untuk rumah Anda, Anda dapat mempertimbangkan hal-hal dibawah ini: 

Pertama, kualitas bahan. Benar, inilah hal yang paling awal yang dapat Anda lakukan sebelum Anda membeli lantai keramik motif kayu, yaitu memilih bahan berkualitas lantai keramik untuk rumah hunian Anda. Agar mengetahui seberapa baik kualitas lantai keramik, sebaiknya Anda memeriksa bahan baku apa saja yang digunakan untuk membuat lantai keramik tersebut. Beberapa toko dan supermarket untuk bahan bangunan pada umumnya memajang sampel untuk kebutuhan promosi dan marketing mereka. Cobalah untuk mengetuk-ngetuk secara perlahan permukaan lantai keramik, apakah Anda merasakan seperti ada rongga? Ini artinya, kualitas lantai yang sedang Anda uji tidaklah terlalu baik. 

Kedua, penempatan warna. Jujur saja, setiap pemilik rumah memiliki hak dan bebas untuk menentukan warna lantai yang akan dipasang di rumah mereka, baik untuk area interior maupun eksterior. Namun, alangkah lebih baik bila lantai dengan warna gelap dipasang untuk area eksterior seperti teras ataupun patio. Sementara, untuk area interior Anda dapat menggunakan warna cerah seperti coklat susu ataupun coklat muda. 

Ketiga, menyesuaikan motif lantai dengan gaya rumah. Yess, bukan hanya dengan warna saja, motif lantai pun butuh Anda sesuaikan dengan gaya rumah Anda. Rumah dengan gaya minimalis lebih pas dan cocok menggunakan lantai keramik motif kayu dengan serat yang halus dan berwarna cerah. Sementara, untuk rumah bergaya klasik, sangat tepat untuk dipasang lantai motif kayu dengan urat-urat yang lebih tegas. Untuk lantai keramik motif kayu dengan serat-serat kayu yang memiliki corak tak beraturan akan sangat serasi bila ditempatkan di rumah bergaya ekletik. 

Keempat, menyesuaikan ukuran lantai dengan ukuran ruangan. Ruang yang memiliki ukuran besar alangkah lebih baiknya menggunakan lantai keramik yang berukuran besar juga. Demikian juga dengan sebaliknya, ruangan yang memiliki ukuran mungil lebih tepat untuk menggunakan lantai keramik yang juga memiliki ukuran kecil. Bila Anda memasang secara terbalik akan mengakibatkan kesemerawutan visual, karena ruang tersebut akan menjadi terlihat penuh dan ramai. 

Kelima, menyesuaikan tekstur dengan fungsi ruang. Hal penting yang tidak kalah untuk diperhatikan adalah permukaan lantai keramik pada umumnya memiliki karakter yang halus serta licin. Karakter lantai seperti ini akan meningkatkan dan menambah pesona dan daya tarik visual di ruang tamu ataupun ruang keluarga. Namun sebaliknya, apabila dipasang di kamar mandi akan berpotensi membahayakan keselamatan penghuni. Namun, bila Anda tetap ingin memasangnya didalam kamar mandi, maka pilihlah lantai keramik kayu yang memiliki tekstur yang sedikit kasar. Dengan demikian keselamatan keluarga Anda tetap akan terjaga.

Terakhir dan tidak kalah penting, pilihlah lantai keramik yang memiliki jaminan garansi. Saat Anda membeli lantai keramik, coba tanyakanlah hal yang cukup penting ini kepada penjual toko, “Apakah lantai tersebut memiliki garansi?” Apabila garansi yang Toko berikan cukup pendek waktunya, maka Anda sebagai pemilik rumah sudah layak dan siap untuk menyesuaikan jadwal pemasangan lantai di rumah Anda. Hindarilah untuk membeli lantai keramik pada jauh-jauh hari. Tindakan ini akan membuat masa waktu garansi lantai keramik habis bahkan sebelum pemasangan lantai dilakukan. Dan akibatnya, apabila ada kerusakan Anda tidak dapat menuntut untuk melakukan penukaran lantai keramik tersebut. 

Nah, sekarang Sahabat Renovasik mengetahui macam-macam jenis tipe lantai keramik motif kayu dan tips memilihnya. Dalam artikel selanjutnya Renovasik akan membahas tentang panduan praktis untuk perawatannya. Jadi tetap berkunjung ke website Renovasik yaa ...

Kontak Kami