Panduan

Kursi Tamu Kayu Jepara, Kelebihan & Tips Untuk Membelinya!



Untuk sebagian orang menggunakan material kayu untuk kursi tamu menjadi sebuah alternatif pilihan untuk menciptakan nuansa hunian yang unik dan elegan. Mungkin ada salah satu Sahabat Renovasik disini yang juga memilih model kursi tamu yang menggunakan bahan dasar material kayu, atau berencana untuk menggunakannya di rumah Anda. Karena itu, kali ini Renovasik akan mengupasnya untuk Anda.

Seperti yang Anda tahu, Indonesia berkelimpahan dan kaya akan ragam budaya, menjadi hal yang cukup mudah untuk menemukan furnitur yang berbahan dasar kayu dengan desain yang unik dan cantik. Terlebih lagi ada beberapa daerah di negara Indonesia yang terkenal dengan kerajinan kayunya, salah satunya adalah kota Jepara. Anda mungkin sudah pernah mendengar dan membacanya di suatu tempat bahwa kota Jepara terkenal sebagai salah satu kota pengrajin kayu terbesar di Indonesia. Di kota inilah, segala produk furnitur berbahan kayu dibuat oleh tangan-tangan ahli  dan terampil di bidangnya.

Bahan Kursi Tamu

Akar pohon, apabila ia berada diluar daerah kota Jepara tentunya hanya akan digunakankan sebagai bahan kayu bakar dan lainnya. Namun tidak demikian oleh pengrajin dari kota Jepara, batangan kayu yang pada umumnya dianggap sebagai sampah dapat mereka rubah menjadi lebih berfungsi serta bernilai jual tinggi. Sehingga cukup mudah untuk Anda menemukan kursi tamu kayu yang unik dan elegan saat mampir ke kota ini. Disini, Anda akan menemukan beranekaragam kerajinan kayu lengkap dengan ukiran yang sangat rumit, karena hal inilah kota ini juga mendapat sebutan yang khas sebagai kota ukir.

Di artikel ini Renovasik juga akan memberikan tips dalam memilih agar Anda dapat mendapatkan kursi tamu kayu yang berkualitas, baik dari segi ukiran ataupun bahannya. Mari kita mulai saja ...

Tips Membeli Kursi Tamu Kayu

Apabila Anda sebelumnya belum pernah membeli furniture dari material kayu, maka tips Renovasik berikut ini dapat Anda aplikasikan saat Anda membeli kursi tamu berbahan kayu ataupun furniture lainnya:

  • Kualitas ukiran. Lihat dan amatilah kualitas ukiran dari kursi tamu. Hal ini cukup penting agar Anda tidak mendapati harga furnitur yang terlalu tinggi, semakin rumit sebuah ukiran pada furnitur pada umumnya harganya akan semakin tinggi pula.
  • Pilihlah kursi kayu yang memiliki finishing pernis yang cukup baik, berwarna coklat terang mengkilap serta memberikan kesan mewah dan elegan saat pertama kali Anda melihatnya.
  • Pertimbangkan juga tentang ukuran kursi dan budget Anda. Sesuaikan dengan ukuran ruang tamu agar memberikan kenyamanan sekaligus nilai keindahan di rumah Anda.
  • Terakhir dan tidak kalah penting, pilihlah toko yang berkualitas. Pilihlah yang tidak hanya memberikan harga yang lebih terjangkau, namun juga memberikan pelayanan yang baik sehingga Anda pun bisa mendapatkan barang yang berkualitas pula.

Apabila Sahabat Renovasik berkunjung ke kota Jepara, Anda akan menemukan banyak toko yang khusus menjual beragam furnitur dan perabotan dari kayu. Masing-masing toko akan memberikan penawaran produk yang serupa namun dengan desain dan kualitas yang berbeda. Seperti yang telah Renovasik tulis diatas, ada baiknya Anda memilih toko kursi tamu yang memiliki referensi dan dikenal sebagai toko yang terbaik, sehingga selain Anda mendapatkan kursi dengan kualitas yang baik, juga mendapatkan pelayanan yang tidak kalah berkualitas. Setelah menemukan toko yang tepat, Anda dapat memilih kursi tamu kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkanlah tentang harga, tampilan luar seperti seni ukirnya, dan juga ukuran kursi yang akan Anda pilih.

Dalam memilih kursi tamu kayu, alangkah baiknya apabila Anda juga mempertimbangkan nilai estetika interior, agar mereka dapat menonjolkan konsep yang akan Anda ciptakan. Jadi selain indah, kursi tamu juga dapat memberikan fungsi dasarnya dengan baik, yaitu sebagai tempat duduk bagi tamu yang datang berkunjung. Kemudian yang harus Anda ingat adalah mencari informasi yang terkait dengan cara perawatan furnitur yang terbuat dari kayu, karena pada umumnya, furnitur kayu akan dilapisi oleh pernis yang memiliki warna mengkilap serta mudah tergores, sehingga sebaiknya Anda menggunakan bahan pembersih spesial yang juga didukung dengan cara pembersihan yang tepat. Perawatan yang baik akan memelihara dan menjaga kualitas kursi tamu kayu yang Anda miliki menjadi tetap indah dan tak lekang oleh waktu.

Ya, keindahan memang tidak dapat terlepas dari kebersihan dan perawatan yang baik, terlebih lagi bahan kayu memiliki nilai-nilai tradisional yang tinggi. Kekuatan etnik yang sangat cocok untuk hunian yang luas dan bergaya klasik dapat memberikan nuansa dari konsep yang Anda harapkan. Merawat furnitur dari kayu mudah-mudah gampang, yang paling penting adalah Anda menggunakan bahan pembersih yang tepat. Lalu kemudian Anda bersihkan secara rutin untuk mencegah debu berdatangan yang dapat membuat pernis menjadi cepat kusam.

Dengan artikel kali ini semoga Anda, Sahabat Renovasik berhasil menemukan kursi tamu kayu berkualitas yang dapat memperindah dan mempercantik rumah Anda yaa...

Kontak Kami