Panduan

Kombinasi Bata, Kayu dan Beton Untuk Gaya Desain Rumah Industrial Minimalis Yang Super Menawan



Apakah Anda tertarik untuk menerapkan gaya desain rumah industrial minimalis? Gaya ini sangat identik dengan gaya interior pabrik industri pada abad ke 19. Rumah industrial memiliki cita rasa personal yang menarik namun sekaligus unik, meskipun terkesan bergaya old fashion atau bergaya jaman dahulu kala, rumah industrial menawarkan suasana yang hangat bagi penghuni rumah.

Keistimewaan rumah bergaya industrial ini terletak pada material dinding rumah yang dibuat tanpa melalui proses finishing. Konsep ini seringkali membuat para pemilik rumah merasa cemas karena kekuatiran mereka pada tampilan rumah yang mudah terlihat kotor, namun apakah Anda tahu? Meskipun tanpa finishing pun, desain yang tepat dapat membuat rumah hunian tetap tampil menarik, bahkan lebih menawan.

Ada beberapa jenis material yang seringkali digunakan tanpa melalui proses finishing pada rumah bergaya industrial minimalis, material tersebut adalah batu bata, kayu dan beton. Salah satu contoh rumah di kota Jakarta yang mengusung konsep gaya desain rumah industrial minimalis adalah rumah beton karya dari Parisauli Arsitek Studio. Benar, Anda dapat melihat kombinasi dari beberapa material alami yang tanpa melalui proses finishing pada rumah ini. Rumah hunian ini memang mengkombinasikan berbagai elemen desain industrial ke dalam interior rumah.

Kisi-kisi Kayu Untuk Keamanan & Privasi Yang Terjamin

Menjamin keamanan dan privasi penghuni merupakan fokus utama pada proses desain rumah industrial minimalis ini, hal ini dikarenakan lokasi rumah hunian yang terletak di salah satu daerah yang padat penduduk di ibukota Indonesia ini. Sisi yang memfokuskan pada keamanan dan privasi penghuni ini terpancar dari desain fasad yang begitu rapat tertutup dengan penggunaan kisi-kisi kayunya.

Kisi-kisi kayu ini diciptakan untuk memungkinkan penghuni rumah melihat dari dalam ke pemandangan diluar, namun sebaliknya, memblokir pandangan dari luar ke dalam rumah. Hal inilah yang membuat privasi dari para penghuni rumah tetap terjaga dengan baik.

Tata Ruang Dengan Sekat Solid & Fungsinya Masing-Masing

Sama halnya dengan bagian depan rumah, tata ruang didalam pun juga dibuat dengan lebih menitikberatkan pada segi keamanan dan privasi. Bila pada umumnya banyak rumah hunian yang lebih berorientasi ke luar, fasad yang tertutup pada Rumah Beton dirancang dengan orientasi ke bagian dalam rumah. Selain itu, tiap bagian ruangan juga dibagi dengan pemisahan yang jelas dengan menggunakan partisi yang solid. Hal ini untuk memudahkan membagi ruangan dengan fungsinya masing-masing.

Permainan Spasial Yang Dinamis

Tidak perlu berpanjang lebar lagi, permainan spasial yang dinamis pada interior ruangan di rumah industrial minimalis dapat memberikan tampilan menawan pada rumah hunian. Anda juga pasti setuju dengan hal tersebut, kan ...

Taman Mini Pencipta Atmosfer Kesegaran Alami

Meskipun desain rumah industrial cenderung old fashion, rumah tetap dapat terlihat fresh dengan tambahan taman mini dengan tanaman hijau diatasnya. Fungsi taman tersebut adalah untuk memberikan sirkulasi udara yang baik dan membuat ruangan menjadi terlihat lebih hidup. Jadi, kehadiran taman tidak hanya untuk menambah nilai estetika tampilan rumah menjadi lebih memikat dan indah, namun juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan para penghuninya.

Permainan Material Yang Tertata

Pada umumnya, batu bata dan beton ekspos adalah material yang paling kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan dinding dan lantai rumah. Namun, pada rumah hunian industrial minimalis, kedua material ini dibiarkan begitu saja tanpa penambahan cat untuk finishing-nya. Beton ekspos juga terkenal sebagai material yang kuat, awet dan murah, jadi tidak heran, bila material ini seringkali menjadi pilihan utama untuk pembangunan pabrik di abad ke19.

Genteng Tembus Pandang Nan Solid

Kombinasi genteng yang tembus pandang nan solid pada bagian atap rumah hunian berfungsi untuk memaksimalkan agar rumah hunian beserta penghuninya mendapatkan pencahayaan alami pada siang hari. Manfaatnya pada keuangan Anda? Tentu saja hal ini akan menghemat budget untuk penggunaan listrik di rumah hunian.

Bagaimana Sahabat Renovasik, apakah Anda semakin tertarik untuk menjadikan Rumah bergaya desain industrial minimalis sebagai inspirasi rumah hunian Anda? Hmmm... Anda juga bisa menggabungkan konsep ini dengan konsep gaya desain interior lainnya, misalnya seperti vintage maupun gaya kontemporer.

(Foto credit: arsitag.com)

Kontak Kami