Panduan

Khusus Untuk Para Orang Tua - Inilah 6 Tips Menciptakan Rumah Yang Nyaman dan Aman Untuk Balita!



Sahabat Renovasik, meskipun berada dirumah sendiri sekali pun, bahaya masih bisa mengancam keselamatan buah hati, putra putri kesayangan Anda. Terlebih lagi apabila mereka masih balita atau berumur kurang dari lima tahun. Sebagai orang tua yang baik, janganlah Anda lengah dan berpendapat bahwa rumah adalah tempat yang paling nyaman dan aman untuk balita Anda, banyak hal, baik yang terlihat jelas maupun tersembunyi, yang bila tidak Anda tangani dengan baik akan mengakibatkan hal fatal untuk anak kesayangan Anda tersebut.

Nah, untuk mencegah mereka dari mengalami cidera, Anda sebagai orang tua yang baik bisa mulai dari memperhatikan kondisi di sekitar rumah, serta menemukan sudut-sudut atau benda-benda yang berpotensi mencelakakan mereka. Segera lakukan tindakan pencegahan sedini mungkin, karena Anda pasti telah menyadari bahwa keselamatan mereka adalah hal yang sangat penting, mencegah itu lebih baik daripada menyesal di kemudian hari bukan?

Lalu apa solusinya? Anda bisa mulai untuk menciptakan rumah yang tidak hanya nyaman, namun aman bagi mereka. Berikut ini adalah 6 tips yang telah Renovasik rangkum untuk menciptakan rumah yang nyaman dan aman untuk balita:

1. Menutup Bagian Atas Tangga dengan Pagar

Apakah Anda menyadari, gerak motorik mereka yang masih terbatas dan belum seimbang, akan membuat balita rentan untuk tersandung, bahkan ketika mereka berjalan di permukaan yang rata.

Apabila rumah Anda bertingkat, alangkah lebih baiknya, Anda menutup bagian atas tangga dengan pagar penutup. Hal ini dapat membuat balita Anda terhindar dari peristiwa terjatuh berguling ke lantai bawah, pencegahan ini akan menyelamatkan buah hati kesayangan Anda dari resiko cidera, patah tulang atau gegar otak.

2. Miliki Pelindung Dari Sudut Siku Tajam Furnitur

Banyak furnitur yang memiliki sudut-sudut siku yang tajam, hal ini bisa melukai balita Anda. Tinggi badan mereka yang masih tergolong pendek, dapat menyebabkan bagian tubuh vital seperti kepala dan mata beresiko untuk terantuk pada sudut furnitur. Contohnya seperti terantuk sudut meja tamu, meja makan, meja konter dapur, kursi malas hingga terantuk lemari.

Benturan dan goresan yang keras bisa mengakibatkan luka serius bagi buah hati. Oleh karena itu, Anda bisa membeli pelindung dari sudut siku tajam furnitur yang mudah ditemukan di toko furnitur maupun toko online di internet.

3. Berikan Pembatas Pada Kolam Renang atau Kolam Ikan

Apabila rumah hunian Anda memiliki kolam renang atau kolam ikan, Anda bisa membatasinya dengan pagar yang tidak mudah dibuka oleh balita. Hal ini akan melindungi mereka dari resiko terjatuh kedalamnya, terlebih lagi apabila anak Anda belum bisa berenang.

4. Jauhkan Mereka Dari Jangkauan Stop Kontak

Posisikan stop kontak di area yang sulit untuk dijangkau. Hal ini akan melindungi mereka dari resiko tersetrum karena memasukkan jari ke lubang stop kontak.

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah anak memasukan jarinya ke lubang stop kontak adalah dengan menggunakan stop kontak yang memiliki penutup untuk melindungi dari hal rawan tersebut. Selain itu, penempatan stop kontak yang tersembunyi bisa mencegah buah hati Anda dari memasukan banyak benda kedalamnya.

5. Simpan Benda Tajam dan Bahan Kimia Di Tempat Yang Aman

Jangan sampai balita Anda terkena benda-benda tajam seperti pisau dan lainnya, atau bahan-bahan kimia seperti obat nyamuk semprot yang dapat menyebabkan mereka mengalami keracunan.

Simpanlah benda-benda tajam dan bahan kimia tersebut di tempat penyimpanan tertutup yang tidak mudah dijangkau balita Anda. Anda bisa menempatkannya di laci yang memiliki kunci atau di rak-rak dinding yang posisinya tinggi.

6. Memberikan Ruang Tumbuh Yang Ideal Bagi Mereka

Di luar tindakan-tindakan pencegahan yang telah kami ulas diatas, tips pamungkas untuk artikel Renovasik kali ini tidak kalah pentingnya, yaitu memberikan ruang tumbuh yang ideal bagi balita Anda, tidak lain dan tidak bukan, memberikan ruang yang luas dan terbuka bagi mereka.

Ruang yang luas bisa membuat balita Anda bergerak dan bermain dengan leluasa, hal ini akan melesatkan daya kreativitas buah hati kesayangan Anda. Sedangkan area terbuka seperti halaman depan atau belakang akan membuat balita Anda terbiasa untuk beraktifitas di luar ruangan, hal ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan daya tumbuh dan berkembangnya balita Anda.

Kontak Kami