Kamu Seorang Kpopers? Yuk, Jadikan Interior Rumahmu Berala Korea – Ini 7 Tipsnya!



Kpop atau Korean Pop tengah melanda dunia saat ini. Budaya yang berasal dari Korea Selatan ini telah menjadi tren yang banyak digemari oleh masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Penggemar Kpop atau Kpop Lovers sendiri tidak terbatas pada usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa pun ada... Jadi tidak heran jika produk-produk Korea sangat mendominasi, mulai dari musik, film, produk kecantikan, makanan, bahkan hingga lifestyle seperti gaya berpakaian, gaya rambut dan desain interior ruangan seperti rumah, cafe, hotel dan lain-lain.

Nah, bagi Kamu para Kpopers, tentunya mewujudkan Interior rumah berala Korea juga menjadi salah satu keistimewaan tersendiri, kan? Karena kombinasi antara gaya tradisional dan modern dari salah satu budaya asia ini akan membuat desain interior rumah menjadi semakin menawan.

Jadi, tanpa perlu berpanjang lebar lagi, yuk simak tujuh tips desain interior Korea ala Renovasik berikut ini…

1. Penggunaan Material Kayu

Yang paling penting dalam menciptakan rumah dan ruangan bernuansa Korea adalah penggunaan material kayu, baik pada dinding, lantai, ceiling maupun furniturnya. Pemilihan komponen material ini bertujuan untuk membuat ruangan terasa segar, selaras, hangat sekaligus fungsional.

Meski kayu adalah material yang kuat dan tahan lama, pemilihan warna kayu tidak boleh dilakukan sembarangan. Warna kayu haruslah berwarna terang dan kuat. Hadirnya elemen kayu ini akan menciptakan suasana alami, tentu saja tujuan untuk memberikan kenyamanan sekaligus melesatkan produktivitas para penghuni rumah tersebut.

2. Dinding Yang Berwarna Putih Polos

Warna putih, selain netral, cocok dikombinasikan dengan berbagai macam warna. Warna inilah yang menjadi elemen penting untuk menghadirkan suasana Korea. Tidak hanya klasik, namun juga membuat desain interior rumah terasa mewah dan abadi.

Warna putih polos ini membuat rumah tampak minimalis, terlihat lebih lega sekaligus bersih. Sedangkan dari sisi mental, warna ini membuat otak dan pikiran menjadi damai dan tentram.

3. Pencahayaan Yang Terang dan Lembut

Karakter khas selanjutnya dalam menciptakan nuansa Korea yang kental adalah dengan sistem pencahayaan yang terang namun tetap lembut. Untuk pencahayaan, pada umumnya orang Korea meletakkan lampu sentral yang menggunakan kap lampu (shade lamp) pada bagian tengah ruangan supaya cahaya yang dipancarkan tidak terlalu menyilaukan.

Selain tidak membuat silau, penggunaan kap lampu ini berfungsi untuk menyebarkan cahaya ke seluruh sudut ruangan. Untuk menciptakan kesan Korea yang lebih dalam, Sahabat Renovasik disini dapat memasang lampu tradisional Korea diruangan yang diinginkan. Lampu tradisional ini akan menghadirkan kesan yang indah dari salah satu negeri di asia ini.

4. Penggunaan Pintu dan Jendela Hanok

Jika ngobrolin tentang rumah asal Korea, pasti tidak akan terlepas dari pola pintu dan jendela yang beragam. Salah satunya adalah dengan penggunaan pintu dan jendela Hanok.

Pada umumnya pintu dan jendela ini menggunakan rangka kayu yang dikombinasikan dengan kertas Hanji. Alasannya cukup simpel, untuk mengatur suhu sekaligus kelembapan udara didalam ruangan.

5. Konsep Ruang Terbuka

Untuk menjadikan ruangan bernuansa Korea, Kamu tidak perlu cemas meski rumah berukuran mungil. Dengan menggunakan konsep ruangan terbuka, akan membantu penataan ruang menjadi terlihat lebih luas.

Konsep ruang terbuka ini akan membuat ruangan mempunyai sirkulasi dan pencahayaan yang baik, sekaligus menghemat biaya karena minimalnya penggunaan sekat, dinding dan pintu. Dengan konsep ini, ruangan akan menjadi lebih luas dan lega. Rumah akan terlihat lebih rapi dan bersih.

6. Pemilihan Warna Netral Untuk Furnitur

Setelah menentukan warna dinding dan material yang dominan, hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah pemilihan warna untuk furnitur dalam ruangan. Layak untuk diingat, interior bertema Korea sangat kental dengan kesederhanaan sehingga membuat unsur ruangan pun menjadi lebih sederhana. Yaitu dengan penggunaan warna netral.

Dengan memilih warna netral, Anda akan memiliki banyak ragam untuk membuat ruangan menjadi lebih menarik, karena warna netral akan mudah dikombinasikan dengan berbagai pola dan desain ruangan.

Pada umumnya, penggunaan warna tidak lebih dari tiga jenis. Contohnya, kombinasi warna putih, cokelat dan abu-abu. Kombinasi warna ini menjadikan ruangan menjadi lebih menarik dan tidak terkesan kampungan.

7. Penggunaan Dekorasi Tradisional Korea

Selain dengan warna putihnya, gaya Korea juga identik dengan penambahan motif dan ornamen dekorasi yang unik.

Jadi, tips terakhir untuk menjadikan ruangan bernuansa tradisional-modern Korea adalah dengan pemilihan dekorasinya. Contohnya dengan pemajangan lukisan tradisional, pigura gantung maupun tanaman hias khas Korea. Tentunya pemilihan warna dekorasi ini pun harus menyesuaikan dengan suasana ruangan dirumah Kamu.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.