Panduan

Jangan Sampai Anda Tertipu Kontraktor Nakal Saat Ingin Membangun Rumah - Inilah 5 Ciri-Cirinya!



Saat banyak orang berniat untuk membangun atau merenovasi rumah, jasa kontraktor hampir selalu digunakan oleh pemilik, terutama bagi mereka yang tidak dapat meninggalkan kesibukan pekerjaan dan karir. Hal ini mereka lakukan karena tidak dapat me-monitoring langsung pembangunan rumah secara mandiri, serta banyak hal lain yang perlu diurus sang pemilik rumah, seperti perijinan, administrasi hingga desain interior. Untuk alasan tersebut, Renovasik melihat bahwa menggunakan jasa kontraktor seperti kami ini memang menjadi pilihan yang paling realistis dan efektif untuk membangun rumah idaman.

Di kota-kota besar di Indonesia, seperti jabodetabek, jasa kontraktor rumah pun kian menjamur seiring dengan permintaan pembangunan atau renovasi rumah yang juga semakin tinggi. Banyak yang memberikan pelayanan terbaik, profesional, cekatan, dan juga rapi. Namun, tidak sedikit juga yang tidak menunjukan keprofesionalan kinerja, payah, serampangan, dan bahkan cenderung bertindak nakal. Kontraktor seperti inilah yang perlu Anda waspadai.

Karena itu, Sahabat Renovasik, sangatlah penting bahwa sebelum Anda memilih jasa kontraktor untuk pembangunan rumah, Anda perlu benar-benar memastikan bahwa mereka yang Anda pilih benar-benar profesional dan memahami seluk-beluk dari pekerjaan mereka.

Maka, mengenali ciri-ciri dari kontraktor nakal akan dapat membuat Anda terhindar dari ketidak-profesionalan kerja saat mereka membangun rumah Anda. Apa saja kelima ciri tersebut? Mari kita mengulasnya secara satu persatu.

1. Tidak Memiliki Identitas & Nomer Kontak Yang Jelas

Kontraktor yang profesional, sudah seharusnya memiliki identitas dan nomer kontak yang jelas, seperti nama perusahaan yang memiliki legalitas dan nomer kontak tetap untuk memudahkan komunikasi antara jasa kontraktor dan pelanggan. Pada umumnya, perusahaan kontraktor akan memberikan kontak perwakilan dari konsultannya.

Nah, apabila Anda menemukan bahwa perusahaan kontraktor yang Anda temui tidak memiliki kualitas-kualitas di atas, alangkah lebih baik, Anda tidak perlu menyia-nyiakan waktu dan mempertaruhkan pembangunan rumah Anda kepada mereka.

2. Harga Penawaran Yang Tidak Masuk Akal

Apakah Anda menyadari, penawaran yang tidak masuk akal dapat terjadi didalam dua situasi. Satu, saat pertemuan pertama, mereka memberikan harga yang sangat murah dan tidak masuk akal. Harga penawaran akan jauh di bawah harga pasaran untuk jasa dan material terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Disini, janganlah Anda mudah tergiur, karena pada saat Anda terjebak, penawaran-penawaran selanjutnya yang terkait material bangunan, bisa jadi justru akan memberatkan Anda karena harga yang dipatok terlalu tinggi dan melebihi harga pasar. Hal ini terjadi dikarenakan mereka, sang kontraktor nakal melakukan markup harga hanya untuk meraup keuntungan tinggi semata. Mengetahui harga material terbaik akan memberikan keuntungan tersendiri untuk Anda. Renovasik menyadari bahwa Anda menginginkan hasil terbaik.

3. Tidak Memiliki Portofolio Yang Jelas

Ciri ketiga yang paling mudah untuk dapat menentukan keprofesionalan dari jasa kontraktor rumah adalah dengan melihat portofolio dari klien yang sudah pernah mereka kerjakan. Anda dapat meminta dan melihat hasil kerja mereka. Pada umumnya di era digital seperti ini, Anda dapat melihatnya di website atau akun media sosial mereka.

Apabila Anda melihat bahwa mereka telah bekerja sama dengan klien-klien terpercaya dan memiliki hasil pekerjaan yang berkualitas, maka Anda tidak perlu lagi menyangsikan bagaimana kinerja kontraktor tersebut. Namun apabila tidak, janganlah Anda mengambil resiko, segera tinggalkan mereka.

4. Progres Yang Terlambat & Inkonsistensi

Progres pembangunan yang terlambat serta tidak memberikan laporan progres, jelas menjadi salah satu ciri dari kontraktor yang nakal. Inkonsistensi progres pada umumnya adalah pengerjaan yang terlalu lama, asal-asalan, bahkan melewati tenggat waktu atau deadline yang diberikan. Terlebih lagi apabila komunikasi terkait kendala pembangunan dengan pemilik rumah pun tidak berjalan dengan lancar. Haduuhhhh ....

So, Jangan pernah Anda memilih kontraktor yang seperti ini, carilah referensi, terutama dari mereka yang pernah menggunakan jasanya. Referensi dari mereka akan menjadi tolak ukur yang baik bagi lancarnya pembangunan rumah Anda.

5. Tidak Mempedulikan Keselamatan Kerja

Kontraktor yang profesional pasti akan mempedulikan keselamatan dan keamanan dari para pekerjanya di lokasi proyek pembangunan. Seperti mewajibkan pekerja menggunakan helm, sepatu boot, dan rompi keselamatan.

Selain itu, kontraktor yang profesional juga membayar upah secara tepat waktu, memberi tempat tinggal yang layak, makanan dan minuman, maupun kondisi kerja yang aman.

Apabila kebutuhan-kebutuhan ini tidak terpenuhi, bukan tidak mungkin para pekerja akan berpotensi untuk kabur ataupun berbuat tidak jujur. Menurut Renovasik, reputasi yang baik adalah faktor utama yang harus Anda pegang dalam mencari kontraktor seperti kami untuk membangun rumah Anda. Dan, apabila kontraktor yang akan Anda pilih memiliki reputasi yang baik dari klien-klien yang merasa puas, maka Anda tidak perlu cemas akan mengalami kenakalan-kenakalan yang telah Renovasik tuliskan diatas. Sip banget kan ...

Kontak Kami