Panduan

Inilah Lima Kelebihan Tinggal di Rumah Mungil



Sahabat Renovasik yang kami sayangi, tidak mudah untuk dapat memiliki rumah berukuran besar diperkotaan saat ini. Kepadatan dan banyaknya penduduk serta menjadi tempat pusat kegiatan ekonomi membuat harga tanah di kota semakin meningkat di tengah ketersediaannya yang juga semakin terbatas.

Mau tidak mau, banyak orang yang berniat untuk mendirikan rumah, dengan terpaksa membangun rumah yang berukuran relatif kecil. Dan, salah satu hal yang menjadi rasa takut untuk dialami oleh banyak orang saat tinggal di rumah yang mungil adalah kurangnya kenyamanan dalam menghuni  dan bertempat tinggal disana.

Lahan yang tidak luas secara tidak langsung memaksa mereka untuk melakukan sejumlah adaptasi serta penyesuaian, sehingga segala aktivitas di dalam tempat tinggal dapat mereka lakukan dengan leluasa, sebagaimana saat tinggal di rumah yang lebih luas.

Apakah Anda mengetahui bahwa banyak kelebihan yang dapat Anda dapatkan saat menghuni di rumah mungil? Inilah lima diantaranya:

Harga Lebih Terjangkau

Apapun cara yang Anda lakukan untuk memiliki sebuah rumah, baik itu membangun sendiri, membeli secara cash, ataupun mengangsurnya setiap bulan (bersama Renovasik), jumlah total investasi yang Anda keluarkan untuk mewujudkan rumah mungil jauh lebih kecil dibandingkan dengan saat Anda membeli rumah yang berukuran besar.

Sekalipun Anda memiliki kemampuan untuk membeli rumah yang berukuran lebih besar, berinvestasi pada rumah mungil dapat menjaga dan memelihara kestabilan kondisi keuangan Anda.

Apabila Anda mencicilnya setiap bulan, harga rumah mungil yang terjangkau dapat membuat Anda terhindar dari resiko berhutang yang lebih banyak.

Hemat Uang

Rumah mungil dengan ukuran ruangan yang tidak luas, akan membuat Anda perlu melakukan penyesuaian dalam hal tata ruangan. Tentu saja, barang-barang yang Anda gunakan hanyalah barang yang Anda anggap efektif dan efisien sehingga tidak menghabiskan tempat didalam ruangan dirumah Anda.

Anda akan berpikir berulangkali saat memutuskan untuk membeli suatu barang, bahkan tidak ragu untuk mengurangi jumlah barang supaya rumah mungil Anda tidak menjadi terasa sesak. Anda tidak akan mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan.

Selain hal itu, tinggal di rumah mungil dapat memotivasi penghuni rumah untuk mengaplikasikankan gaya hidup hemat, terutama hemat energi.

Dana untuk perawatan rumah, seperti listrik serta air dapat diminimalkan. Lebih kecil ukuran ruangan, maka jumlah banyaknya lampu yang dibutuhkan juga tidak banyak, tentu saja akan menyesuaikan dengan jumlah ruangan.

Hemat Waktu

Rumah besar yang terdiri dari ruangan-ruangan berukuran luas sudah jelas membuat jarak akses yang lebih banyak bagi Anda untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan yang lainnya.

Di rumah mungil, jarak antar ruangan yang dekat akan memudahkan Anda untuk berganti aktivitas dengan mudah dan cepat.

Luas yang terbatas didalam ruangan juga dapat mendorong kreativitas Anda untuk mengoptimalkan fungsi dari setiap ruangan.

Contohnya, ruang makan yang dapat beralih fungsi menjadi ruang bekerja membuat Anda dapat melaksanakan dua aktivitas yang berbeda didalam satu ruangan.

Perawatan Yang Lebih Mudah

Semakin luas dan besar sebuah rumah, semakin besar pula tanggung jawab yang harus Anda pegang untuk memelihara dan merawatnya. Begitupun juga sebaliknya, rumah mungil mempunyai jumlah ruang yang lebih sedikit sehingga akan memudahkan Anda untuk membersihkannya.

Hal ini akan memberikan keuntungan yang besar bagi Anda yang memiliki banyak kesibukan dan aktivitas di luar rumah dan tidak mudah untuk meluangkan waktu untuk membersihkan dan merawat rumah Anda.

Hal lainnya, dikarenakan jumlah barang di rumah mungil juga cenderung lebih sedikit, maka tidak banyak juga pemeliharaan yang perlu Anda lakukan untuk menjaga perabot, furnitur, serta struktur bangunan agar tetap awet dan tahan lama.

Meringankan Beban Pikiran


Rasa nyaman untuk tinggal di dalam rumah tidaklah hanya bergantung pada estetika serta ukuran ruangan, rasa memiliki terhadap barang-barang juga turut mempengaruhi emosi dan perasaan penghuni.

Semakin banyak barang yang Anda miliki maka Anda akan merasa lebih terbebani. Dengan upaya meminimalkan penggunaan barang karena tinggal di rumah mungil, Anda dapat memiliki perasaan yang lebih tenang dan bebas.

Memang, ukuran rumah dapat menunjukkan status sosial Anda sebagai pemilik rumah, namun dengan keterbatasan lahan yang ada, luas hunian tempat tinggal tidaklah menjadi hal yang terlalu penting. Seberapun luas ukuran hunian, sudah sepantasnya menjadi tempat tinggal yang nyaman. Bahkan bersama Renovasik, Anda juga dapat mengoptimalkan lahan dan rumah mungil Anda menjadi tempat tinggal yang lebih baik bagi Anda dan keluarga Anda.

Hmm, setelah membaca lima kelebihan rumah mungil di atas, ternyata hunian tipe ini pun sudah terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup dari penghuninya. Punya rumah mungil? Asyikkk saja tuh ...

Kontak Kami