Panduan

Inilah 8 Desain Rumah Modern Yang Bisa Anda Jadikan Sebagai Inspirasi Rumah Hunian



Jika boleh kami bertanya, apa sih sebenarnya definisi rumah bagi Anda?
Coba renungkan, kami akan memberikan waktu agar Anda bisa menjawabnya.

Sudah?
Bagus.

Kami tidak akan bertanya apa jawabannya, apapun yang sekarang ada didalam benak Anda, kami yakin, Anda memiliki definisi sendiri tentangnya… Betul kan? Karena apa? Karena definisi rumah bagi setiap orang tentu tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Ada yang beropini bahwa rumah idaman itu adalah rumah yang besar, megah dan mewah.
Ada yang beropini, bahwa rumah idaman itu adalah rumah yang sederhana, namun keluarga bahagia.
Ada yang beropini, rumah idaman itu haruslah bergaya modern dan mengikuti trend. Biar tidak ketinggalan jaman.
Dan banyak lagi opini lainnya…

Namun terlepas dari itu semua, apapun opini Anda tentang rumah idaman, rumah tetaplah harus memiliki ruang vital dan memberikan perasaan nyaman bagi para penghuninya. Anda juga pasti setuju dengan hal ini.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berniat membangun rumah idaman, ada baiknya Anda membaca artikel Renovasik kali ini. Karena apa? Karena disini, kami akan memberikan informasi tentang berbagai desain rumah modern, yang bisa jadi akan menginspirasi Anda dalam membangunnya.

Rumah Modern Ramah Lingkungan (Eco-Friendly)

Rumah modern ramah lingkungan (eco-friendly) adalah rumah yang pada umumnya bergaya natural atau bernuansa alam. Biasanya, desain rumah ini cenderung sederhana dan diperkaya dengan bentuk atap yang melengkung, serta memiliki roof garden. Pada bagian sisinya, seringkali dioptimalkan dengan hadirnya banyak tanaman.

Roof garden bermanfaat menjaga sirkulasi dan temperatur udara didalam rumah. Desain rumah ini memiliki banyak bukaan yang optimal sehingga dapat membuat sirkulasi udara dan pencahayaan alami masuk dengan baik. Dari luar, rumah ini terkesan terlihat menyatu antara lingkungan diluar dengan bagian didalam rumah. Rumah bergaya modern ini memang memiliki konsep untuk memberikan kesan nyaman bagi para penghuninya

Rumah Modern Bergaya Futuristic

Anda bisa menghadirkan rumah modern bergaya futuristic dengan mendesain rumah bergaya geometric dinamis. Kesan rumah ini terlihat lebih menonjol bila dibandingkan dengan rumah hunian lainnya.

Rumah modern bergaya futuristic pada umumnya tampil dengan bentukan dinamis yang selaras hingga ke bagian interiornya, biasanya banyak orang melengkapinya dengan furniture yang sangat elegan.

Anda yang memiliki kegemaran untuk memiliki konsep rumah yang berbeda, rumah yang satu ini bisa menjadi pilihan Anda.

Rumah Modern Dengan Gaya Permainan Sudut

Rumah modern dengan gaya permainan sudut adalah sebuah permainan desain rumah yang dinamis. Memang, di Indonesia sendiri, desain rumah seperti ini masih belum banyak digunakan, namun, diluar negeri, sudah banyak orang yang memilih desain rumah yang penuh dengan estetika ini, bahkan Anda sudah dapat menemukannya dinegara tetangga kita seperti Singapura.

Di Singapura, rumah modern dengan permainan sudut ini dibangun pertama kali pada tahun 2014 oleh para arsitektur Mercurio Design Lab. Gaya kontemporer pada rumah modern bergaya permainan sudut ini berhasil menampilkan wajah rumah hunian modern yang memikat.

Rumah Modern Dengan Elemen Garis Yang Dinamis

Rumah modern yang satu ini bergaya kontemporer. Konsep desainnya bisa Anda miliki tanpa memberikan gubahan masa yang rumit. Inilah jenis rumah dimana Anda tidak perlu pusing-pusing dalam memikirkan desainnya.

Desain rumah modern ini hanya bermain dengan sudut dan elemen garis yang dinamis. Kesan modern sekaligus kontemporer, bisa Anda dapatkan dari desain rumah yang satu ini.

Rumah Modern Bergaya Vintage dan Shabby Chic

Bila pada umumnya, rumah bergaya vintage atau jadul didominasi dengan warna putih dan cokelat, maka rumah bergaya vintage modern memiliki konsep yang sedikit berbeda. Rumah modern bergaya vintage memiliki sentuhan warna hijau mint dan kombinasi dari warna vintage lainnya. Warna-warna inilah yang dapat memberikan kesan ruang yang lebih segar dan dinamis.

Lalu apa bedanya dengan rumah bergaya shabby chic? Rumah modern ini seringkali didominasi dengan warna cat tembok berwarna pastel yang lembut, seperti warna merah muda, biru muda atau warna peach. Dan bila dibandingkan dengan rumah berkonsep vintage, maka pilihan perpaduan warna shabby chic jauh lebih beragam.

Selain berfokus pada warna cat, Anda juga bisa berfokus pada penggunaan wallpaper dinding untuk rumah bergaya shabby chic. Atau jika dirasa kurang menyukainya, Anda bisa berfokus pada pemanfaat furniture dan warna yang senada pada rumah Anda.

Rumah Modern Dengan Konsep Split Level

Salah satu rumah modern yang sedang naik daun adalah rumah modern dengan konsep split level. Pada umumnya, konsep rumah split level menjadikan tata ruang rumah menjadi semakin optimal, hal ini dikarenakan lahan untuk mendirikan rumah semakin terbatas, sehingga optimalisasi tata ruang juga semakin meningkat trend-nya.

Konsep split level pada rumah, ditandai dan perjelas dengan kaitannya dalam penggunaan teknik konstruksi. Rumah modern model ini, menciptakan ruangan yang lebih menonjol pada perbedaan tinggi lantai. Perbedaan ketinggian lantai inilah yang menjadikan seluruh ruangan terkesan lebih lapang dan besar.

Rumah Modern Dengan Finishing Kayu

Pada tahun belakangan ini, desain rumah ini juga tidak kalah populer di masyarakat. Rumah ini didesain dengan menggunakan material kayu yang sudah dipoles warnanya dengan warna yang kita inginkan, atau dibiarkan polos untuk menonjolkan warna asli dari kayunya.

Bentuk kayu yang digunakan pun cenderung sederhana, secara umum, hanya berupa lembaran atau batangan. Konsepnya dibuat secara lurus dan tidak memiliki ukiran, tidak memiliki bentuk yang khas, dan tanpa adanya pola yang rumit. Pada umumnya, materialnya digunakan untuk pembuatan pagar, shading jendela, rangka dengan model kanopi, pintu garasi, railing balkon hingga bagian anak tangga dan handrail-nya.

Rumah Modern Dengan Konsep Full Height Window

Rumah modern yang terakhir ini juga digadang-gadang akan naik trend-nya pada tahun ini. Penggunaan material kaca bening pada bagian jendela yang berukuran besar, menjadikan desain rumah ini terkesan sangat megah, mewah dan luas. Membuat tampilan dari luar terkesan sangat simpel namun bergaya.

Penggunaan full height window menjadikan rumah modern ini jauh lebih ramah untuk lingkungan. Penerapannya memberikan dampak positif bagi sinar matahari untuk masuk dan menerangi seluruh ruangan didalam rumah dengan mudah. Sangat cocok bagi Anda yang ingin lebih berhemat pada penggunaan listrik pada saat siang hari.

Jadi, rumah modern mana yang ingin Anda miliki?
Yuk bangun bersama Renovasik.

Kontak Kami