Panduan

Inilah 6 Tips Desain Kamar Tidur Minimalis Untuk Ruang Kamar Tidur Yang Mungil



Apakah Sahabat Renovasik tahu, kadang-kadang tidaklah mudah untuk berkreasi dan memodifikasi desain interior sebuah hunian yang telah dibangun oleh para developer. Salah satu contoh hal yang tidak mudah untuk kita ubah adalah luas dari setiap ruangan, sehingga terkadang kita tidak dapat menempatkan apa yang kita inginkan dan butuhkan diruang tersebut. Terutama di ruang kamar tidur yang sifatnya personal, contohnya saja jika ruang kamar tidur di rumah yang Anda tempati tidak berukuran begitu luas, misalnya hanya berukuran 3 × 4 meter persegi.

Lalu, bagaimana cara untuk menyiasati ukuran yang terbatas ini? Renovasik ingin menuliskan bahwa desain kamar tidur minimalis pun dapat menjadi solusi terbaik dan pilihan favorit Anda. Namun seperti pertanyaan yang banyak hadir di benak para Sahabat, darimanakah kita dapat memulai penataan ruang kamar tidur yang tidak begitu luas ini? Tenang, mari coba kita baca dan aplikasikan tips dari Renovasik pada artikel kali ini.

Desain Kamar Tidur Minimalis Dengan Essential Furniture

Salah satu hal yang layak Anda perhatikan dalam desain kamar tidur minimalis adalah letak dari jendela serta pintu di ruang kamar tidur Anda. Tata letak perabot serta furnitur  bisa Anda sesuaikan dengan letak dari kedua elemen di ruangan tersebut.

Hal yang dapat Anda lakukan adalah menempatkan tempat tidur di bawah jendela dan langsung berhadapan dengan pintu kamar. Hal ini sudah terbukti membuat desain kamar tidur minimalis berukuran mungil menjadi terasa lebih nyaman sebagai tempat beristirahat.

Namun hal yang cukup penting dari desain kamar tidur minimalis adalah tepatnya cara menata letak perabot dan furnitur yang Anda rasa paling bermanfaat dan fungsional bagi kebutuhan Anda. Contohnya, dengan menempatkan satu pasang meja dan kursi untuk beraktivitas di ruang kamar tidur yang didesain untuk dapat ditempati oleh dua orang, Anda dan pasangan misalnya, membuat kamar tidur tipe ini sudah lebih dari cukup untuk membuat desain kamar tidur minimalis dapat berfungsi dengan baik.

Desain Kamar Tidur Minimalis Dengan Wallpaper Dinding

Untuk melenyapkan kesan-kesan yang kaku dan dingin pada desain kamar tidur minimalis, Anda dapat memanfaatkan wallpaper dinding pada ruang kamar tidur, Anda dapat menempatkannya pada salah satu sisi dinding di ruang kamar tidur Anda. Namun harus Anda perhatikan juga, jangan menempatkan terlalu banyak benda dan barang pada dinding yang Anda pasangi wallpaper. Dengan memasang beberapa bingkai atau frame foto, pernak-pernik, ataupun tanaman hias sudah lebih dari cukup untuk membuat kamar tidur minimalis Anda tampil lebih ekspresif.

Menimbang-nimbang luas ruang kamar yang tidak begitu besar, desain kamar tidur minimalis dapat Anda maksimalkan tampilannya dengan mengaplikasikan kombinasi dari warna-warna netral.

Mengoptimalkan Tempat Penyimpanan Pada Desain Kamar Tidur Minimalis

Apakah Anda memiliki banyak barang? Yang menjadi salah satu persoalan adalah ketika Anda membutuhkan banyak tempat penyimpanan (storage) untuk menyimpan barang-barang yang Anda miliki dikamar. Disini, Anda dapat menempatkan lemari, drawer, serta ambalan dengan saling berhadapan. Alangkah lebih baik lagi jika Anda memanfaatkan custom furniture sehingga ukuran, model, serta warnanya dapat menyesuaikan dengan desain kamar tidur minimalis di hunian Anda.

Desain Kamar Tidur Minimalis Dengan Headboard Kolase Foto

Kesan sederhana atau simpel dari kombinasi warna monokrom membuat desain kamar tidur minimalis dapat terasa begitu monoton. Permainan dan tata letak dekorasi dari kolase bingkai foto yang dipasang pada bagian headboard tempat tidur dapat memberikan inspirasi tersendiri yang berbeda dan unik, terutama kesan yang dapat Anda dapatkan saat Anda terbangun di pagi hari. Sedikit sentuhan alami dari tanaman hias serta lantai kayu bisa melenyapkan kesan jenuh dan sumpek yang terasa di ruang kamar tidur bertipe mungil ini.

Susunlah Furnitur Secara Memanjang Pada Desain Kamar Tidur Minimalis

Apakah perabot dan furnitur Anda berukuran cukup besar? Mungkin inilah solusinya, untuk menempatkan furnitur yang berukuran besar pada kamar tidur minimalis, Anda dapat menyusunnya secara memanjang. Tempat tidur dapat Anda tempatkan pada bagian belakang ruang kamar, sedangkan meja kerja maupun kursi, ataupun furnitur lainnya seperti lemari dapat Anda tempatkan di bagian depan kamar.

Furnitur Anda kebanyakan terbuat dari kayu? Nuansa kamar Anda pun dapat Anda seragamkan dengan nuansa alami yang sama. Nuansa kayu yang tercipta akan menciptakan kehangatan di kamar tidur minimalis di rumah Anda.

Desain Kamar Tidur Minimalis Yang Atraktif

Ruang kamar tidur yang tidak begitu luas bukanlah sebuah halangan untuk mengeksplorasi bentuk desain pada kamar minimalis. Meskipun luas ruang kamar Anda terbatas, ruang kamar tidur tetap dapat tampil menyenangkan dengan bunk bed bertema rumah kayu. By the way, apa itu Bunk bed? Seperti yang pernah dilangsir oleh medcom.id, Bunk bed adalah fitur tempat tidur bertingkat yang unik dan praktis yang dapat mengakomodasi hingga 3 orang. Bunk bed tersebut tidak hanya menjadi sebuah tempat beristirahat yang nyaman, namun juga dapat menjadi ruang tempat penyimpanan yang bermanfaat pada desain kamar tidur minimalis ini.

Nah, Sahabat Renovasik, itulah 6 tips desain kamar tidur minimalis yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk mendesain kamar tidur Anda yang berukuran mungil. Semoga Anda dapat mengambil manfaat dari sini yaa..

Kontak Kami