Panduan

Inilah 5 Tren Desain Interior Yang Diramalkan Bakal Mencuat Di Tahun 2021!



Tidak terasa, kita sudah sampai dipenghujung tahun 2020. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, hampir setiap tahunnya, tren desain interior selalu mengalami perubahan yang signifikan. Lalu bagaimana dengan tahun 2021? Renovasik pun belum dapat memastikan desain interior apa yang bakal booming ditahun depan, namun jangan kuatir, meskipun demikian, ada sejumlah perusahaan desain interior yang telah “meramalkan” desain seperti apa yang bakal mencuat dan diminati oleh banyak orang ditahun 2021.

Ramalan tren desain interior ini akan sangat bermanfaat, bisa dijadikan sebagai acuan dan referensi bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin segera mentransformasikan tempat tinggal mereka menjadi rumah hunian yang lebih segar untuk dihuni bersama keluarga tercinta ditahun yang baru.

Architecturaldigest, salah satu perusahaan ritel furnitur 1stdibs telah melakukan survei untuk memprediksi apa tren desain interior yang bakal diminati oleh banyak orang ditahun 2021. Mereka mensurvei ratusan desainer interior dari berbagai negara di dunia. Anthony Barzilay Freund, Direktur Editorial sekaligus Direktur Seni Rupa 1stDibs, buka-bukaan, bahwa selama satu tahun ini mereka telah mengamati tren desain interior yang selalu berkembang.

“Kami telah menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan tentang perkembangan tata ruang dan desain interior apa yang akan banyak diminati dan disukai oleh orang-orang.” klaim Freund.

Nah, Sahabat Renovasik, dilansir dari laman web Architecturaldigest, berdasarkan survei yang telah mereka lakukan, akan terjadi perubahan tren desain interior pada tahun 2021 mendatang, dan tren tersebut dikelompokkan menjadi lima kategori utama. Apa saja? Mari kita mulai dari yang pertama.

1. Desain Interior Bertema Alam

Freund berkata bahwa seperempat dari para desainer interior yang disurvei menunjukkan bahwa tren desain interior bertema alam bakal cenderung meningkat ditahun 2021. Menurut sang Direktur Editorial ini, desain bangunan bertema alam akan menjadi tren yang mencuat dan diminati oleh banyak orang. Alasannya cukup simpel, karena tema alam memberikan inspirasi mendalam.

Salah satu desainer interior 1stdibs, Laura Hodges juga mengamini hal ini.

"Kita sebagai manusia, sangat berhubungan erat dengan alam, kita terkoneksi pada alam, dan kita mendapatkan inspirasi darinya." kata Laura.

Menurut wanita ini, desain interior bertema alam dapat diaplikasikan melalui installasi wallpaper botani, mural bertema alam yang dilukis dengan tangan, serta hadirnya tanaman, pohon maupun taman vertikal di dalam ruangan.

2. Desain Interior Rona Bumi Dengan Warna Yang Hangat

Desain Rona Bumi, desain apa itu? Desain ini adalah desain yang memanfaatkan bebatuan alam untuk desain interior rumah. Contohnya seperti zamrud, kobalt, oranye dan mustard kuning. Bebatuan ini memiliki warna-warna hangat untuk diaplikasikan pada rumah hunian. Desain interior kedua inilah yang diramalkan akan menjadi tren yang mendominasi ditahun 2021.

Kejenuhan menghabiskan waktu didalam ruangan, membuat orang ingin kembali merasakan suasana alam bebas dirumah mereka. Karena hal ini, Gil Melott, seorang desainer, berkata bahwa desain interior rona bumi dengan warna yang hangat akan menjadi tren, yaitu desain dengan suasana yang tenang dan lebih membumi.

“Saya telah menemukan bahwa saat orang telah menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, ada keinginan dan hasrat untuk memeluk alam bebas, caranya dengan menggunakan warna yang lebih membumi pada rumah hunian, hal ini akan membangkitkan rasa tenang dan nyaman bagi penghuni rumah.” kata Gill Melott.

Menurut Gill ada pergeseran desain interior secara halus ke arah warna bumi yang lebih sederhana.

"Kami mempercayai kekayaan warna bumi akan memberikan makna baru tentang bagaimana cara rumah hunian bisa menjadi terasa nyaman, aman dan tentram." ujarnya.

3. Desain Interior Old School Bertema 1970-an

Sebanyak 29% peserta survei memprediksi bahwa tema desain interior old school tahun 1970-an akan kembali trending atau mencuat di tahun 2021.

"Bila saya harus memilih mana dekade favorit saya, mungkin tema desain interior tahun 1970-an lah yang jadi pilihan saya." jawab seorang Desainer Angie Hranowsky.

Menurut Angie, Tahun 70-an menjadi masa yang mencerminkan kebebasan dan individualitas. Mulai dari gaya fashion, palet warna yang bersahaja, kebebasan hingga kepada individualitasnya. Ia selalu menemukan inspirasi dalam dekade Bohemian ini.

"Namun, pada saat ini, gaya desain interior 70an terlihat mengalami kebangkitan, baik dari sisi furnitur modernnya, atau dari detail tradisional seperti motif bunga dan pinggirannya. Disini, kita dapat memandang desain interior gaya old school melalui lensa yang lebih modern," tambah Angie.

4. Desain Interior Tema Kontemporer

Desain interior selanjutnya yang diramalkan trending di Tahun 2021 adalah desain interior bertema kontemporer. Desain interior kontemporer adalah desain kekinian yang mengacu pada dekorasi interior yang lebih baru dan mutakhir.

Gaya desain interior bertema kontemporer selalu menampilkan gaya ruangan yang bersih dan rapi. Sebuah gaya desain yang memang bertujuan untuk merepresentasikan masa sekarang.

1StDibs mencatat ada sekitar 31% responden yang memilih desain interior bertema kontemporer sebagai gaya pilihan mereka dari total 14 tema desain yang mereka bisa pilih.

5. Desain Interior Bertema Artisanal

Desain interior yang terakhir yang diramalkan akan banyak digunakan pada tahun 2021 adalah desain dengan tema artisanal.

Artisanal adalah desain yang menggunakan produk atau furnitur hasil kerajinan tangan, alami dan berkualitas tinggi.

1StDibs mencatat, ada sebanyak 61% desainer interior yang berpartisipasi dalam survei yang mengatakan bahwa saat mereka membeli barang baru, mereka juga banyak membeli barang-barang furnitur dengan kategori artisanal.

Desain interior artisanal dapat memberikan kesan nuansa desain bangunan yang natural, alami dan indah. Contohnya seperti desain interior rumah hunian yang dipenuhi dengan material kayu dan lainnya.

Kontak Kami