Panduan

Inilah 4 Hal Yang Harus Anda Ingat Sebelum Melakukan Kredit Bangun Rumah!



Membangun rumah baru, dari awal hingga selesai, dan dapat ditempati oleh seluruh anggota keluarga memang menjadi tujuan dan cita-cita dari sebagian banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki harapan besar untuk dapat tinggal dirumah yang sesuai dengan selera dan ekspektasi mereka, mulai dari desain interior maupun eksteriornya. Keren yaaa… Apakah ada Sahabat Renovasik disini yang pernah memimpikan hal besar tersebut?

Pastinya ada. Kami yakin itu.

Namun, apakah Anda tahu, membangun rumah ada kalanya terbilang susah-susah gampang, apalagi buat Anda yang baru pertama kali berniat untuk melakukannya, butuh proses yang panjang dan bahkan bisa menguras energi.

Apa, proses yang panjang? Benar, bahkan sebagian orang ada yang meyakini bahwa membangun rumah sama artinya bahwa Anda harus siap untuk berkomitmen. Apa pasal? Karena dengan memiliki rumah baru sendiri, artinya Anda juga harus memperhitungkan biaya pemeliharaan rumah tersebut dengan baik.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membangun rumah baru, terutama dengan cara kredit atau mengangsur, ada beberapa hal penting yang harus Anda ingat dan lakukan… Apa saja hal tersebut? Yuk, kita awali dari yang pertama.

Pertama, Cek Rencana Anggaran Biaya (RAB) Dan Pastikan Sesuai Dengan Kemampuan Keuangan Anda

Sudah barang tentu hal penting ini menjadi yang pertama, dan pastinya Anda harus lebih teliti untuk urusan yang satu ini. ­Cek kembali, apakah Rencana Anggaran Biaya (RAB) sudah mencakup semuanya atau belum. Karena apa? Karena hal inilah yang akan memastikan apakah biaya sesuai dengan budget yang Anda miliki setiap bulannya atau tidak…

Pada umumnya, nilai pembangunan rumah sudah termasuk PPN 10%, biaya untuk Akta Jual Beli (AJB) maupun biaya Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Namun, yang patut untuk diingat dan diperhatikan, biasanya, belum termasuk Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan (BPHTB) dll. Semuanya tergantung dari kebijakan masing-masing developer.

Jadi, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang harga pasar untuk kredit bangun rumah dilokasi pilihan Anda, baik secara online atau langsung. Atau, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan pihak yang professional seperti Renovasik untuk memastikan mendapat harga terbaik dan paling sesuai dengan keuangan Anda.

Kedua, Perhatikan Lokasi Rumah Yang Akan Jadi Tempat Tinggal Anda

Yesss, lokasi menjadi hal selanjutnya yang layak untuk Anda perhatikan saat Anda hendak membangun rumah impian Anda. Salah memilih lokasi akan menyebabkan kehidupan Anda menjadi tidak mudah.  

Silakan perhatikan, apakah lokasi rumah tempat dimana Anda hendak membangun dekat dengan akses jalan raya, transportasi dan area publik lainnya, misalnya seperti tempat perbelanjaan, sekolah atau kantor Anda? Apabila Anda adalah seorang pekerja kantoran, tentunya Anda menginginkan lokasi rumah yang dekat dengan tempat Anda bekerja, begitupun juga sebaliknya, bila Anda menginginkan rumah yang dekat dengan akses sekolah untuk anak-anak, Anda akan memilih lokasi yang tepat juga, bukan?

Ingatlah hal ini, Anda akan tinggal disana dalam jangka waktu yang lama. Jangan sampai Anda menyesal dikemudian hari hanya karena tidak memperhatikan faktor yang satu ini.

Ketiga, Periksalah Keamanan Lingkungan Dimana Rumah Dibangun

Hal penting ketiga yang harus Anda ingat saat melakukan kredit bangun rumah adalah, Anda juga harus memperhatikan soal keamanan lingkungan disekitar rumah yang akan dibangun. Bagaimana kondisi sosialnya, dan banyak lagi hal lainnya.

Ketahuilah bagaimana budaya masyarakat sekitar dan bagaimana tingkat kriminalitas dilingkungan tersebut. Tentunya, Anda akan lebih aman bila tinggal bersama dengan tetangga-tetangga yang memiliki hati baik dan kepedulian sosial yang tinggi, bukan?

Keempat, Dapatkan Posisi Terbaik Ke Arah Mana Rumah Menghadap

Hal penting terakhir yang layak diingat saat melakukan kredit bangun rumah adalah bagaimana arah posisi rumah tersebut. Tentu saja, masing-masing memiliki opini dan pendapat yang berbeda tentang hal ini.

Bila Anda adalah orang yang memiliki keyakinan terhadap Shio dan Feng Shui, Anda bisa mengkonsultasikan arah rumah yang tepat dengan konsultan Feng Shui yang Anda percayai, misalnya saat Anda hendak memiliki rumah yang penuh rejeki dan berlimpah kemakmuran.

Namun, bila Anda adalah seorang yang scientific, dan lebih mementingkan kesehatan keluarga, Anda bisa memilih membangun rumah dengan menghadap kearah matahari terbit. Anda dan keluarga akan menerima lebih banyak sinar mentari pada pagi hari, jauh lebih sehat bagi tubuh. Manfaat lainnya, Anda dan keluarga tidak akan merasakan hawa yang terlalu panas disaat malam tiba.

Arah mana yang lebih baik? Andalah yang menentukannya.
 

Nah, demikianlah beberapa hal yang layak untuk Anda ingat dan kerjakan saat Anda berniat melakukan kredit untuk membangun rumah baru Anda. Bangun rumah belum ada biaya? Mudah. Ya ke Renovasik aja.

Kontak Kami