Inilah 4 Cara Untuk Mengatasi Problema Atap Rumah Bocor Akibat Hujan Lebat



Problema atap rumah bocor bisa saja terjadi karena berbagai alasan. Misalnya saja, karena posisi genteng yang menjadi tidak beraturan atau karena adanya kerusakan seperti pecah di bagian tersebut.

Problema ini, umumnya terjadi pada saat musim hujan. Terlebih lagi jika sering terjadi hujan lebat. Air hujan yang masuk melalui celah-celah genteng akan merembes hingga menetes kepermukaan plafon ruangan.

Dan bila kebocoran tersebut tidak segera ditangani, bisa membuat plafon menjadi lapuk, ditumbuhi jamur, dan bahkan membuat air akan merembes kebagian dalam rumah. Dilain hal, rembesan air hujan yang menetes dari plafon, tidak hanya akan merusak kondisi atap, namun juga dapat merusak keindahan interior dari rumah Anda.

Selain genteng, bagian semen dibagian bawah nok yang retak pun dapat menyebabkan bocor pada bagian atap. Demikian pula dengan kontruksi atap yang melengkung, dapat berpotensi menimbulkan problema kebocoran. Kami yakin, Sahabat Renovasik tidak ingin mengalami hal tersebut, kan?

Nah, bila hal tersebut sudah terlanjur terjadi pada rumah Anda, berikut ini ada 4 cara untuk mengatasi problema atap rumah bocor akibat hujan lebat.

01. Segera Temukan Sumber Kebocoran

Tentu saja, tindakan pertama yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki atap rumah yang bocor adalah dengan mencari dan menemukan sumber kebocoran sesegera mungkin.

Benar, sesegera mungkin, karena dengan demikian, Anda bisa menentukan jenis material apa yang tepat untuk Anda gunakan sebagai pelapis dari kebocoran tersebut. Anda dapat menggunakan jasa renovasi seperti Renovasik bila Anda tidak dapat memperbaikinya secara mandiri.

02. Mengganti Talang Air Yang Rusak

Tidak hanya genteng, talang air yang rusak pun seringkali menjadi sumber masalah dari bocornya sebuah rumah. Ada baiknya, jika Anda melakukan cek dan ricek pada bagian talang seng.

Jika Anda mendapati kerusakan disana, segeralah untuk mengganti talang seng dengan talang bermaterial zink alum yang lebih tahan lama dan tahan karat.

03. Mengaplikasikan Cat Pelapis Anti Bocor Pada Nok Atap

Apabila sumber bocor berada pada bagian nok atap, maka Anda dapat menambal bagian retak rambut tersebut dengan cat pelapis anti bocor yang saat ini sudah banyak beredar dipasaran.

Jika terdapat bagian yang retak pada talang dak rumah yang menyebabkan air hujan merembes ke dalam ruangan, cara ini juga dapat Anda aplikasikan.

04. Membenahi dan Merapikan Susunan Genteng

Kebocoran atap rumah juga dapat terjadi karena susunan genteng yang telah berantakan, menimbulkan celah sehingga air hujan dapat merembes masuk. Karenanya, segera benahi dan rapikan letak genteng hingga posisi kembali presisi dan lurus.

Jika Anda menemukan ada genteng yang telah pecah maupun rusak, segeralah untuk menggantinya dengan genteng yang baru yang memiliki warna sama.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.