Panduan

Ini Dia Tren Warna Cat Rumah Populer di Tahun 2019



Bila berbicara tentang membangun atau merenovasi rumah, mewarnai dinding rumah selalu menjadi hal yang paling dekat dengan hal tersebut. Seperti pada umumnya, setiap tahun banyak orang berpikir dan merasa cukup penting untuk merubah suasana rumah dengan cara mengganti warna cat dindingnya. Yess, selain untuk mengganti suasana rumah tempat tinggal kita, ternyata warna cat rumah juga dapat mempengaruhi kondisi psikologis dari penghuninya. Bahkan banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa warna cat rumah ternyata memang memberi efek atau dampak yang cukup besar bagi penghuni rumah tersebut. Contohnya, bila sebuah rumah dicat dengan warna merah, efek psikologis yang penghuni terima adalah rasa penuh semangat yang berkobar atau berapi-api. Namun sebaliknya, apabila sebuah rumah hunian dicat dengan warna hijau, maka ada kemungkinan besar penghuninya akan merasakan keteduhan, kedamaian serta kesejukan. Menarik sekali kan ...

Nah, Sahabat Renovasik, apabila Anda juga berpikir untuk mengganti warna cat rumah saat melakukan renovasi di tahun ini, dibawah ini ada beberapa referensi warna cat yang akan Renovasik berikan untuk membuat rumah Anda lebih cantik dan indah.

Koral

Kesan awal yang hadir bila Anda menggunakan warna koral adalah kesan penuh energi. Warna koral memberikan nuansa hangat, keceriaan, dan juga rasa penuh semangat. Anda pun dapat memadukan atau mengkombinasikan cat rumah koral ini dengan warna lain yang senada seperti warna merah jambu (pink) atau oranye, yang akan menghasilkan perpaduan yang harmonis diruangan Anda. Warna koral cocok untuk Anda aplikasikan pada ruang keluarga maupun ruang tidur.

Hijau

Warna hijau, baik hijau muda hingga hijau tua hingga saat ini tidak pernah menjadi warna yang ketinggalan jaman. Dari waktu dulu hingga sekarang, warna hijau menjadi warna favorit dari banyak orang. Kesan dan nuansa sejuk serta teduh dari warna ini menjadi kesukaan mereka yang tidak lekang oleh waktu. Selain itu, cat warna hijau juga sangat mudah dan gampang untuk dikombinasikan dengan furnitur maupun perabot berwarna apapun.

Pale Pink

Warna pale pink/pink pucat akan menjadi salah satu tren warna pastel di tahun ini. Bagi Anda yang sudah bosan dengan warna putih atau warna broken white, warna pale pink bisa menjadi alternatif terbaik lainnya. Warnanya pun tidaklah terlalu feminim, jadi Anda dapat menggunakannya pada ruang ruang tamu ataupun juga ruang keluarga. Dan sama seperti warna hijau, warna pale pink juga mudah sekali dikombinasikan dengan warna lain seperti warna coklat ataupun putih. Untuk mendapatkan kesan yang lebih cerah, Anda dapat memadupadankan dengan warna yellow lime color.

Kuning

Warna kuning mencerminkan rasa optimis serta keceriaan, warna ini pun akan menjadi tren warna cat rumah pada tahun ini. Sangat tepat diaplikasikan pada ruang kamar anak karena dapat merangsang dan menstimulasi penglihatan mereka. Kombinasi dengan warna biru atau pastel akan menciptakan kesan cantik pada ruangan. Pilihan lainnya, Anda dapat kombinasikan dengan wallpaper dengan motif chevron untuk membuat kesan lebih ceria, atau dengan motif klasik untuk menciptakan kesan elegan dan berkelas.

Ungu

Banyak orang yang jarang sekali terpikir untuk menggunakan warna ungu (terutama warna ungu tua) untuk mewarnai dinding pada rumah mereka, karena merasa bahwa warna ini menimbulkan kesan yang gelap. Padahal pada kenyataannya, memadukannya dengan furniture atau perabot dengan warna yang tepat, akan membuat warna ungu ruangan menjadi terlihat sangat cantik. Bila Anda bosan dengan segala sesuatu yang berwarna putih? Anda dapat mengkombinasikannya dengan warna emas atau warna mustard untuk membuat kesan yang lux dan mewah. Benar karena secara menyeluruh, efek awal yang diciptakan dari sentuhan warna ungu adalah kesan berkelas. Warna ungu juga menciptakan kesan intim pada suatu ruangan, oleh sebab itu cat warna ungu sangat Renovasik rekomendasikan untuk Anda aplikasikan didalam ruang tidur.

Hazelnut

Seperti yang sudah Sahabat Renovasik ketahui, warna coklat merupakan warna cat favorit sejuta umat sejak jaman dahulu kala. Dan, sub dari warna coklat yaitu warna hazelnut pun akan demikian pula. Bersamaan dengan meningkatnya popularitas desain interior bertemakan scandinavian  dan shabby chic, popularitas warna hazelnut semakin meningkat tajam. Banyak vendor yang saat ini berlomba-lomba menciptakan furnitur atau perabot dengan warna hazelnut. Kesan awal yang ditimbulkan saat melihat warna hazelnut ini adalah kesan sederhana dan sleek. Sangat tepat diaplikasikan oleh mereka yang menyukai kesederhanaan. Namun, yang perlu Anda ingat apabila Anda ingin mengecat rumah hunian dengan menggunakan warna ini, pastikan terlebih dahulu ruangan tersebut cukup mendapat sinar cahaya mentari supaya tidak menciptakan kesan yang gelap nan suram.

Baby Blue

Warna pastel memang mendominasi tren warna cat rumah di tahun ini. Dan salah satunya adalah warna baby blue. Benar, warna baby blue bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat Anda ambil untuk warna rumah Anda. Kesan lembut namun bersih dapat Anda dapatkan melalui penggunaan warna pastel ini. Sangat tepat digunakan untuk hampir seluruh ruangan di rumah Anda. Warna baby blue akan lebih terlihat harmonis apabila dipadupadankan dengan warna coklat ataupun putih. Baby blue juga dapat memberi efek ruangan terlihat lebih luas dan juga lapang. Hmmm, siapa Sahabat Renovasik disini  yang berniat untuk mengaplikasikan warna baby blue untuk ruangan dalam rumah, apakah Anda salah satunya?

Abu – abu

Warna abu-abu juga warna yang booming di tahun ini. Sama halnya seperti penggunaan warna hazelnut, apabila Anda ingin mengecat sebuah ruang menggunakan warna abu-abu tua, maka pastikan terlebih dahulu ruangan tersebut mendapatkan cukup pencahayaan dari sinar mentari. Anda juga dapat membantunya supaya ruangan itu terlihat menjadi lebih cerah dengan pemakaian segala furniture yang berwarna putih. Contohnya, cat kusen jendela yang berwana putih ataupun penempatan lemari putih pada ruangan.

Dengan referensi terbaik yang telah Renovasik berikan diatas, apakah Anda sudah menentukan warna cat untuk rumah Anda sekarang?

Kontak Kami