Panduan

Ini Dia 7 Tips Praktis Ala Kita Sebelum & Saat Renovasi Rumah Sedang Berjalan



Apakah Anda sedang berniat untuk merenovasi rumah?
Apa saja hal yang perlu Anda persiapkan sebelum merenovasi rumah?
Atau apa yang harus Anda lakukan saat Renovasi sedang berjalan?

Ya, banyak orang menyadari bahwa persiapan-persiapan sebelum melakukan renovasi sangat penting untuk dipahami bagi mereka yang akan melakukan renovasi rumah atau bangunan. Mereka harus memahami tahap demi tahap agar Renovasi berjalan optimal. Tidak terkecuali juga bagi Anda dan saya. Tentu saja itu semua agar Anda dan keluarga mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan membahagiakan saat tinggal dirumah hunian Anda.

Rumah tinggal memang memerlukan perawatan, tidak jauh berbeda dengan barang lainnya. Perawatan haruslah dilakukan secara rutin dan berkala agar rumah tetap terlihat rapi dan bersih sehingga siapapun yang menghuni dan datang berkunjung akan merasa betah dan nyaman. Namun lain halnya apabila unsur bangunan rumah ada yang rusak, mau tidak mau diperlukan perbaikan atau renovasi rumah.

Lalu Apa Saja Yang Perlu Direnovasi?

Yuk mari kita amati rumah yang Anda huni saat ini, apakah catnya sudah mulai mengelupas? Atau coba kita tengok ke atas, adakah bekas bocor di waktu hujan disana? Apakah pintu rumah tidak dapat ditutup dengan baik, atau tembok sudah mulai retak karena dimakan waktu? Hmm, apabila kondisi rumah yang Anda huni sudah seperti itu, sekali lagi, mau tidak mau, Anda harus melakukan renovasi rumah.

Renovasi rumah terkadang tidak selalu berjalan mulus seperti yang Anda dambakan. Kendala yang tidak terduga dapat terjadi kapan dan dimana saja. Dan hal tersebut pada umumnya terjadi karena kurangnya persiapan dan perhitungan yang matang dari sang pemilik rumah maupun pelaksana jasa renovasi rumah.

4 Persiapan Sebelum Renovasi Rumah

Setelah kita mengetahui kemungkinan munculnya kendala yang tak terduga, inilah saatnya kita untuk mengantisipasinya dengan persiapan-persiapan sebelum melakukan renovasi rumah. Hal ini agar Anda mendapatkan hasil Renovasi rumah yang optimal seperti yang Anda dambakan.

Dan inilah 4 persiapan sebelum melakukan renovasi rumah agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar:

  • Anggarkan Dana
    Menyediakan dana adalah hal awal terpenting yang harus Anda lakukan sebelum melakukan renovasi rumah. Anda dapat mengumpulkannya dengan cara menabung sebagian dari penghasilan Anda. Hitunglah estimasi biaya yang dibutuhkan, lebihkan 10% dari biaya totalnya. Biaya yang Anda perlukan bisa mencapai ratusan juta, maka persiapkanlah dengan baik. Belum ada dana? Bersama Renovasik Anda dapat mencicilnya setiap bulan.
  • Surat-Surat Perijinan
    Hal kedua yang tidak kalah pentingnya adalah surat-surat perijinan, Anda akan membutuhkan ijin dari berbagai instansi terkait, mulai dari kecamatan, dinas tata kota, sampai IMB. Pastikan semua sudah selesai agar proses Renovasi berjalan sukses dan lancar.
  • Temukan Penyedia Jasa Renovasi Yang Profesional
    Saat Anda merasa tidak sanggup untuk meng-handle semua kebutuhan renovasi sendiri karena alasan tertentu, misalnya karena kerumitannya, inilah saat yang tepat untuk meminta bantuan. Hubungi segera jasa renovasi rumah yang tepat, sehingga rumah Anda dapat selesai sesuai jadwal dengan hasil terbaik. Anda juga dapat menggunakan jasa Renovasik. Kami tidak bilang bahwa kamilah yang terbaik, mereka yang pernah menggunakan jasa kami yang mengatakannya.
  • Tempat Tinggal Sementara
    Benar, untuk sementara waktu, Anda dapat menghuni tempat tinggal sementara. Anda dapat mengontrak atau tinggal di tempat orangtua maupun saudara. Ini adalah solusi agar Anda bebas merdeka dari kebisingan akibat pengerjaan renovasi rumah.

3 Tips Saat Renovasi Rumah Sedang Berjalan

Saat Anda sudah sampai pada tahap renovasi rumah yang sedang berjalan. Anda dapat melakukan tips dibawah ini supaya Anda dapat berhemat waktu, uang dan tenaga:

  • Buat list untuk skala prioritas tentang apa yang akan Anda renovasi, sehingga, apabila Anda tidak ingin merenovasi rumah secara total, maka Anda dapat memperbaiki terlebih dahulu ruangan yang paling dibutuhkan, misalnya kamar tidur.
  • Masih memiliki bahan bangunan yang bagus? Gunakan kembali pintu, jendela, genteng dan yang lainnya yang masih dapat Anda manfaatkan. Anda tidak harus membeli baru.
  • Prioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan utama, pilah mana yang Anda butuhkan dan mana yang tidak, karena tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya untuk melakukan renovasi.

Sahabat Renovasik, Sekarang, Anda telah siap untuk merenovasi rumah hunian Anda menjadi tempat yang menyenangkan dan membahagiakan bagi Anda dan keluarga Anda.

Kontak Kami