Panduan

Hindarilah 6 Kesalahan Fatal Ini Saat Membersihkan Ruang Kamar Tidur



Hmmm… Apakah Anda tahu, upaya untuk membuat diri menjadi tampil lebih menarik bukan hanya dengan sekedar mandi, menyikat gigi ataupun dengan membersihkan rambut dengan sampo? Lebih dari itu, perawatan pribadi yang sering orang lupakan adalah membenahi dan membersihkan ruangan yang sering mereka gunakan, terutama ruang kamar tidur.

Yes, benar sekali, apa sebab? Karena mengabaikan kebersihan ruang kamar tidur adalah tindakan yang kurang bijaksana bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk mulai merawatnya sehingga tempat tersebut mampu memperbaiki kesehatan Anda kembali , baik secara fisik dan mental. Dan, jika kita rutin membersihkan seluruh bagian ruang kamar tidur dan benda-benda yang berada didalamnya, maka kita akan merasakan dampak positif sesegera mungkin.

Namun, dilain pihak, apakah ada Sahabat Renovasik disini yang tahu, bahwa kita seringkali melakukan kesalahan saat membersihkan ruang kamar tidur? Benar, ada enam kesalahan umum yang sering dilakukan disaat membersihkan ruangan tersebut. Apa saja hal-hal tersebut? Yuk, mari kita telisik jauh lebih dalam.

Urutan pertama ditempati oleh penggunaan penyegar udara ruangan berbahan dasar kimiawi. Memang, pada dasarnya ruangan akan menjadi terasa lebih segar dan harum saat penyegar udara dipasang atau disemprotkan. Namun faktanya, penyegar ruangan juga menyebarkan bahan kimia yang beracun.

Menurut riset Scientific American, zat kimia seperti phthalate dan formaldehyde sering digunakan dalam produk penyegar udara ruangan ini. Dan zat-zat kimia tersebut dapat menyebabkan kerusakan neurologis dan reaksi alergi. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan penyegar udara, cobalah untuk menggunakan diffuser minyak astiri yang jauh lebih aman.

Membiarkan tumpukan debu merajalela menempati urutan kedua. Meskipun debu adalah hal yang biasa terjadi disetiap rumah, tetap penting bagi Anda untuk mulai membersihkan debu dari ruang kamar tidur secara rutin. Paparan terhadap tungau debu yang terjadi secara terus-menerus diketahui dapat menyebabkan reaksi alergi dan memperburuk gejala asma.

Yang ketiga adalah menggunakan produk pembersih yang mengandung racun. Telah diketahui, beberapa pembersih yang beredar dipasaran, sesungguhnya bisa membahayakan kesehatan Anda. Apa pasal? Sebab, produk-produk tersebut mengandung racun yang diketahui bersifat karsinogenik serta dapat menyebabkan iritasi kulit. Maka, berhati-hatilah dalam memilih produk untuk membersihkan ruangan kamar tidur Anda.

Di urutan keempat ditempati oleh sarung bantal dan sprei yang tidak pernah dicuci. Faktanya, benda-benda ini begitu penting bagi kesehatan. Sebab, bila Anda tidak pernah mencucinya, ada kemungkinan banyak bakteri yang akan menempel pada sarung bantal, ini terjadi, terutama jika Anda menggunakan ruang kamar tidur dengan masih menggunakan makeup atau produk perawatan tubuh lainnya tanpa membersihkan diri terlebih dahulu.

O ya, satu hal lagi yang mungkin Anda belum tahu, kita juga melepaskan berbagai sel-sel kulit mati pada saat malam hari, di mana berbagai tungau debu juga berupaya untuk memakan sel-sel tersebut. Oleh karena itu, cucilah seprai dan sarung bantal secara teratur, setidaknya seminggu sekali.

Kelima, mengabaikan dan membiarkan headboard kotor. Benar, mengabaikan dan membiarkan headboard menjadi tidak terawat juga bukanlah hal yang bijaksana. Meskipun sandaran kepala tempat tidur Anda berlapis kain, tidak menjamin bahwa akan tidak banyak kuman yang berkumpul di sana. Headboard berlapis kain juga harus dibersihkan dengan frekuensi yang cukup sering, bila memungkinkan, bersihkan juga bagian dinding belakang headboard-nya, seminggu sekali.

Terakhir atau yang keenam, tidak pernah membersihkan jendela ruang kamar tidur. Hal ini akan berdampak negatif pada tubuh pengguna kamar. Ini terjadi, terutama ketika memasuki musim dingin seperti musim penghujan. Pada musim ini, peluang tumbuh jamur akan semakin tinggi.

Paparan jamur ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, baik itu iritasi kulit, iritasi mata, hidung tersumbat sampai dengan penyakit paru-paru kronis. Ih, ngeri yaah… Lalu apa solusinya? Solusinya adalah dengan menggunakan Semprotan Pembersih berbasis organik.

Kontak Kami