Panduan

Hindari 7 Kesalahan Fatal Saat Menata Rumah Minimalis - Begini Caranya



Rumah minimalis sudah menjadi tren yang diminati banyak orang di jaman ini. Apa pasal? Salah satu alasannya adalah karena kemudahannya dalam menata ruangan. Namun, apakah Anda tahu? Meskipun mudah, terkadang kita juga tetap melakukan kesalahan yang jarang disadari saat menata rumah minimalis. Yah, namanya juga manusia biasa, tempatnya berbuat salah.

Seperti yang pernah dilansir dari laman web Huffpost, minimalis adalah tentang keterbukaan, kerapihan, kesederhanaan dan koneksi antara setiap sudut ruangan. Ini artinya, untuk mendapatkan semua hal tersebut, Anda harus menjadi pribadi cermat, dalam hal ini, misalnya cermat untuk tidak menghalangi garis pandang dari jendela ke ruangan lainnya.

Ini bukan hanya tentang pemilihan furnitur yang tepat untuk ditempatkan didalam ruangan, namun juga tentang bagaimana cara untuk meletakannya secara tepat. Bahkan, seorang Desainer Renovasik pun juga pernah menyarankan agar pemilik rumah dapat secara cermat mengatur peletakan furnitur sehingga ruangan memiliki titik fokus dan keseimbangan visual yang tepat.

Nah, untuk mendapatkan titik fokus dan keseimbangan visual yang tepat, apa saja kesalahan menata rumah minimalis yang harus Anda hindari? Inilah tujuh diantaranya.

1. Menyimpan Terlalu Banyak Barang

Salah satu karakter dari rumah minimalis adalah kesederhanaannya, tidak terlalu banyak barang yang tidak diperlukan ditempatkan disana, karena menyimpan banyak barang justru akan merusak desain dan dekorasi dari rumah minimalis, terlebih lagi jika Anda meletakkan barang secara sembarangan.

Solusinya, sortir barang-barang yang ingin disimpan tersebut, pertimbangkan kembali apakah barang tersebut masih Anda gunakan atau tidak, jika tidak, lebih baik Anda jual kembali dengan cara melakukan garage sale atau menyumbangkannya kepada mereka yang membutuhkan.

2. Tidak Memisah Antara Ruangan Yang Satu Dan Yang Lainnya

Dari namanya, rumah minimalis pastilah memiliki ukuran yang tidak besar. Hal inilah yang membuat banyak orang pada umumnya lebih suka untuk menyatukan beberapa ruangan menjadi satu ruangan. Apakah boleh? Tentu saja boleh dan sah-sah saja, namun terkadang hal ini menyebabkan ruangan menjadi terlihat tidak rapi dan berantakan.

Nah, agar dekorasi ruangan menjadi lebih rapi, alangkah lebih baiknya Anda membuat pemisah antar ruangan tersebut, misalnya dengan memberikan dinding pembatas yang tipis seperti lemari ataupun tirai.

3. Pemilihan Furnitur Yang Tidak Tepat

Pemilihan furniture atau perabot yang tepat pada rumah minimalis adalah hal yang cukup penting. Pemilihan furnitur haruslah berdasarkan atas dua hal, yaitu ukuran dan fungsinya.

Pertama, hindarilah membeli furnitur yang berukuran besar untuk rumah minimalis, karena furniture tersebut akan membuat ruangan di rumah Anda menjadi lebih sempit. Kedua, belilah berdasarkan fungsinya, bila sekiranya furniture tersebut tidak diperlukan, yaa jangan dibeli, karena hanya akan membuat ruangan menjadi penuh sesak.

4. Memajang Banyak Hiasan Dinding

Pajangan dan dekorasi dinding memang membuat rumah minimalis terlihat tampil lebih memikat, sayangnya, terlalu banyak memajang hiasan justru akan membuat rumah menjadi terlihat berantakan. Untuk itu, batasi jumlah pajangan dan dekorasi pada dinding rumah Anda.

5. Minim Pencahayaan

Tanpa memiliki pencahayaan yang baik, rumah minimalis akan terlihat suram. Oleh karena itu, pastikan setiap ruangan di rumah minimalis mendapatkan penerangan yang baik, baik oleh cahaya matahari maupun terang oleh cahaya sinar lampu saat malam hari.

6. Membiarkan Kabel Berserakan Dimana-mana

Meskipun terlihat sepele, membiarkan kabel-kabel berserakan dan tergeletak di mana-mana juga akan membuat rumah minimalis menjadi terlihat tidak rapi dan cenderung berantakan. Kabel-kabel bisa dirapikan dengan memanfaatkan alat pengikat kabel, meletakkannya dibalik lemari ataupun disudut yang tidak terlihat oleh pandangan mata.

Ingatlah juga, bagi Anda yang sering menggunakan smartphone untuk beraktifitas, jika Anda sudah selesai mengisi baterai smartphone Anda, simpanlah charger di tempat semestinya.

7. Minim Tempat Penyimpanan

Rumah minimalis seringkali terlihat berantakan karena banyaknya benda dan barang-barang kecil yang tergeletak dimana-mana, misalnya boneka dan mainan anak Anda. Barang-barang tersebut berpeluang besar untuk tergeletak berserakan karena Anda tidak memiliki tempat penyimpanan yang baik.

Jadi, pastikan Anda memiliki tempat penyimpanan seperti rak dan laci di rumah Anda. Anda bisa memanfaatkan furnitur multifungsi yang memiliki banyak laci.

Kontak Kami