Panduan

Desain Interior Mediterania? Yuk Kenali Karakter Desain Dari Pantai Selatan Eropa Ini



Di antara banyak gaya desain rumah, gaya desain interior mediterania termasuk gaya yang diminati oleh banyak orang. Mereka menyukai karakter spesial yang pada umumnya membawa imajinasi tentang suasana, rasa dan warna dari pantai selatan di Eropa sana. Kentalnya lifestyle atau gaya hidup yang ramah dan damai dari wilayah pantai ini pun seringkali terpancar dari gaya desain interior yang terkesan santai, namun selalu dihiasi furnitur berukuran besar dan dinding yang bertekstur khas.

Apakah Sahabat Renovasik tahu, Interior rumah mediterania kerapkali menunjuk pada gaya desain interior dari Yunani, Italia dan juga Spanyol. Wilayah-wilayah ini terkenal karena perairannya yang berwarna pirus, hari-hari panas yang diterangi sinar matahari serta hasil bumi dan bunga cerah yang berlimpah. Dan semua ini dicerminkan dalam desain interior mediterania.

Selain hal diatas, interior mediterania juga selalu menggunakan warna, kain, tekstur dan material tertentu yang sangat dipengaruhi oleh budaya dari negara-negara tersebut. Namun, meskipun demikian, gaya ini tetap terlihat menarik saat dikombinasikan dengan mebel rustic, furnitur luar, lantai batu atau ubin kayu maupun tekstur dinding.

Karakter Desain Interior Mediterania

Gaya desain mediterania adalah gaya desain yang memiliki karakter unik tersendiri yang berbeda dengan gaya-gaya lainnya, contohnya:

Selasar, teras dan halaman pada umumnya dilengkapi dengan kolam air mancur untuk membuat suasana rumah hunian menjadi lebih sejuk. Di beberapa tempat lainnya, umumnya terdapat pelebaran ruang dari bagian dalam ke luar. Ruang ini pada umumnya dimanfaatkan sebagai ruang makan atau sekedar ruang tempat duduk bersantai anggota keluarga.

Unsur alam yang kental banyak menjadi inspirasi untuk material rumah, baik dari lantai, plafon maupun dindingnya. Dan, dinding rumah mediterania pada umumnya dibuat dengan tekstur yang kasar untuk menonjolkan kesan alami dari alam.

Anda mungkin pernah membaca tentang laut Mediterania yang memiliki sinar matahari yang kuat, hal inilah yang membuat penduduknya lebih memilih warna-warna yang tegas untuk rumah hunian mereka. Contohnya, seperti kombinasi dari warna putih dan biru laut Mediterania.

Namun, jika ada Sahabat Renovasik disini yang masih bingung mengenai desain interior ala mediterania ini, yuk mari kita simak beberapa contoh ruang dari rumah bergaya mediterania. Harapannya, tentu saja agar Anda lebih mengenal tentang gaya desain yang penuh karakter ini.

Ruang Keluarga

Gaya desain mediterania pada ruang keluarga dapat Anda lihat dari pemilihan warna dan nuansa ruangan. Biasanya, dinding berpermukaan kasar dan memiliki pintu besar yang terhubung dengan bagian dari luar ruangan. Ruang keluarga, biasanya langsung terhubung dengan bagian luar yang memiliki kolam renang. Tempat yang biasanya dijadikan sebagai tempat untuk bersantai bersama seluruh anggota keluarga.

Ruang Kamar Tidur

Ruang kamar tidur bergaya Mediterania bisa Anda lihat dari ruang kamar tidur yang didominasi oleh unsur kayu alami dan dinding yang bertekstur. Benar, ruang kamar tidur seperti ini memberikan nuansa yang berbeda daripada ruang kamar tidur pada umumnya. Elemen utamanya adalah penggunaan furnitur dengan gaya regional yang dipadukan dengan nuansa warna cokelat, merah dan kuning yang penuh dengan kehangatan.

Ruang Dapur

Tidak hanya ditemukan pada ruang seni, Anda dapat menemukan ruang dapur yang berbentuk kubah ala gedung bersejarah Baroque dengan lukisan pada langit-langitnya. Karakter asli inilah yang membuat kesan klasik tetap ada meski rumah telah menjadi rumah bergaya mediterania modern. Umumnya, Anda pun dapat menemukan ruang dapur dengan peralatan stainless steel, tempat penyimpanan dan kursi dengan gaya serupa.

Foyer

Selain dinding yang bertekstur, balok kayu terbuka maupun pintu depan bermaterial kayu bergaya klasik, foyer tetap terdiri dari elemen tradisional ala mediterania. Pada umumnya terdapat tangga patung replika patung Yunani yang biasanya diambil bentuknya dari patung-patung abad ke-19.

Nah, apakah Anda mulai tertarik untuk memiliki rumah hunian bergaya mediterania modern yang elegan seperti itu?

Kontak Kami