Desain Apa Sih Yang Cocok Untuk Teras dan Taman Belakang Rumah?



Hei, ngomong-ngomong, selama ini kita belum pernah menulis satupun artikel bertema tentang bagian belakang rumah. Soalnya, bagian ini hampir tidak pernah terlihat dari luar, bahkan jarang sekali dibicarakan. Makanya, jadi timbul beberapa pertanyaan, apakah karena jarang sekali terlihat atau dibicarakan, makanya bagian ini tidak perlu deh didesain dengan baik, apakah benar harus demikan? Nah, untuk itu, kali ini renovasik mau coba ngobrol-ngobrol santai tentang hal ini, terutama tentang bagian teras dan taman di bagian belakang rumah.

Kita ulang pertanyaannya yaah, Apakah bagian belakang rumah tidak perlu didesain dengan baik? Sebelum kita jawab, coba deh sekarang Anda bayangkan tentang bila Anda memiliki ruang belakang dengan kondisi sebaliknya, Anda memiliki bagian belakang rumah yang berantakan, desainnya tidak beraturan, atau malah terkesan biasa saja, apakah Anda merasa nyaman disana? Tentu tidak bukan.

Namun, bagaimana bila Anda memiliki halaman atau teras belakang yang didesain menyatu dengan sebuah taman yang indah dan memikat, akankah hal ini membuat Anda merasa santai setelah seharian bekerja? Akankah hal ini membuat perasaan nyaman saat nongkrong disana bersama keluarga? Oh sudah pasti tentu. Karena apa? Karena teras dan taman belakang menawarkan opsi ruang privasi yang lebih personal, dan hal ini, akan menciptakan rasa nyaman sekaligus tenang ketika ngobrol dan bersantai bersama pasangan dan anak-anak.

Kira-kira desain apa sih yang cocok untuk teras dan taman belakang? Salah satu desain yang cocok dan kami rekomendasikan adalah desain bergaya etnik maupun natural. Sesuai dengan namanya, untuk bisa menambah kesan etnik, Anda bisa melengkapi teras belakang dengan furniture bermaterial alam, misalnya kayu, batu dan lain-lain. Selain furniture, Anda pun dapat menggunakan kayu sebagai plafon bagian belakang rumah, penambahan unsur kayu ini akan lebih menguatkan sensasi suasana alami di bagian belakang rumah.

Pada dinding teras, Anda bisa memasang koral untuk memperkuat nuansa etnik. Caranya pun cukup sederhana, pasanglah koral kira-kira setinggi satu meter pada dinding, bentuk koral yang tidak seragam akan menimbulkan efek tiga dimensi yang memikat. O ya, Anda sebaiknya menggunakan batu koral berwarna hitam atau cokelat, atau kombinasi dari keduanya supaya bisa lebih "masuk" ke dalam warna dinding di rumah Anda. Dan, bila teras ingin Anda desain dekat dengan taman, Anda bisa menggunakan ornamen stepping stones sebagai peralihan dari carport menuju teras, hal ini akan menambah kesan natural.

Lalu bagaimana dengan mereka yang memiliki rumah bergaya berbeda?

Tentu saja, Renovasik memiliki pendekatan yang berbeda juga untuk setiap rumah. Kita memang tidak pernah menyamaratakan setiap desain untuk setiap rumahnya. Semua tergantung dari gaya dan selera dari sang pemilik rumah.  

Pertama, untuk Anda yang memiliki rumah bergaya klasik, Anda bisa mendesain teras dan taman belakang menggunakan bahan material seperti marmer atau ubin, yang juga memiliki motif klasik tentunya.

Kedua, untuk Rumah bergaya tradisional, Anda bisa menggunakan bahan material lantai atau dinding bermotif kayu. Hal ini akan menambah dan menguatkan kesan etnik di bagian belakang rumah Anda.

Ketiga, untuk rumah bergaya modern, Anda bisa memilih lantai dengan bahan keramik, marmer, atau batu alam. Untuk lebih memperindahnya, Anda pun juga bisa menambahkan guci atau pot bunga di tepi teras sehingga lebih mempercantik tampilan halaman belakang rumah Anda.

Akhirnya,

Sekarang Anda sudah bisa memanfaatkan teras belakang sebagai ruang santai bersama keluarga.

Adanya taman dan teras belakang akan memberikan efek kedekatan Anda dengan alam. Banyak orang yang bilang bahwa kedekatan dengan alam, adalah hal yang baik, bahkan bisa dijadikan sebagai terapi, baik terapi fisik maupun mental. Misalnya saja nih, saat Anda sudah merasa penat dengan problema pekerjaan yang menumpuk, Anda bisa melepaskan itu semua, dengan rileks bersantai disana, atau berkumpul bersama dengan keluarga Anda, berbincang santai tentang problema di kantor sambil makan cemilan disore hari. Beban terangkat, stres Anda berkurang, dan mental Anda semakin sehat untuk menghadapi segala apapun yang akan datang. Lalu bagaimana dengan terapi fisiknya? Oh, hampir saja kami lupa, Anda bisa kok memanfaatkan taman belakang untuk melakukan hal-hal yang menyehatkan seperti berkebun dan bercocok tanam, jadi, selain mendapatkan tubuh yang sehat, Anda dan keluarga bisa selalu mendapatkan udara yang bersih dan segar.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.