Panduan

Cat Akrilik Untuk Interior & Exterior Ruangan, Tips Menggunakannya!



Pada umumnya, diluar sana, banyak orang yang menggunakan material akrilik sebagai bahan untuk bingkai foto, perabotan, patung, acrylic display, tempat brosur, rak, pembuatan huruf timbul, neon box dan masih banyak hal lainnya. Mereka belum menyadari bahwa material akrilik pun dapat digunakan sebagai bahan cat untuk pewarnaan dinding ataupun tembok rumah. Menarik sekali kan... Dan kali ini Renovasik akan sedikit mengulasnya.

Namun, sebelum kita mengulas tentang cat akrilik dan tips menggunakannya untuk dinding ataupun tembok rumah, alangkah lebih baiknya kita membahas sejarah awal tentang akrilik terlebih dahulu yaa... Resin Akrilik ditemukan oleh seorang ahli kimia dari negara Jerman, Dr. Otto Rohm. Setelah beberapa waktu, penemuan ini kemudian diadopsi dan diadaptasi oleh sebuah perusahaan, yang bernama Bocour Artists Colors, Inc.

Selanjutnya, perusahaan tersebut meluncurkan berbagai cat akrilik dengan pelarut terpentin yang dapat Anda gunakan sebagai media lukisan cat minyak. Namun, seiring kemajuan dan perkembangannya, di masa sekarang ini terdapat cat akrilik yang dapat dikombinasikan dengan minyak maupun air dan dapat Anda manfaatkan untuk pewarnaan dinding.

Apa itu Cat Akrilik? 

Sahabat Renovasik, Anda harus tahu bahwa cat akrilik terbuat dari plastik berbasis polietilen yang akan mengeras disaat kering. Berbagai variasi pigmen dapat Anda tambahkan ke dalam emulsi polimer akrilik untuk mendapatkan banyak warna cat yang beranekaragam. Singkat kata, cat akrilik sesungguhnya adalah cat plastik yang tersedia didalam bentuk pasta dan dikemas dalam semacam tube. 

Berbagai zat aditif umum ditambahkan ke dalam cat akrilik sehingga diperoleh berbagai jenis cat dengan berbagai sifat berbeda. Sebagian zat aditif membuat cat menjadi lebih tebal, tipis, atau kering lebih lambat. Hal ini sangat bermanfaat karena cat akrilik memiliki kecenderungan untuk mengering dengan lebih cepat. Setelah mengering, cat akrilik akan sulit untuk dihapus kecuali dengan menggunakan larutan alkohol khusus.

Zat aditif tertentu mengubah cara cat untuk terlihat. Cat akrilik dapat Anda campurkan dengan air hingga paling banyak 30% dari penggunaan supaya tidak mengurangi kualitas dari cat. Mengkombinasikannya dengan air akan membuat tampilan cat akrilik terlihat lebih lembut dan transparan. Karena sifatnya yang mudah mengering dengan lebih cepat, pastikan Anda mengaplikasikan cat akrilik secepat mungkin. Setelah mengering, cat akan tidak mudah Anda hapus atau modifikasi.

Tips Menggunakan Cat Akrilik

Benar, artikel Renovasik kalini akan menjadi kurang lengkap bila tidak ada tips untuk penggunaan cat akrilik. Maka, dibawah ini ada beberapa beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan dalam menggunakan cat akrilik pada rumah Anda. 

  1. Dikarenakan sifat cat akrilik yang mudah sekali mengering, pastikan Anda hanya mengambil sedikit cat pada satu waktu.
  2. Pastikan Anda mengeringkan kuas setelah membilasnya. Hal ini untuk menghindari tetesan air jatuh di permukaan medium dan membuatnya terlihat bernoda.
  3. Anda juga dapat mencampur cat warna tertentu dengan warna putih untuk membuatnya terlihat buram atau tidak transparan, maupun mencampurnya dengan sedikit air untuk mendapatkan efek transparan. 
  4. Cat tembok yang menggunakan Pigmen dan Acrylic dengan kualitas yang bagus dan sesuai takaran akan mampu menjaga kualitas kesegaran warna pada interior dan exterior ruangan serta tembok rumah anda dalam jangka waktu yang lama.

Cat akrilik, selain dapat digunakan untuk dinding atapun tembok, ia juga dapat digunakan pada media lainnya, seperti Besi, Kaca, kanvas, kain, serta kayu. Untuk Anda yang memiliki jiwa seni, cat Akrilik juga dapat Anda gunakan untuk berkarya dalam melukis dinding. Namun, yang penting Anda ingat, meskipun cat akrilik tidak memiliki racun, namun jangan pernah Anda gunakan untuk melukis tubuh manusia. Duh, Renovasik tidak dapat membayangkannya jika Anda mengaplikasikannya untuk kulit manusia, jangan yaah...

Bagaimana Sahabat Renovasik, apakah Anda tertarik untuk menggunakan cat akrilik untuk untuk exterior dan interior ruangan ataupun rumah Anda?

Kontak Kami