Panduan

Cara Untuk Membuat 5 Ruangan Di Rumah Menjadi Lebih Menawan Dengan Tanaman Hias



Sahabat disini, pastinya juga setuju bila tanaman hias bisa memberikan sentuhan yang menawan pada ruangan dalam rumah hunian, benar kan? Apalagi jika diiringi dengan pemilihan jenis tanaman hias yang tepat, hal ini bisa membuat ruangan dirumah Anda menjadi semakin lebih cantik.

Untuk itu, tanpa perlu berpanjang lebar, kali ini Renovasik akan membongkar cara untuk membuat lima ruangan dirumah menjadi lebih menawan dengan tanaman hias.

Apa saja kelima ruangan tersebut? Langsung saja, yuk kita mulai dari yang pertama…

Teras Atau Halaman Rumah

Teras atau halaman rumah adalah area sempurna pertama untuk meletakkan berbagai jenis tanaman hias, terutama untuk tanaman hias yang memerlukan pencahayaan alami untuk pertumbuhannya.

Meletakkan tanaman hias pada teras atau halaman rumah akan memberikan nuansa yang segar dan natural pada rumah hunian. Supaya tetap terlihat rapi dan indah, Anda dapat mengggunakan stand tanaman unik berwarna netral sebagai tempat untuk meletakkan tanaman tersebut. Alternatif lainnya, Anda dapat menaruh tanaman hias pada pot bermaterial rotan. Pot ini akan menjadikannya terlihat unik dipandang mata.

Ruang Tamu

Untuk ruang tamu, tanaman hias berukuran tinggi bisa menjadi pilihan terbaik. Kehadiran tanaman hias ini, tidak hanya memikat hati namun juga sekaligus memberikan nuansa asri pada ruang tamu. Terutama, jika tanaman tersebut diletakkan dalam pot berukuran sedang yang memiliki desain unik dan penuh gaya.

Namun, jika Anda tidak menginginkan untuk menggunakan tanaman berukuran tinggi, tanaman berukuran kecil pun bisa menjadi pilihan kedua, Anda dapat meletakkannya pada stand tanaman ataupun end table untuk membuatnya terlihat lebih menonjol.

Ruang Kerja dan Ruang Belajar

Di masa pandemi seperti saat ini, banyak waktu, sebagian besarnya dihabiskan pada ruang kerja atau ruang belajar. Meletakkan tanaman hias pada ruangan ini akan menjadikannya terlihat lebih menarik. Selain itu, juga dapat mendongkrak produktivitas anggota keluarga disaat belajar maupun bekerja. Yes, menurut riset yang pernah dilakukan oleh Exeter University, tanaman hias yang diletakkan pada ruangan dapat meningkatkan produktivitas hingga 15%.

O ya, bila dalam ruangan, ukuran meja kerja atau meja belajar tidaklah besar, Anda dapat menggunakan tanaman hias berukuran mini. Salah satu jenis tanaman hias mini yang mudah dalam perawatannya adalah tanaman sukulen. Perawatannya sangatlah mudah, letakkanlah tanaman ini pada tempat yang terkena akses cahaya matahari langsung, dan lakukan penyemprotan air setidaknya seminggu sekali.

Ruang Hobi

Tanaman hias pun dapat membuat ruang hobi, seperti ruang membaca dirumah Anda menjadi tampil lebih indah. Tanaman yang diletakkan pada area sudut ruangan akan menjadikannya lebih menawan, misalnya tanaman gantung.

Benar, disini, Anda dapat meletakkan tanaman hias gantung didekat jendela ruangan, ini dilakukan agar tanaman mendapatkan akses sinar matahari setiap harinya. Pilihlah pot gantung berwarna natural untuk membuat tampilan tanaman hias menjadi semakin cantik.

Ruang Kamar Mandi

Ruang kamar mandi adalah ruang terakhir yang tepat untuk meletakkan tanaman hias. Kelembapan ruang kamar mandi yang tinggi bisa menunjang kehidupan beberapa tanaman hias untuk tumbuh secara baik. Keberadaan tanaman hias ini dapat membuat semua penghuni merasa lebih rileks saat menggunakan ruangan.

Salah satu jenis tanaman yang tepat untuk ruang kamar mandi yaitu Sanderiana Curly. Tanaman ini dapat Anda letakkan didalam vas bunga favorit kesayangan Anda. Namun, jika Anda ingin menggunakan tanaman yang berukuran lebih besar, Anda dapat memilih wadah seperti pot gerabah berukuran besar atau sedang untuk meletakkan tanaman tersebut dilantai ruangan.

O ya, selain menggunakan tanaman hias hidup, tanaman hias plastik pun tepat untuk Anda gunakan diruang kamar mandi. Meskipun hanya berbahan plastik, tanaman hias ini pun bisa memberikan nuansa segar pada ruang kamar mandi.

Kontak Kami