Panduan

Cara Praktis Mengatur Tata Cahaya Di Ruang Tamu Mewah Di Rumah Anda



Apakah Anda tahu bahwa proses interaksi didalam sebuah rumah adalah hal yang cukup penting? Yess, Renovasik yakin tentu saja Anda sudah menyadari bahwa rumah memanglah Anda rencanakan untuk men-support kebutuhan orang yang tinggal didalamnya, terutama untuk melakukan interaksi satu sama lain.

Proses interaksi ini tidak saja terjadi antara Anda dan anggota keluarga, namun juga dapat terjadi antara Anda atau anggota keluarga dengan tamu yang datang berkunjung. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk menciptakan kesan yang santai, hangat, dan sekaligus tenang di ruang tamu mewah di rumah Anda. Lho, kenapa Anda mesti mengutamakan ruang tamu? Disini, Renovasik kembali yakin bahwa Anda juga sudah mengetahuinya, benar dengan apa yang Anda pikirkan saat ini, karena ditempat itulah Anda biasanya berkumpul bersama dengan keluarga ataupun tamu-tamu yang berkunjung ke rumah anda.

Sesungguhnya interaksi sosial bisa dilakukan dimana saja, baik itu di ruang tamu, ruang makan, ataupun ruang dapur. Namun, kebanyakan interaksi sosial antara Anda dan tamu Anda seringkali terjadi diruang tamu, benar apa benar banget? ^_^ Tentu saja Anda juga pasti akan mengangguk setuju karena ruang tamu memanglah ruang yang paling sering Anda gunakan untuk proses interaksi dengan rekan atau tamu Anda, dan Anda (mungkin) sudah pernah memikirkan setidaknya untuk dapat memunculkan kesan yang nyaman untuk tamu-tamu Anda kan... Lalu bagaimana caranya? Salah satu caranya untuk menciptakan kesan yang nyaman adalah dengan teknik pewarnaan dan tata cahaya di ruang tamu mewah Anda.

Dan sesuai topik, untuk kesempatan kali ini Renovasik akan membahas tentang teknik tata cahaya dalam ruangan. Tata cahaya di ruang tamu memainkan peran yang sangat penting dalam proses desain dan dekorasi interior di ruang tamu Anda. Gagasan serta teknik tata cahaya di ruang tamu pada umumnya meliputi beberapa hal, diantaranya: General lighting, ambient lighting serta task lighting. Untuk dinding ruang tamu yang berwarna gelap (dark) ataupun deep colored walls, sebaiknya Anda menggunakan warna lampu yang menimbulkan kesan cerah dan ceria pada ruang tamu tersebut. General lighting seperti tata cahaya pada langit-langit pada umumnya terdifusi pada area yang lebih luas. Intensitas cahaya dari lampu pada plafond ataupun ceiling tidaklah cukup untuk menerangi ruangan apalagi untuk ruang yang memiliki dinding gelap.

Anda butuh solusi tambahan disamping general lighting untuk tata cahaya di ruang tamu maupun ruang keluarga Anda. Untuk menciptakan kesan yang mendalam, yang membuat Anda dan keluarga betah serta menikmati saat-saat santai di ruang tamu, ataupun saat bersama teman-teman atau rekan, Anda dapat menggunakan table lamp, floor lamp, atau ceiling fixtures sebagai solusi alternatif untuk memberikan kesan yang lebih santai serta tenang di ruang tamu tersebut.

Table & Floor Lighting Unit

Tata cahaya floor lamp ataupun table lamp dengan bentuk atau ukiran tradisional cenderung terlihat lebih unik, klasik serta dapat meningkatkan jati diri dari sebuah ruang. Bentuk dan bahan yang banyak variasinya membuat Anda dapat memilih mana yang sesuai dengan tema ruangan yang Anda dambakan. Jika Anda berniat untuk berburu floor lamp atau table lamp, Anda (mungkin) dapat menemukan floor atau table lamp dengan bahan dan desain yang unik. Bahan yang unik dapat berupa: mosaic, bamboo, rotan, dll. Sedang desain yang unik dapat berupa: desain sarang lebah atau sarang burung. Anda bisa mencoba mencarinya di pasar seni di kota Anda atau membelinya secara online, Heiii..Anda sudah memasuki era digital, Anda dapat menemukan apapun dengan browsing menggunakan Internet Anda. Sip.

Sekarang kita kembali ke topik semula, lalu apa perbedaan dari kedua lampu tersebut? Baik, Renovasik akan jawab yaa... Table lamp dan floor lamp dengan dark ataupun deep shade akan memberi cahaya yang lebih temaram, sementara bright atau white based shade akan menghasilkan intensitas cahaya yang lebih terang dan ceria. Nah, sekarang pilihan untuk tata cahaya tentu saja ada di tangan Anda.

Recessed Lighting

Teknik tata cahaya tersembunyi (recessed lighting) seringkali dapat Anda temukan di rumah-rumah bergaya modern pada saat ini. Recessed lighting sudah menjadi bagian dari teknik dan gagasan dari dekorasi ruang didalam rumah. Dan tentu saja, Anda bisa aplikasikan untuk ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur bahkan ruang kamar mandi Anda. Apa kategorinya? Yang termasuk di dalam kategori recessed light adalah: down light dan indirect light pada ceiling, back light, low light, dimmer dan accent light. Teknik tata cahaya seperti down light ataupun indirect light memungkinkan area ruang diterangi oleh cahaya lampu namun kita tidak akan melihat bola lampunya. Hmmm..., sangat unik dan dramatis kan kesan yang ditimbulkannya...

Task Lighting

Sangatlah pantas untuk memiliki task lighting di ruang tamu Anda, apalagi jika sumber utama cahaya di ruang tersebut belumlah cukup untuk menghasilkan sumber cahaya untuk mencerahkan suasana. Mungkin Anda juga sudah menyadarinya, bahwa hampir disetiap ruang tamu pasti memiliki sudut ataupun pojok yang dapat Anda atau tamu manfaatkan untuk tempat membaca buku, majalah ataupun sumber bacaan lainnya. Area ini sebaiknya Anda lengkapi dengan task lighting, sehingga Anda maupun tamu yang datang berkunjung dapat menikmati apa yang mereka baca dengan nyaman tanpa terpengaruh dengan tata cahaya yang kurang terang di ruang tamu Anda. Namun, saat hanya ada Anda atau keluarga Anda di ruang tersebut, Anda dapat mematikan general light-nya dan hanya menyalakan task lighting. Untuk apa? Tentu saja untuk menghemat energi listrik dirumah anda.

Kontak Kami