Panduan

Cara Mudah & Praktis Untuk Mendesain Kamar Bayi



Sebagai orang tua, mungkin ada Sahabat Renovasik disini yang pernah mengalami terjebak di keadaan saat memutuskan dekorasi terbaik untuk kamar bayi. Pada umumnya mereka memutuskan untuk mendekorasi kamar bayi dengan warna-warni yang sesuai dengan jenis kelamin anak.

Walau demikian, saat membicarakan tentang cara mudah & praktis untuk mendesain kamar bayi, warna tidaklah menjadi satu-satunya hal penting untuk Anda pertimbangkan dan lakukan. Ada beberapa cara mudah dan sederhana lainnya yang bisa jadi pertimbangan Anda saat memutuskan untuk mendesain ruang kamar bayi, apa saja hal tersebut? Yuk, mari kita teruskan membaca artikel Renovasik kali ini.

Memilih Warna Netral Sebagai Fondasi

Warna-warna netral dapat Anda gunakan dan aplikasikan pada banyak hal dalam ruangan, contohnya pada dinding, sofa, karpet, ataupun pada gorden. Dengan memilih warna netral, akan memudahkan Anda dengan tenang untuk mengkombinasikannya dengan warna lain sehingga ruangan dapat tetap terlihat harmonis.

Selain hal itu, melakukan hal ini juga akan memudahkan Anda yang hendak mempersiapkan kebutuhan dasar bayi ketika Anda belum begitu yakin dengan apa jenis kelamin buah hati Anda.

Memilih Keperluan Bayi Secara Praktis

Sahabat Renovasik disini pasti menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan setiap bayi sangatlah cepat. Anda tentunya tidak ingin selalu mengubah dan mengganti benda-benda di kamar buah hati Anda setiap beberapa bulan kan?

Jadi, dibandingkan dengan berfokus pada estetika ruangan kamar, alangkah lebih baiknya apabila Anda memutuskan untuk menempatkan benda-benda yang dapat Anda manfaatkan dengan baik.

Anda dapat memutuskan untuk memilih perlengkapan yang memiliki bentuk sederhana serta praktis, sehingga memudahkan Anda untuk memindahkannya saat anak Anda mulai tumbuh besar.

Dekorasi Kamar Bayi

Nah, setelah kebutuhan dasar bayi diatas terpenuhi, barulah Anda bisa untuk memulai mendekorasi dan mendesain kamar. Disini, Anda dapat mengkombinasikan warna biru dan kuning pada sarung bantal, bedcover, ataupun pada sofa serta tempat duduk lainnya. Seperti yang telah Renovasik tuliskan diatas, warna-warna seperti ini akan tetap terlihat harmonis bila ditempatkan pada ruangan yang berwarna netral.

Memilih Dekorasi Untuk Sudut Utama

Sama halnya seperti ruangan lainnya dirumah Anda, ruangan kamar buah hati juga memerlukan titik utama untuk menjadi fokus pada ruangan. Dan tempat terbaik untuk menentukan titik utama dekorasi adalah dinding bagian belakang dari tempat tidur buah hati Anda.

Karena hal itulah, alangkah lebih baiknya apabila Anda mempertimbangkan terlebih dahulu tujuan dari ruang kamar buah hati Anda, sehingga Anda dapat menentukan letak atau tempat tidur bagi putra atau putri kecil Anda.

Menyediakan Tempat Penyimpanan

Banyak para orangtua yang membelikan beragam barang seperti mainan kepada buah hati mereka. Terlebih lagi apabila itu untuk buah hati pertama mereka. Mungkin Anda juga pernah mengalaminya yaa. Nah, agar kerapihan kamar buah hati Anda tetap terpelihara dengan baik, sediakanlah beberapa tempat penyimpanan seperti lemari atau rak di kamar bayi.

Selain hal itu, ingatlah selalu untuk mengutamakan keamanan serta keselamatan bayi, terutama saat memilih perabot serta furnitur untuk kamar bayi Anda.

Saat Anda membeli kursi dan sofa untuk melengkapi bagian interior kamar bayi, pastikan terlebih dahulu Anda mempertimbangkan kegunaan furnitur tersebut selama minimal satu hingga lima tahun ke depan. Pastikanlah secara tepat bahwa sofa dan kursi masih dapat digunakan oleh anak Anda hingga dia tumbuh besar.

Gunakanlah Perlengkapan Bayi Sebagai Dekorasi

Apakah Sahabat Renovasik mengetahui, ada banyak barang bayi yang dapat Anda gunakan sebagai pelengkap dekorasi ruang kamar bayi Anda? Benar, ada handuk, selimut, serta berbagai perlengkapan lainnya yang dapat menjadikan kamar bayi terlihat memiliki aksen yang unik.

Meskipun demikian, selalu ingatlah untuk mencuci handuk dan selimut dengan pembersih lembut anti alergen untuk memastikan benda-benda tersebut tetap memberikan kesehatan dan kenyamanan bagi bayi Anda.

Mendekorasi juga dapat Anda lakukan dengan mengganti sarung bantal di kursi, sofa maupun tempat tidur bayi. Anda dapat memilih corak binatang atau karakter kartun dengan warna dan bentuk yang unik.

Selanjutnya, Anda dapat berkreasi dengan lemari di ruang buah hati. Benar, untuk membuat kamar bayi terasa besar dan lega, Anda dapat menggunakan lemari tanpa pintu penutup. Tambahkan warna-warni cerah pada bagian dalam lemari. Kemudian, Anda dapat menempatkan boks-boks atau kotak beraneka warna di dalam lemari untuk menyimpan keperluan lain yang berukuran lebih kecil seperti kaus kaki, baju dalam, maupun sepatu bayi terkasih Anda.

Nah Sahabat Renovasik, kira-kira darimana Anda mau memulai untuk mendesain ruang kamar bayi untuk buah hati yang sangat Anda kasihi? Karena merekalah karunia terbesar bagi kehidupan.

Kontak Kami