Panduan

Cara Membangun Rumah Secara Bertahap Ala Renovasik



Kali ini, Renovasik akan membahas tentang cara membangun rumah secara bertahap. Kenapa harus bertahap? Karena membangun sebuah rumah tidaklah membutuhkan investasi yang sedikit. Banyak orang membangun rumah impiannya secara bertahap, sedikit demi sedikit sambil berjalan mengikuti siapnya dana.

Rumah Tumbuh

Jika kita ngobrolin tentang cara membangun rumah secara bertahap, alangkah baiknya kita membahas dengan apa yang dinamakan dengan rumah tumbuh. Rumah tumbuh yaitu rumah yang telah direncanakan dari awal untuk nantinya dikembangkan di kemudian hari.

Pengembangan Rumah

Pada saat rumah dibangun secara bertahap ada 2 cara untuk mengembangkan rumahnya, yaitu dengan cara horizontal atau mengembangkan rumah ke samping, atau secara vertikal dengan cara meningkat rumah. Tren di kota besar sekarang ini dengan harga tanah yang mulai semakin mahal, maka pengembangan rumah secara vertikal adalah solusi yang terbaik.

Persiapan Membangun Rumah Secara Bertahap

Persiapan awal yang harus Anda lakukan saat hendak membangun adalah rencana awal yang berkaitan dengan kebutuhan ruang. Bila Anda adalah seorang pasangan muda yang baru akan membangun rumah maka tentukanlah dulu kebutuhan ruang. Contoh, jika Anda dan pasangan berkeinginan untuk memiliki 3 anak di masa depan maka setidaknya anda butuh 3 kamar anak dalam rencana Anda. Jadi kebutuhan ruang untuk rumah Anda adalah 1 kamar tidur utama dan 3 kamar anak.

Kedua, yang perlu anda perhatikan adalah menyadari kemampuan keuangan Anda. Ini sangat penting agar cita-cita dalam membangun rumah yang Anda dambakan dapat terwujud. Jika anda mempunyai penghasilan atau gaji yang pas-pasan maka sebaiknya pergunakanlah desain minimalis modern yang sederhana dengan luas ruangan yang cukup (atau tidak terlalu besar). Jangan sampai Anda memiliki impian membangun rumah yang sangat besar, namun Anda tidak punya investasi untuk mewujudkannya.

Rencanakan denah & desain rumah secara matang. Setelah Anda tahu kebutuhan ruang dan budget Anda, sekaranglah saatnya untuk merencanakan rumah mulai dari denah, tampak dan interiornya. Tetapkan terlebih dahulu ruang-ruang apa yang akan dibuat dan ruang apa yang akan dikembangkan / direnovasi kemudian. Untuk hal ini Anda bisa menggunakan jasa desain.

Tips / Cara Membangun Rumah Secara Bertahap

Bila pengembangan rumah yang dilakukan adalah pengembangan ke samping maka secara struktur tidak ada yang perlu untuk dipermasalahkan karena struktur bangunan 1 lantai itu relatif sederhana. Cukup sediakan stek pada ujung struktur untuk ikatan pada saat akan dibuat penambahan struktur di sampingnya. Yang paling utama adalah pastikan lahan yang anda punya cukup luas untuk renovasi pengembangan.

 

Sangat disarankan untuk melakukan pengembangan secara vertikal atau dengan meningkat rumah. Karena kedepannya lambat laun namun pasti harga tanah akan terus naik dan semakin mahal. Apalagi di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, membangun rumah tingkat itu akan jauh lebih efisien.

Struktur untuk Rumah 2 Lantai

Rencanakan Pondasi, ini sangat penting kala Anda merencanakan bangunan 2 lantai. Pondasi yang umum digunakan untuk rumah 2 lantai adalah kombinasi pondasi footplat dan pondasi batu belah. Pondasi footplat untuk menopang beban lantai 2 dan pondasi batu belah untuk menopang beban di lantai 1. Saat merencanakan pondasi, yang begitu penting diperhatikan adalah kekuatan tanah. buatlah kedalaman pondasi yang sesuai dengan kekuatan tanah, konsultasikan hal ini dengan ahli struktur.

Persiapkanlah Sloof Struktur untuk 2 Lantai. Ingatlah bagian yang satu ini, Sloof sama pentingnya dengan pondasi. Pergunakanlah sloof yang kuat untuk 2 lantai. Dimensi sloof yang disarankan adalah dengan minimal ukuran 20 x25 cm dengan besi tulangan utama dengan minimal diameter 12mm SNI.

Kolom Struktur untuk Rumah 2 Lantai. Buatlah kolom struktur di lantai 1, kolom struktur adalah kolom untuk bangunan 2 lantai, berfungsi untuk menopang bangunan di atasnya (lantai 2). Untuk rumah tinggal dengan 2 lantai dengan bentang sederhana, gunakan tulangan utama minimal besi 12mm SNI. Ukuran dimensi kolom minimal adalah 20 x 20 cm dengan jarak kolom tidak lebih dari 3,5 m, atau bila ingin lebih aman sebaiknya jarak kolom 3m saja.

Balok Struktur. Sama pentingnya dengan sloof, Anda juga mesti mempersiapkan balok struktur di atas kolom struktur. Balok struktur ini fungsinya hampir sama dengan sloof, namun untuk lantai 2, selain itu balok struktur juga berfungsi sebagai tumpuan dak lantai jika Anda menggunakan bondek nantinya.

Pergunakan atap yang terjangkau, rumah Anda nantinya akan dikembangkan menjadi 2 lantai, untuk itu saat membangun lantai 1 pergunakanlah atap yang sederhana saja. Atap yang ringan dan murah, seperti galvalum dengan rangka baja ringan. Gunakan atap yang terjangkau, toh nantinya saat akan direnovasi atap juga akan dibongkar.

Setelah semua struktur di lantai 1 sudah Anda rsiapkan semuanya, maka rumah anda secara struktur sudah cukup kuat untuk menopang beban bangunan 2 lantai. Ini artinya sewaktu saat Anda memiliki investasi dan hendak merenovasi rumah Anda tidak perlu lagi melakukan pekerjaan perkuatan struktur semisal suntik kolom di lantai1.

Demikian cara membangun rumah secara bertahap yang dapat Anda lakukan. Namun, bagi Anda yang ingin mendapatkan kemudahan dalam membangun atau merenovasi rumah secara langsung namun terkendala biaya Anda boleh menggunakan Jasa Renovasik. Biaya bangun dan renovasi bisa dicicil bulanan. Bangun & Renovasi Rumah jadi Asik. Sip.

Kontak Kami