Budget Terbatas - Mana Yang Lebih Baik, Beli Rumah Baru atau Rumah Second?



Memiliki rumah hunian idaman memang menjadi tujuan dan harapan dari banyak orang. Namun adakalanya, semua tidak berjalan sesuai dengan yang telah mereka rencanakan. Terkadang ada problema yang timbul. Salah satunya adalah karena budget yang terbatas. Apa Anda pernah mengalaminya hal yang sama?

“Dengan kondisi budget terbatas, mana yang lebih baik, beli rumah baru atau rumah second?”, Tanya salah seorang Sahabat Renovasik.

Hmmm…, sebelum kita jawab pertanyaan diatas, terlebih dahulu kita telusuri kenapa sih Penting bagi Anda untuk memiliki rumah sendiri? Tentu saja karena Rumah adalah salah satu dari kebutuhan primer atau pokok di Indonesia. Selain itu, dengan memiliki rumah artinya Anda juga telah berinvestasi. Lhoh kok bisa? Tentu bisa, karena nilai properti selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Jadi, bila suatu saat timbul kebutuhan keluarga yang mendesak, rumah tersebut bisa Anda jual atau sewakan.

Namun sayangnya, peningkatan nilai properti ini malah menjadi momok yang menyeramkan bagi mereka yang belum memiliki rumah. Saat nilai properti meningkat, secara otomatis harga pun turut naik, dan karena budget yang terbatas maka ada kemungkinan Anda akan merasa kesulitan dalam membeli rumah idaman Anda.

Untungnya pembelian rumah tidak harus selalu menggunakan uang tunai atau cash keras. Anda bisa memanfaatkan sistem Kredit Pemilikan Rumah atau yang biasa disingkat, KPR. Anda hanya perlu mempersiapkan uang muka dan sisanya dapat Anda cicil melalui lembaga keuangan yang bekerja sama dengan pihak developer. Renovasik pun memiliki program seperti ini untuk Anda yang ingin membangun atau renovasi rumah dll. secara kredit. Promosi sedikit boleh kan yaaah hehehehe…

Ups, mari kita kembali ke topik utama...

Memang, menjadi sebuah dilema tersendiri bila saat ini Anda ingin membeli rumah dengan budget yang terbatas, pastinya Anda akan menimbang-nimbang apakah untuk membeli rumah baru ataukah rumah second?

Meskipun keduanya sama-sama memenuhi kebutuhan utama, mereka tetap memiliki perbedaan yang kontras. Apa saja perbedaannya? Yuk simak kelebihan dan keunikan membeli rumah baru dan rumah second, hal ini dapat menjadi pertimbangan dimasa depan saat Anda memutuskan untuk memiliki rumah idaman Anda.

 

Rumah Baru

Rumah Sesuai Selera Anda

Membeli rumah baru tentunya memberikan peluang yang besar bagi Anda untuk lebih leluasa dalam memilih rumah yang sesuai selera. Anda memiliki kebebasan dalam memilih perumahan mana yang akan Anda tempati, seberapa luas tanahnya, seberapa luas bangunannya dll.

Tak hanya itu, Anda juga punya keleluasaan dalam mengatur tata letak dan atribut rumah, contohnya jumlah kamar, warna dinding hingga aksesori ruangan.

Keamanan Yang Terjamin

Tren perumahan saat ini pada umumnya tertata dalam bentuk cluster atau membentuk kelompok-kelompok kecil. Bentuk cluster pada umumnya menyediakan sistem satu gerbang dengan penjagaan penuh selama 24 jam sehari sehingga keamanan Anda dan keluarga menjadi lebih terjamin.

Selain itu, arus lalu lintas diperumahan berbentuk cluster pun relatif sepi sehingga menjadikannya lebih tenang, hening dan damai. Bagi Anda yang sudah memiliki keluarga, seperti istri dan anak, hal ini akan menjadi sebuah nilai plus tersendiri, Anda akan merasa lebih tenang saat Anak bermain di luar rumah.

Garansi atau Asuransi Perbaikan

Rumah baru pada umumnya mempunyai garansi atau asuransi untuk perbaikan rumah, sehingga bila terjadi kerusakan seperti kebocoran atau keretakan, Anda bisa mengajukan klaim perbaikan, Anda akan lebih menghemat uang Anda karena biaya perbaikan ditanggung oleh developer.

O ya, Bahkan ada pihak developer yang juga menyediakan garansi perbaikan atas kebocoran setiap musimnya, misalnya seperti setiap musim penghujan. Menarik sekali bukan ….

Lingkungan Yang Belum Terbentuk

Rumah yang benar-benar baru pada umumnya belum memiliki lingkungan yang terbentuk sehingga Anda belum mendapat garansi atas kelengkapan fasilitas publik dan lainnya. Bahkan, Anda harus ikhlas tidak dapat bersosialisasi pada awalnya karena jumlah tetangga masih sedikit, sehingga perumahan yang Anda tinggali pun cenderung masih sepi. Adakah resikonya? Tentu saja ada. Resiko keselamatan ataupun keamanan yang belum terjamin sepenuhnya.

 

Rumah Second

Harga Jauh Lebih Terjangkau

Dengan kondisi serta luas tanah yang sama, harga rumah second biasanya jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan harus membeli rumah baru. Saat Anda berniat membeli rumah second secara kredit, maka pihak bank akan mengecek serta menilai rumah yang ingin Anda tempati tersebut terlebih dahulu.

Lingkungan Yang Sudah Terbentuk

Rumah second pada umumnya mempunyai lingkungan yang sudah terbentuk, baik fasilitas publiknya maupun lingkungan sosialnya. Ini artinya, jika Anda membeli rumah second, Anda akan lebih mudah menemukan sekolah bagi anak-anak dan tempat ibadah di sekitar lingkungan tempat Anda tinggal.

Begitu pula secara sosial, rumah-rumah disekitar Anda pun biasanya sudah ditempati oleh tetangga dan keluarga lainnya. Oleh karena itu, pastikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli, pelajari kondisi dan lingkungan disekitar rumah yang akan Anda tempati tersebut.

Bisa langsung Anda Tempati Bersama Keluarga

Berbagai fasilitas utama seperti listrik, air dan telepon, pada umumnya sudah tersedia dan terpasang di rumah second. Tidak jarang pula ada rumah second yang sudah dilengkapi dengan perabotan dan perlengkapan rumah tangga sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk membeli lagi.

Selain itu, surat-surat rumah pun telah diurus dan diselesaikan oleh pemilik yang lama, sehingga Anda hanya perlu melakukan balik nama atas surat pemilikan rumah. Kesimpulan terbaik dari hal ini adalah, Ya, Anda bisa langsung pindah dan menempati rumah tersebut bersama keluarga Anda.

Kebutuhan Renovasi Yang Harus Dipersiapkan

Anda harus memiliki kecermatan dalam memilih rumah second, karena bila kondisi rumah tidak sesuai dengan harapan, atau Anda tidak puas karenanya dan berniat untuk mendesain ulang rumah sesuai keinginan, maka Anda harus menyiapkan tambahan budget untuk melakukan perbaikan atau renovasi.

Kenapa, apa alasannya? Rumah yang sudah ditempati cukup lama, terkadang memiliki beberapa kerusakan seperti kebocoran di beberapa titik atau kusen kayu yang sudah mulai keropos. Tentu saja Anda harus memperbaikinya bila Anda berniat untuk tinggal disana. Berapa besar biayanya? Semuanya tergantung dari besar kecilnya renovasi yang ingin Anda lakukan. Anda boleh langsung menghubungi Renovasik untuk rencana Anda tersebut. Sip.

 

Pada akhirnya, Renovasik pun sangat setuju bila rumah baru memberikan kebebasan dalam mengatur rumah sesuai selera, sedangkan rumah second memiliki kelebihan utama harga yang relatif lebih terjangkau dan lingkungan yang sudah terbentuk.

Namun, tetap ada baiknya bila sebelum membeli rumah, Anda tetap mendiskusikannya dengan seluruh anggota keluarga sehingga semuanya bisa turut senang dalam memilih rumah idaman untuk ditempati bersama.

Sahabat Renovasik, kami ucapkan, “Selamat memilih rumah baru Anda!”


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.