Panduan

Bosan Karena Bekerja Dari Rumah? Yuk Ciptakan Ruang Kerja Yang Nyaman di Rumah Agar Tetap Produktif!



Himbauan untuk bekerja dari rumah (Work From Home) telah berjalan selama lebih dari satu bulan. Dan selama waktu ini pula, banyak orang yang melakukan pembatasan terhadap kegiatan yang melibatkan keramaian. Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan, terutama bila ruangan yang digunakan sama sekali tidak mendukung untuk aktifitas dalam bekerja, alhasil, cuma masalah yang datang. Apa contohnya? Misalnya bekerja tanpa menggunakan meja dan perlengkapan yang memadai, akan membuat badan Anda menjadi mudah merasa lelah dan pegal-pegal.

Tidak hanya itu, bekerja di ruangan yang tidak seharusnya juga bisa membuat seseorang merasa cepat bosan dan tidak fokus, tentu saja hal ini bisa memengaruhi kinerja dan semangat dalam bekerja. Karena itu, bagaimanapun, ruangan tempat bekerja semestinya menjadi ruangan yang dapat membuat Anda merasa nyaman dalam melakukan pekerjaan. 

Jika Anda juga merasakan kebosanan saat bekerja dari rumah, maka Anda harus membaca artikel Renovasik yang satu ini, karena artikel kali ini, kami akan membahas kiat-kiat untuk menciptakan ruangan kerja yang akan membuat Anda lebih nyaman dan fokus dalam bekerja. 

1. Sirkulasi Udara Yang Baik 

Apakah Anda menyadari, saat ini banyak orang yang menghindari kontak dengan dunia luar selama pandemi coronavirus berlangsung, salah satunya dengan cara menutup rapat semua akses rumah seperti pintu dan jendela. Hal ini mengakibatkan sirkulasi udara menjadi semakin berkurang. Lalu apa solusinya? Sederhana saja. Bukalah jendela. Membuka jendela dapat membuat kontaminasi di udara menjadi semakin berkurang, Sehingga udara segar dapat keluar masuk ruangan dengan baik.

2. Tempatkan Tanaman Hijau 

Tidak disangsikan lagi, tanaman telah menjadi salah satu unsur yang dapat meningkatkan gairah dalam bekerja. Apa alasannya? Salah satunya adalah bahwa tanaman bisa membuat ruang kerja Anda menjadi terlihat lebih menyenangkan. Bahkan menurut penelitian pun, berinteraksi dengan alam, baik dengan menambahkan tanaman hijau atau akses cahaya alami untuk masuk kedalam ruangan akan mengurangi rasa cemas dan stres akibat bekerja. Caranya bagaimana? Sahabat Renovasik disini bisa menempatkan tanaman hijau di sudut meja kerja atau ruangan.

Namun, bila Anda tidak memiliki ruang untuk menempatkan tanaman, Anda bisa menggunakan warna-warna alam untuk menghiasi ruangan kerja Anda, misalnya dengan menggunakan warna cokelat, hijau maupun merah. Anda bisa menempatkan benda atau barang seperti furniture dengan unsur dari warna-warna tersebut. Kadangkala, melihat warna-warna alam pun dapat membantu Anda untuk merasa lebih dekat dengan alam.

3. Pilihlah Ruangan Yang Tenang 

Bila Anda cukup mudah terganggu dengan suara, pilihlah ruangan yang menurut Anda, dimana disana Anda akan dapat bekerja dengan tenang, misal ruangan yang jauh dari ruang keluarga atau ruang untuk menonton tv. Anda pun juga bisa memilih ruangan kerja yang jauh dari lokasi lemari es atau penyimpanan makanan bila Anda mudah terganggu dengan banyaknya makanan dan cemilan. 

Cahaya yang tepat juga dapat menunjang produktivitas Anda dalam bekerja, terutama untuk mereka yang bekerja sambil menatap layar monitor sepanjang hari. Disini, Anda dapat memanfaatkan cahaya alami. Caranya? Tentu saja dimulai dari mempersiapkan ruang kerja yang langsung menghadap jendela. Agar apa? Agar ruangan Anda mendapatkan pencahayaan yang cukup. 

Namun bagaimana jika ruang kerja Anda tidak memiliki akses ke cahaya alami? Disini Anda bisa menggunakan pencahayaan LED. Cara ini menciptakan tata cahaya yang tidak menyilaukan, nyaman dan juga hemat energi. 

Selain hal diatas, Anda bisa menyingkirkan semua barang yang tidak Anda butuhkan untuk menciptakan ruang kerja yang terasa lebih nyaman dan teratur. 

4. Ruang Kerja Yang Terorganisasi Dengan Baik

Ruang kerja yang terorganisasi dengan baik sangat penting untuk dilakukan, terutama bila Anda membutuhkan kreativitas tinggi dalam bekerja. Ruang kerja seperti ini akan membantu otak untuk melahirkan ide-ide brillian nan kreatif, membantu menjaga pikiran Anda untuk selalu berpikir jernih dan memungkinkan imajinasi Anda mengalir dengan bebas.

So, Sahabat Renovasik. Rombak ruangan kerja Anda sekarang juga agar bekerja dari rumah menjadi aktivitas yang produktif bagi Anda. 

Kontak Kami