Panduan

Berniat Mengganti Pintu Depan? Inilah 6 Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan Secara Matang



Apakah Anda berniat menyegarkan suasana bagian halaman rumah dengan mengganti pintu depan?
Anda belum yakin harus memulai darimana?

Sahabat Renovasik, Anda pasti menyadari bahwa pintu depan menjadi hal yang paling awal terlihat oleh orang-orang yang datang berkunjung, baik itu teman, saudara, maupun tetangga di sekitar rumah. Hal inilah yang membuat pintu depan memiliki peran penting bagi banyak rumah. Sebagai gerbang awal untuk menyambut para tamu.

Namun, terkadang kita merasa jenuh dengan kondisi pintu depan bawaan, pintu yang sudah sejak awal sudah berada disana. Solusinya, Anda dapat mengecat ulang pintu tersebut dengan warna baru yang akan membuat rumah hunian Anda menjadi lebih menarik. Alternatif lainnya, yaitu mengganti pintu depan dengan pintu baru dengan model yang Anda dambakan.

Kali ini, Renovasik akan memberikan tips praktis yang dapat membantu Anda untuk menimbang-nimbang saat Anda berniat mengganti pintu depan. Apa sajakah hal tersebut? Simak penuturan kami dibawah ini.

1. Warna Klasik Yang Abadi

Sudah dibuktikan oleh banyak orang, warna-warna klasik seperti cokelat, abu-abu ataupun hitam adalah warna yang paling banyak menjadi pilihan, selain itu warna-warna tersebut terkenal tahan lama. Disamping warna-warna yang telah disebutkan, warna biru tua dan merah tua juga dapat menjadi warna netral untuk pintu bernuansa klasik.

Dan, apabila nanti Anda berniat mengubah eksterior rumah, warna netral akan menjadi warna yang sangat mudah menyesuaikan diri dengan desain rumah hunian Anda.

2. Berani Menggunakan Warna Cerah

Ada beberapa orang yang tidak yakin untuk menggunakan warna-warna cerah dalam dekorasi interior ruangan, namun bagaimana untuk pintu depan? Kenapa tidak? Anda bisa mencobanya.

Apabila Anda suka melakukan eksperimen, atau mencoba-coba untuk menemukan warna yang tepat, cobalah mengekspresikannya dengan percikan warna-warna seperti kuning, oranye, ataupun hijau limau, warna tersebut akan membuat pintu depan rumah Anda terlihat lebih tegas.

Namun, apabila Anda belum yakin juga untuk menggunakan warna-warna cerah, Anda dapat mencoba warna gelap seperti hijau hutan, merah anggur, ataupun ungu terong.

3. Pilihlah Jenis Cat Yang Tepat

Menggunakan jenis cat yang tepat akan menjadi solusi terbaik untuk mencegah wana cat mengelupas dan memudar karena cuaca yang tak menentu. Cat eksterior lateks akan memberikan pelindung bagi pintu depan untuk menahan cuaca yang sering berubah-ubah.

Apabila pintu Anda terbuat dari material logam, carilah jenis cat yang memiliki manfaat dan perlindungan dari masalah karat.

Cat eksterior pintu tersedia dalam berbagai warna, contohnya seperti warna  glossy, matte, semigloss dan lainnya. Apa pun pilihan Anda, pilihlah jenis cat yang memberikan perlindungan yang tepat untuk pintu rumah Anda.

4. Bingkailah Pintu Depan

Apabila pintu depan memiliki pintu kasa nyamuk, Anda dapat membingkainya dengan warna kontras untuk memberikan kesan tegas pada pintu depan.

5. Sesuaikan Dengan Gaya Desain Rumah Anda

Benar, Anda dapat menyesuaikan model dan warna cat pintu dengan gaya desain rumah Anda. Namun yang patut digarisbawahi, janganlah takut memutuskan untuk bertindak diluar kebiasaan atau out of the box, misalnya dengan menggunakan warna yang tidak disangka-sangka, hal ini dapat menambah khasanah bagi desain rumah hunian Anda.

6. Lihatlah Kondisi Lingkungan Sekitar

Lihatlah kondisi lingkungan di sekitar rumah Anda, Anda dapat terilhami dari sana. Lihat dan amati warna-warna cat dari rumah tetangga Anda. Warna cokelat, hijau, biru, atau yang lainnya yang Anda lihat dapat menjadi inspirasi tersendiri untuk Anda, inspirasi untuk memutuskan apa warna yang tepat bagi rumah Anda. O ya, menggunakan warna-warna alami juga akan membuat rumah Sahabat Renovasik terlihat natural lho...

Kontak Kami