Panduan

Berikan Renovasi Terbaik Pada Ruang Kantor, Demi Kreativitas & Produktivitas Karyawan



Demi semakin meningkatkan produktivitas serta kreativitas karyawan di kantor, memiliki ruangan yang membahagiakan adalah kunci utamanya. Apalagi disaat beban pekerjaan banyak, yang membuat karyawan harus sering lembur dan menambah jam kerja. Di saat-saat seperti itulah, kantor menjadi rumah kedua bagi mereka, dan tentu saja kenyamanan kantor akan meningkatkan keefektifan dan keefisienan dalam bekerja. Inilah alasan kenapa renovasi ruang kantor sangat dibutuhkan, agar karyawan yang beraktivitas didalamnya dapat bekerja secara optimal.

Sebelum Anda melakukan tindakan untuk merenovasi ruang kantor, lakukanlah riset terlebih dahulu, apa kriteria kantor yang baik? Berikut adalah beberapa kriteria dari ruang kantor nyaman:

Bersih, Ruangan kantor harus dapat mudah dibersihkan, yang dilakukan secara rutin setiap hari.

Luas ruang yang pas, Kantor yang nyaman memberikan ruang bagi karyawan yang beraktivitas disana. Setidaknya, untuk setiap pegawai tersedia ruang seluas 3,7 m2, untuk melindungi privasi.

Penerangan cukup, Kantor yang terang membuat karyawan menjadi lebih bersemangat. Hindarilah sudut yang remang atau temaram.

Suhu udara, Demi kenyamanan, suhu udara disarankan berada di kisaran 16 hingga 22 Celcius. Usahakan ruangan mendapatkan sirkulasi udara yang baik, supaya kantor Anda tidak terasa pengap.

Ada fasilitas yang menunjang, seperti tersedianya kamar mandi dan klinik, ruang cuci muka, tempat air minum, ruang jaket/mantel, alat pemadam kebakaran, dsb.

Sudahkah ruang kantor Anda memiliki semua hal itu? Jika belum, ini saat yang tepat untuk merenovasi ruang kantor Anda. Pertimbangkan hal-hal dibawah ini:

Tujuan, Tentukan tujuan Anda dalam merenovasi. Apakah untuk menarik karyawan baru, membuat lingkungan menjadi lebih kondusif untuk bekerja, memperluas ruangan, atau kombinasi diantaranya?

Pilihlah jasa renovasi yang tepat, berhubung renovasi kantor bisa dibilang adalah sebuah investasi, maka Anda tentu memerlukan orang terbaik untuk melakukannya. Pilih kontraktor yang punya kredibilitas, transparan dalam sistem pembayarannya, dan juga bisa diajak untuk konsultasi. Salah satunya, Anda dapat menggukan kami tim Renovasik.

Prioritas, pilihlah mana yang akan Anda renovasi terlebih dahulu, atau mana yang paling mendesak? Selain hal itu, pastikan bahwa renovasi ini masih masuk dalam aturan pemerintah sehingga kedepannya tidak akan menimbulkan masalah baru.

Renovasi ruang kantor ini juga harus memfokuskan diri ke hal-hal di masa depan. Anda dapat mengajukan pertanyaan reflektif sebelum Anda memutuskan untuk merenovasi ruang kantor Anda. Apa yang akan Anda dapat dari renovasi ini? Bagaimana nanti efek kepada karyawan dan juga lingkungan di sekitarnya? Apakah pelanggan akan merasa lebih dekat dengan perusahaan? Renungkanlah hal tersebut saat Anda memutuskan hendak melakukan renovasi, sehingga tidak terjadi perubahan rencana di tengah jalan nantinya.

Dalam melakukan renovasi ruang kantor, Anda juga harus memikirkan desainnya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diaplikasikan:

Interior yang bervariasi untuk setiap divisi
Karena setiap divisi memiliki fungsi yang beragam, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuat ruangan tersebut juga beragam, sesuaikan dengan kebutuhan karyawan yang bekerja di dalamnya. Selain mencegah rasa bosan, desain yang menarik akan meledakkan produktivitas.

Pilihan Warna Menarik
Warna yang cerah dapat membuat ruangan terasa terang dan dinamis, cocok bagi Anda agar karyawan selalu bersemangat. Warna seperti warna merah atau orange dapat menambah semangat dalam bekerja. Warna biru atau hijau bermanfaat jika Anda lebih memilih memiliki ruangan yang penuh ketenangan dan konsentrasi.

Dinding yang dekoratif
Dinding yang tidak hanya polos dapat membuat ruangan kantor menjadi terlihat lebih memiliki sentuhan personal, dan tidak hanya sekedar menjadi untuk tempat bekerja saja. Karyawan juga bisa menggantungkan foto-foto pribadi mereka di sana.

Jendela yang besar
Jendela besar membuat matahari dapat masuk dengan leluasa, membuat ruangan menjadi lebih terang, dan juga mengatasi kebosanan karyawan.

Tidak punya keahlian desain? Tenang, Anda tetap dapat layanan free desain dari kami. Selain itu Anda juga mendapatkan benefit lain seperti free survey, dan free hitung RAB saat menggunakan jasa Renovasik.

Terakhir, supaya Anda dapat melakukan renovasi ruang kantor dengan tepat dan sesuai keinginan, jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan kontraktor & desainer interior. Diskusikanlah juga dengan pekerja yang akan menempati ruangan tersebut untuk bekerja, sehingga Anda juga tahu apa yang mereka mau atau inginkan dengan ruangan tempat mereka bekerja. Semakin ruang kantor nyaman, semakin karyawan juga akan merasa semakin memiliki, dan menjaga ruangan tersebut dengan penuh cinta. Dengan cinta maka lahirlah kreativitas & produktivitas dari mereka. Ini kan yang pasti Anda mau....

Kontak Kami