Berapa Harga Pagar Rumah Yang Pantas?



Beberapa saat yang lalu, saat kami berbincang-bincang dengan para Sahabat Renovasik mengenai rumah hunian, desain dan arsitekturnya, ada sebuah pertanyaan yang tiba-tiba menarik perhatian Renovasik yang keluar dari salah satu pembicaraan mereka, pertanyaannya cukup sederhana, kira-kira seperti ini ...

“Berapa harga pagar rumah yang pantas untuk rumah hunian Saya?”

Hmmm...sebuah pertanyaan yang susah-susah gampang bagi Renovasik untuk menjawabnya. Kenapa? Karena untuk menentukan harga pagar rumah ada beberapa hal yang pantas dan layak untuk menjadi bahan pertimbangan Anda, dan beberapa diantaranya adalah:

  • Bahan material pagar. Benar, hal pertama yang patut Anda pertimbangkan adalah pemilihan bahan material pagar. Ada beragam material pagar rumah yang dapat Anda gunakan untuk rumah hunian Anda, contohnya kayu, besi ataupun beton. Tidak hanya terhenti disini, Anda pun masih perlu untuk melihat spesifikasi dari bahan-bahan material tersebut, semakin tinggi spesifikasi bahan yang akan Anda gunakan akan menentukan seberapa tinggi kualitas pagar yang akan dipasang dirumah hunian Anda dan tentu saja, Anda juga  harus menyediakan budget yang lebih  dan tinggi untuk menyesuaikannya.
  • Model Pagar, adalah hal kedua yang layak menjadi perhatian Anda. Suatu desain pagar rumah tentu saja memiliki harganya tersendiri. Alasannya, tentu saja karena semakin sulit suatu model dan desain pagar rumah akan menentukan singkat dan panjangnya waktu pengerjaan, semakin lama waktu yang dibutuhkan pada umumnya biaya menjadi semakin mahal.
  • Jarak Lokasi, pada umumnya semakin jauh jarak lokasi akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi mereka yang akan memasang pagar rumah. Contohnya, biaya transportasi yang harus dikeluarkan untuk mengangkut bahan material ke tempat Anda dll.
  • Area Lokasi Proyek, suatu area lokasi atau komplek perumahan kadang didapati adanya pungutan liar yang tidak wajar dilingkungan sekitar mereka, hal ini akan menjadi bahan pertimbangan tersendiri bagi pemilik rumah yang akan memasang pagar.
  • Volume Pekerjaan, pada umumnya semakin banyak volume pengerjaan per meter-nya, akan semakin terjangkau pula biaya pengerjaannya.

Namun meski demikian, setiap pembuatan atau pemasangan pagar rumah memiliki standar harga yang cukup beragam pula.

Misalnya, untuk area lokasi Jabodetabek, inilah harga biaya yang harus Anda keluarkan untuk pagar rumah berbahan material besi yang pantas dengan hasil yang lumayan berkualitas:

  • Untuk pagar besi model minimalis berkisar antara Rp. 500.000 s/d 800.000 per M2,
  • Sedangkan untuk pagar besi klasik atau pagar besi tempa berkisar antara Rp. 1.000.000 s/d Rp. 2.500.000 per M2.

Harga diatas diambil dari harga rata-rata pada beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya, semakin tinggi kualitas pagar rumah yang Anda dambakan, semakin tinggi pula harga yang harus Anda bayarkan.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.